Semua Tentang Website

Semua Tentang Website – Mungkin istilah website di telinga kita bukan lagi hal yang aneh atau asing. Apalagi mengingat perkembangan website ini sejalan dengan perkembangan internet dan teknologi informasi yang sudah semakin pesat. Website mungkin pada awalnya hanya berupa halaman sederhana yang ada di internet. Namun, sekarang sudah bisa menjadi tempat kita untuk menceritakan dan mengulas banyak hal. Nah untuk lebih jelasnya mari kita bahas website ini dari awal. Simak ulasan berikut ini.

Pengertian Website

Hal pertama yang perlu kita ketahui jika membahas semua tentang website adalah dari pengertiannya terlebih dahulu. Website adalah kumpulan halaman dalam sebuah domain atau subdomain yang berisi tentang informasi tertentu dan bisa diakses oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun dengan mudah melalui internet. Sebuah website dapat diakses dengan menggunakan browser dengan cara menuliskan URL di alamat website dengan tepat. 

Pada Mulanya, website pertama kali dimulai oleh seorang ilmuwan yang berasal dari Inggris bernama Tim Berners Lee. Tujuan awal Tim Berners membuat website adalah agar memudahkan para peneliti di tempat kerjanya untuk mendapatkan informasi dan bertukar informasi. Dan pada tanggal 30 April 1993, CERN yang merupakan laboratorium fisika di Swiss secara resmi mengumumkan tentang perilisan website secara gratis.

Pada tahun 1990, Tim Berners-Lee menulis tentang tiga teknologi dasar web, antara lain:

  1. HTML (HyperText Markup Language), yaitu bahasa markup atau format untuk halaman web.
  2. URI (Uniform Resource Identifier), yaitu sebuah alamat unik untuk membuka halaman website. Fungsinya untuk mengidentifikasi setiap sumber daya yang ada di web. Uniform Resource Identifier sering disebut juga dengan URL (Uniform Resource Locator).
  3. HTTP (HyperText Transfer Protocol). Teknologi ini memungkinkan seseorang untuk mengambil kembali sumber daya yang terkoneksi dengan semua situs website.

3 Unsur Penting di Dalam Website

Jika kalian ingin membuat website, setidaknya kalian harus memahami unsur penunjang nya terlebih dahulu. Berikut penjelasan dari 3 unsur website :

Domain

Domain atau yang biasa disebut dengan URL alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website. Sekarang ini domain diperjualbelikan secara bebas dengan biaya sewa tahunan dan jika pengguna lupa/tidak memperpanjang masa sewanya, maka domain itu akan di lepas ketersediaannya untuk umum. 

Contoh nama domain ber-ekstensi internasional adalah com, net, org, info, biz, name, ws. Selain itu, terdapat nama domain ber-ekstensi lokasi Negara Indonesia yaitu :

  1. .co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah
  2. .ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan
  3. .go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia
  4. .or.id : Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori “ac.id”,”co.id”,”go.id”,”mil.id” dan lain lain
  5. .sch.id : Khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU
  6. .web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web.
Baca Juga :  PELATIHAN DIGITAL MARKETING MATERI TIKTOK MARKETING

Hosting

Hosting dapat diartikan sebagai ruangan di dalam hard disk. Keberadaan Hosting sangat penting karena disitulah kalian nantinya menyimpan data, file-file, gambar, video, data email, statistik, database dan lain-lain. kita bisa mendapatkan Hosting dengan cara menyewa dan rata-rata dihitung pertahun. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya hosting yang disewa, semakin besar hosting nya semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam website. Ukuran hosting ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB (Mega Byte) atau GB (Giga Byte). 

Konten

Konten merupakan unsur penting karena konten adalah isi dari website tersebut. Semakin bagus konten yang kalian tulis atau unggah di website, maka akan semakin banyak pengunjung yang akan mengunjungi website kalian.

Semua tentang website

Semua tentang website

6 Jenis Website Populer Berdasarkan Fungsinya

Berikut jenis-jenis website untuk referensi kalian dalam membuat dan membangun sebuah website :

Blog

Istilah Blog merupakan kependekan dari “Weblog” yang artinya salah satu jenis website atau jurnal online yang memuat tampilan informasi dari berbagai sumber serta memuat konten. Munculnya Blog menjadi tren baru sebagai jurnal pribadi yang dapat dikelola dan diakses secara online. Kalian juga bisa lho mendapatkan uang dari hasil membuat blog caranya yaitu kalian harus tetap konsisten untuk mempublikasikan konten artikel, menerapkan SEO Writing yang tepat, serta melakukan riset terkait kata kunci secara optimal.

Website Berita

Jenis yang selanjutnya ini adalah website yang berisi tentang berita dan informasi terkini dari bermacam kategori peristiwa, biasanya website berita disebut juga dengan website portal, yang berarti segala bentuk informasi terbaru dan terkini yang bisa di dapatkan melalui website kategori ini. Kini, website berita menjadi lebih banyak diminati dibandingkan media lainnya dikarenakan informasi yang diberitakan akurat dan up to date, sehingga saat ini banyak para pembaca berita beralih dari berlangganan koran atau majalah, menjadi berlangganan internet hanya untuk membaca berita.

Website Portofolio

Selnjutnya adalah Website Portofolio yang merupakan platform yang berisi tentang dokumentasi hasil karya seseorang atau perusahaan dan ditampilkan dalam bentuk website. Website portofolio tentunya berbeda dengan blog. Kalau website portofolio digunakan untuk mempromosikan diri atau suatu perusahaan, sedangkan blog lebih sering digunakan sebagai platform untuk menulis kegiatan sehari-hari, review produk, dan lain lain. Jadi, website portofolio sangat cocok nih untuk kalian yang ingin mempromosikan hasil karya atau pengalaman kerjamu.

Website Pemerintah dan Organisasi

Ada juga website pemerintah atau organisasi. Untuk website ini dimanfaatkan untuk membuat laman resmi instansi pemerintah hingga berbagai macam organisasi. Guna nya adalah agar masyarakat dapat mengetahui informasi terbaru tentang kegiatan organisasi dengan mudah. Umumnya, website organisasi dibuat dengan memakai nama domain.or.id ataupun .org. Sementara website pemerintahan memakai nama domain.go.id.

E-Commerce

Website E-commerce atau yang biasa disebut dengan toko online adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan transaksi antara penjual dan pembeli yang dilakukan secara virtual menggunakan media elektronik. Media elektronik yang dimaksud dapat berupa internet, televisi, smartphone, dan sebagainya. Perkembangan e-commerce di Indonesia juga terus meningkat lho seiring dengan perkembangan permintaan pasar. Jadi, kalian tidak perlu ragu untuk mencoba berbisnis di dunia e-commerce saat ini.

Baca Juga :  Rekomendasi Website Builder Terbaik

Landing Page

Yang terakhir adalah landing page. Landing Page adalah halaman dalam website yang didesain khusus untuk marketing campaign atau iklan. Secara umum landing page merupakan halaman dalam website yang berkaitan dengan strategi marketing. Halaman ini dapat muncul jika pengunjung mengklik sebuah tautan atau link tertentu. Landing Page sangat cocok untuk kalian yang masih bingung untuk menentukan strategi marketing yang efektif dan tentu nya ini dapat membantu kalian untuk menghasilkan lebih banyak uang hanya dengan website toko online.

Cara Membuat Website Bagi Pemula yang Pastinya Mudah & Cepat!

Bingung dengan cara pembuatan website? Atau… tidak tahu harus mulai dari mana? Berikut kami rangkumkan cara pembuatan nya dan yang pasti mudah serta tanpa memerlukan coding.

Tentukan Jenis/ Tipe Website

Hal paling pertama yang harus kalian lakukan sebelum mulai membuat website adalah menentukan jenis website seperti apa yang ingin kalian buat. Dengan menentukan jenis website yang tepat, akan dapat memudahkan kalian untuk lanjut ke tahap berikutnya.

Tentukan Platform Website

Kalian dapat membuat website tanpa coding menggunakan WordPress dengan mudah tanpa harus menguasai pemrograman. Kalian hanya perlu klik instalasi, memasukkan nama, deskripsi website, dan memilih template, website pun sudah dapat digunakan dan diakses melalui internet. Dan yang pasti platform WordPress ini gratis lho. Meskipun gratis bukan berarti website yang dihasilkan WordPress tidak bagus yaa.

Tentukan Hosting dan Nama Domain

Dipenjelasan sebelumnya memang kalian dapat menggunakan WordPress secara gratis. Tetapi, kalian tetap perlu mengeluarkan sedikit biaya untuk menyimpan data website di hosting dan untuk membeli nama domain. 

Semua perubahan yang kalian buat di WordPress akan disimpan di hosting. Jadi kalian juga harus memilih layanan hosting dengan hati-hati karena semua data website kalian akan tersimpan di hosting. Selain hosting, kalian juga perlu domain untuk membuat website. Pastikan kalian memilih nama domain yang unik dan mudah diingat untuk membuat website yaa.

Mulai Buat Konten dan Halaman

Di WordPress, kalian dapat mengunggah dan membuat tiga tipe konten, seperti berikut :

  1. Halaman (Pages). Kalian dapat membuat halaman statis/permanen yang tidak perlu diubah setiap saat.
  2. Postingan (Posts). Kalian dapat membuat berbagai konten dinamis, contohnya artikel, blogspot, dan guest publication.
  3. Media. Hal ini mencakup konten seperti file gambar, video, dan audio. Setelah diunggah, kalian bisa langsung melampirkan file ini ke postingan dan halaman.

Optimasi Pengaturan Website

Kalian perlu melakukan optimasi pengaturan agar bisa menghasilkan website yang optimal. Untuk melakukan optimasi pengaturan di WordPress, kalian perlu login terlebih dahulu ke dashboard WordPress. Setelah itu, kalian akan diarahkan ke dashboard WordPress. Dashboard ini adalah tempat di mana kalian dapat mengakses semua fitur yang disediakan WordPress, dari konfigurasi, plugin, hingga tema. Di dashboard inilah kalian bisa mengelola WordPress, mulai dari mengubah pengaturan, menerbitkan konten, membuat halaman, menambahkan plugin, dan lain lain.

Nah, itulah pembahasan semua tentang website. Semoga bisa bermanfaat dan membuat anda bisa lebih mengenal lebih dalam tentang website. Kunjungi juga website kami untuk mendapatkan informasi lainnya tentang dunia SMK dan digital marketing serta teknologi.

Related Article…