Pengguna Sosial Media di Indonesia

Pengguna Sosial Media di Indonesia – siapa si disini yang belum tahu tentang sosial media?Pastinya sudah tahu semua kan. Mulai dari generasi muda hingga generasi yang lebih tua pasti sudah tahu dan sudah pernah menggunakannya. Perkembangan sosial media sekarang sudah sangat berkembang pesat bila dibandingkan dengan beberapa tahun kebelakang. Mulai berkembangnya sosial media ini tidak terlepas dari adanya pandemi yang sempat berlangsung, dan berbagai perusahaan teknologi yang berlomba – lomba untuk bisa menciptakan media sosial yang bisa menghubungkan orang – orang.

Apa si sosial media dan siapa saja pengguna sosial media di Indonesia?  Penasaran? Yukk simak artikel di bawah ini. 

Apa si Sosial Media itu?

Sosial media adalah sebuah media canggih dengan berbasis teknologi yang sangat luas. Atau bisa disebut juga kalau Sosial Media itu adalah alat komunikasi berbasiskan teknologi yang mempermudah masyarakat dalam berinteraksi walaupun tidak bertemu secara langsung. Dari pengertiannya saja kita sudah dapat menyimpulkan bahwa sosial media itu banyak sekali dan tentunya sangat luas jangkauannya. 

Perkembangan sosial media di Indonesia sangatlah pesat. Dari berbagai kalangan masyarakat di Indonesia pasti pernah atau bahkan sering menggunakan sosial media. Mulai dari yang menggunakan sosial media untuk belajar, berbelanja, berbisnis, bahkan untuk hiburan saja. Penggunaan sosial media sangatlah berpengaruh dalam kehidupan sehari hari. Sehingga membuat masyarakat Indonesia berketergantungan dengan sosial media. Sosial media memiliki dampak besar pada kehidupan kita saat ini.. 

Media sosial memiliki banyak dampak dari dampak positif maupun dampak negatif. Dampak positif dengan adanya sosial media dapat mempermudah masyarakat dalam mencari berbagai hal. Namun ada juga hal negatif atau dampak negatif dari sosial media yang tercantum dalam jurnal penelitian,  apa saja? Mulai dari menyebabkan kesehatan mental akibat penggunaan media sosial yang kurang tepat dikalangan anak remaja yaitu berupa ansietas, depresi, gangguan tidur, cyber bullying dan lain lain. Tidak hanya itu saja sosial media juga menyebabkan maraknya kejahatan, menurunkan produktivitas, dan masih banyak lagi. 

Lalu siapa saja pengguna sosial media

Sudah banyak artikel yang menjelaskan tentang pengguna sosial media di Indonesia, banyak yang menyebutkan bahwa untuk penggunannya sendiri, di Indonesia adalah 61,8% dari jumlah penduduk di Indonesia. Dari sini dapat kita simpulkan bahwa pengguna sosial media di Indonesia sangatlah banyak. 

Baca Juga :  PELATIHAN DIGITAL MARKETING MATERI WA MARKETING

Bahkan dalam sebuah artikel menjelaskan bahwa tidak hanya masyarakat di wilayah perkotaan saja yang menggunakan sosial media tapi wilayah pedesaan pun kini sudah menggunakan sosial media juga. Jumlah pengguna sosial media di pedesaan mencapai 90,18% sedangkan di wilayah perkotaan mencapai 94,12%. 

Tidak ada perbedaan atau selisih yang sangat besar dari pengguna sosial media di pedesaan ataupun di perkotaan. Apakah kalian tau kalo Indonesia menduduki peringkat kesembilan dari 47 Negara yang ikut dianalisis seberapa banyak pengguna sosial media di negaranya. 

Terpantau pada januari 2021 separuh penduduk Indonesia kian aktif menggunakan platform media sosial di masa pandemi, dengan total pengguna mencapai 170 juta dari total 270,9 juta atau 61,8% penduduk Indonesia aktif menggunakan sosial media. Menurut penelitian masyarakat Indonesia pemakai sosial media yang mendominasi adalah dari kalangan remaja milenial. Dan berdasarkan aplikasi yang sering digunakan dari semua kalangan adalah secara berurutan dari peringkat pertama Youtube, Whatsapp, Instagram, Facebook, Twitter  dan  Tiktok. 

KONTEN KREATIF SOSIAL MEDIA  

Pada saat ini banyak sekali konten-konten yang tersebar di sosial media. Hal ini tidak mengherankan, mengingat para pengguna sosial media yang merupakan masyarakat dari seluruh dunia sehingga media sosial memiliki kekuatan potensial untuk menyebarluaskan sebuah konten. Bahkan tidak sedikit pembuat konten yang dapat meraup keuntungan secara finansial dari sosial media, loh!. 

Apa itu konten media?

Pengguna sosial media di indonesia

Konten media merupakan segala bentuk konten atau isi di dalam sebuah media pada dunia teknologi saat ini, seperti blog, wiki, forum diskusi, chatting, tweet, podcasting, pin, gambar digital, video,  iklan hingga berbagai bentuk konten media lainnya yang terbentuk melalui buatan dari para pengguna sistem atau layanan online yang sering kali dilakukan lewat sebuah situs media sosial.

Sekarang zamannya konten banyak dengan bentuk video seperti Instagram di Reels, TikTok, Facebook pun semakin banyak fitur dalam storynya. Tak kalah tren, twitter dengan live audionya. Serta masih banyak lagi fitur yang tersedia di berbagai platform media sosial.

Semua itu bisa kalian gunakan sebagai ide konten yang mengikuti tren saat ini. Dan itu hanya dari segi fitur, belum lagi dari ide-ide trennya yang banyak digunakan oleh kalangan sosmed, seperti video challenge, parodi, cover lagu, video dance dan lainnya. Tapi pastikan tren yang digunakan tampak berkesan bagi orang lain nantinya.

Baca Juga :  Pengaruh Media Sosial Terhadap Masyarakat

Konten seperti ini pun bisa bermanfaat untuk menghibur audiens, agar terhindar dari kata boring. Konten kreatif sosial media tidak hanya untuk kita pribadi, bisa juga untuk kalian yang memiliki bisnis. Dalam membuat konten kalian bisa buat semenarik mungkin dan tentunya yang mengandung nilai positif, agar bisa bermanfaat bagi orang lain yang melihatnya.

Ada beberapa macam bentuk konten yang bisa dibuat. Yuk simak bersama informasi berikut ini.

Video

Kalian bisa membuat konten video kreativitas apapun yang bisa membuat orang lain merasa terbawa atas apa yang kalian buat konten tersebut, maka dari itu buatlah konten yang menarik. Seperti tutorial memasak, video tentang review produk, atau video yang menampilkan kemampuan menggunakan bahasa, video tutorial make up, video karya seni, atau video terkait dengan topik yang sedang marak yang sedang tren sekarang .

Foto

Jika kamu termasuk orang yang menyukai dunia fotografi, konten foto adalah konten yang tepat untuk dipublikasikan di media sosialmu.

Ada banyak hal yang bisa kalian abadikan dari balik lensa kamera sebagai hasil karya seni fotografi. Misalnya, pemandangan indah, kehidupan masyarakat, foto binatang, dan bahkan foto makanan dan minuman.

Kalian bisa mengasah kemampuan kalian dalam dunia fotografi dengan memposting karya-karya foto kreatif secara rutin di platform media sosial seperti Instagram atau Facebook.

Di zaman sekarang ini orang sangat suka dengan dunia fotografi, dimana banyak sekali orang yang menggunakan platform media sosial untuk mengunggah hasil foto tersebut salah satunya yaitu platform Instagram. 

Tulisan

Bagi kalian yang sering posting di media sosial seperti di Instagram dan Facebook, kalian harus pintar dalam menulis caption, buatlah caption semenarik mungkin dan jangan membuat caption dengan kata-kata yang kurang berkenan bagi pembacanya nanti. Sepintar- pintarnya kalian dalam membuat caption agar pembaca tidak salah menilainya.

Itulah sedikit pembahasan tentang pengguna sosial media di indonesia. Kunjungi juga https://pklsmk.com untuk mendapatkan informasi lainnya seputar perkembangan teknologi, digital marketing dan informasi tentang SMK. Semoga bermanfaat.

Related Article…