Ketahui Apa Itu Website

Ketahui Apa Itu Website – Di era serba online seperti sekarang, website sudah seperti kebutuhan utama bagi individu, perusahaan, maupun organisasi di seluruh dunia. Karena, Sebuah situs web yang hebat dapat secara bersamaan beroperasi sebagai platform toko, meningkatkan online presence, tampilan karya dan keterampilan, mendapatkan uang secara online, alat pemasaran, saluran komunikasi, dan masih banyak lagi. Yuk ketahui website secara mendalam lagi!

Pengertian Website

Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui internet sehingga dapat diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi atau  lebih. 

Sebuah situs web atau website adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain atau subdomain di World Wide Web (WWW) di Internet. Halaman-halaman sebuah situs web diakses dari sebuah URL yang menjadi root, yang disebut homepage atau beranda, dan biasanya disimpan dalam server yang sama. Eits tapi tidak semua situs web dapat diakses dengan gratis, ya. Beberapa website memerlukan pembayaran agar dapat berlangganan,   

Secara terminologi, website yaitu merupakan kumpulan dari beberapa halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang berada di dalam World Wide Web (WWW) Internet. Sebuah halaman web adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (HyperText Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pengguna melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.

Unsur Apa Aja Sih yang Terdapat di Dalam Website?

Ketahui Apa Itu Website

Ketahui Apa Itu Website

Bahasa Program (Scripts Program)

Bahasa Program merupakan bahasa yang dipakai guna menerjemahkan segala perintah dari website saat diakses. Terdapat banyak jenis dari bahasa program ini. Jenis bahasa pemrograman yang dipakai sangat berpengaruh terhadap statis, dinamis, atau interaktifnya suatu website. Semakin banyak bahasa pemrograman yang dipakai pada sebuah website, akan semakin dinamis dan interaktif pula website tersebut. 

Domain/ URL

Domain atau URL merupakan alamat sebuah website di internet. Nama domain bersifat unik, karena tidak boleh ada nama domain yang sama. Nama domain inilah yang membuat sebuah website dapat ditemukan di internet.  Nama domain dapat dibeli menggunakan sistem sewa tahunan. Tetapi, saat ini ada juga yang menyewakan nama domain bulanan. Di belakang nama domain terdapat ekstensi atau akhiran yang biasanya menunjukkan lokasi atau lembaga pemilik website tersebut. 

Baca Juga :  Ayo Mengenal Website

Desain Website

Desain website sangat berpengaruh pada bagus atau tidaknya sebuah website, berdasarkan penilaian dari pengunjung website tersebut. Desain website inilah yang menjadi penentu pada keindahan dan kualitas website tersebut. Untuk desain nya bisa dilakukan sendiri atau dengan cara membayar jasa website designer. Membayar jasa website designer merupakan biaya yang tertinggi dari semua biaya yang diperlukan untuk membangun sebuah website karena kualitas sebuah website sangat ditentukan oleh kualitas dari seorang website designernya. 

Hosting

Hosting atau sering disebut juga dengan web hosting merupakan sebuah tempat untuk menyimpan data, file gambar, video dan lainnya yang ditampilkan pada sebuah website. Web hosting dapat diperoleh dengan cara menyewa. Jumlah besaran data yang dapat disimpan dan ditampilkan di website tergantung pada besarnya web hosting yang disewa. Jika web hosting yang disewa besar, maka jumlah data yang bisa ditampilkan di website pun banyak. Penyewaan web hosting biasanya dalam jangka waktu per tahun. 

Pemeliharaan Website

Website perlu pemeliharaan setiap saat. Misalnya dengan cara menambahkan berbagai konten atau informasi baru. Bisa juga dengan memperbaharui tampilan website agar pengguna tidak bosan. Website yang sering diperbaharui konten dan tampilannya biasanya akan menarik pengunjung baru.

Program Transfer Data Ke Pusat Data

Setelah website designer menyelesaikan pekerjaannya dalam mendesain sebuah website, maka berbagai file pendukung website seperti teks, gambar, video, suara, dan lain-lain sudah terdapat pada website tersebut. Dengan menggunakan program pencarian/penjelajah atau browser, tampilan website sudah dapat dilihat secara utuh. Namun hanya secara offline pada komputer yang dipakai oleh website designer untuk mengerjakan desain website tersebut.

Agar website dapat diakses dari seluruh penjuru dunia perlu disimpan pada sebuah web hosting. Setelah memesan sebuah web hosting, file-file pendukung website tersebut dikirim ke pusat data web hosting dengan mengakses FTP (File Transfer Protocol). FTP dapat digunakan dengan sebuah program FTP, seperti WS FTP, Smart FTP, Cute FTP, dan lain-lain. Program-program FTP ini banyak ditemui di internet dan dapat digunakan baik dengan cara menyewa maupun gratis.

Publikasi Website

Sebuah website tidak ada artinya jika tidak ada pengunjung. Oleh karena itu, setelah sebuah website selesai dibuat, diperlukan promosi untuk website tersebut. Promosi untuk publikasi website bisa dilakukan dengan cara online maupun offline. Namun, promosi secara offline ini dirasa kurang efektif. Agar lebih efisien, promosi website bisa dilakukan secara online. Publikasi pada mesin pencari bisa dengan cara gratis ataupun berbayar. Tidak usah ditanya lagi tentu saja dengan menggunakan versi berbayar, akan lebih mempercepat masuk ke mesin pencari dan lebih cepat juga untuk dapat ditemukan oleh pengunjung. Sedangkan dengan cara gratis tentunya lebih lama.

Baca Juga :  Belajar Website

Fungsi Website Apa Saja?

Sarana transaksi jual beli toko online / e-commerce

Website dapat dijadikan sebagai sebuah media untuk menampung proses transaksi jual beli online atau yang biasa disebut dengan e-commerce. Dengan menggunakan website e-commerce, kalian dapat mendatangkan lebih banyak konsumen untuk membeli produk barang atau jasa melalui website yang telah disediakan. 

Sarana informasi

Fungsi selanjutnya yaitu sebagai sarana untuk menyampaikan informasi terbaru dan menarik untuk dibaca oleh pengunjung. Pada dasarnya, website juga dapat dijadikan sebagai sarana edukasi, pembelajaran, tutorial, tips & trik, dan sebagainya. Jenis kontennya dapat berupa video, teks, atau gambar.

Sebagai blog

Blog merupakan sebuah situs yang menampilkan halaman berisi artikel atau bahan bacaan. Orang yang sering membuat blog disebut dengan blogger. Tujuan utama blog adalah untuk mendapatkan trafik pengunjung serta mengoptimalkan blog yang telah terpublikasi. Selain itu juga dapat berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan brand perusahaan agar mendatangkan pelanggan yang lebih banyak lagi.

Manfaat yang Kalian Dapatkan Jika Berkontribusi di Dunia Website

Media Promosi dan Transaksi 24 Jam

Website yang dikelola secara baik, dapat mendatangkan pelanggan baru kapanpun dengan jumlah yang lebih banyak lagi tanpa adanya batasan jarak dan waktu. Pelanggan dapat mengunjungi website kalian siang ataupun malam. 

Meningkatkan Personal Branding

Dengan mempunyai website, kalian dapat meningkatkan personal branding yang kuat dan terpercaya. Kalian dapat mengupload hasil karya dan portofolio di website. Baik dalam bentuk tulisan, foto, lukisan, gambar, desain grafis, sampai musik. Dan dari situ kalian dapat meningkatkan personal branding secara profesional. Hal ini juga sangat penting bagi perusahaan karena tersedianya informasi yang lengkap dan jelas serta gampang dijangkau akan bisa meningkatkan reputasi perusahaan di hadapan pelanggan atau calon pelanggan, sehingga reputasi perusahaan akan meningkat.

Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada perusahaan atau bisnis yang kalian jalankan. 81% pelanggan mencari informasi produk di Google terlebih dahulu baru kemudian melakukan pembelian. Dengan munculnya website kalian di hasil pencarian Google, tingkat kepercayaan pelanggan terhadap bisnis kalian akan meningkat.

Sekian informasi yang mungkin perlu anda ketahui tentang website. masih ada banyak sekali hal yang bisa anda ketahui tentang website. Jadi ikuti terus informasi dari website kami. Semoga bermanfaat

Related Article…