PKL SMK BDP

Digital Marketing

Digital Marketing

SMK merupakan sekolah menengah dengan memiliki berbagai jurusan dan lebih spesifik. Dalam pembelajaran di SMK, siswa tidak hanya menerima materi. Akan tetapi, praktik pun wajib mereka lakukan. Pada praktik tersebut, siswa akan menerapkannya melalui PKL. Begitu pula dengan PKL SMK BDP.

PKL kepanjangan dari praktik kerja lapangan. Hal tersebut merupakan tugas wajib siswa SMK sebagai syarat kelulusan. Yang di mana sekolah akan mengirim siswa untuk kerja secara nyata dalam dunia kerja. Biasanya, pelaksanaan PKL dilaksanakan pada semester IV / V atau bahkan setelah melaksanakan Ujian Nasional (UN).

Penetuan kegiatan PKL akan dipilihkan sekolah dengan perusahaan atau industri yang telah terjalin relasi. Tetapi, tidak menutup kemungkinan internet dijadikan tempat PKL siswa dengan kata lain secara online. Lalu, bagaimana pelasakaan PKL online di salah satu perusahaan? Simak penjelasan berikut!

Jurusan BDP

BDP

BDP

Melihat perkembangan dunia, saat ini sudah banyak sekali bisnis baru bermunculan. Berbagai hal unik dan kreatif yang dapat diperjual – belikan pada pasar. Apalagi saat ini sudah memasuki era digital yang memudahkan membuka bisnis.

Dengan adanya kemudahan dari segi teknologi, tentunya sayang apabila kita tidak memanfaatkannya. Oleh karenanya mendorong SMK untuk memberikan pendidikan dan membuka jurusan seputar bisnis kepada siswa.

Bisnis daring dan pemasaran (BDP) merupakan jurusan yang mempelajari cara pengembangan bisnis. Sehingga, akan memberikan peluang pada siswa sebagai calon wiraswasta.

Baca Juga :  Tips dan Trik Menjalankan PKL Online

Dalam pembelajarannya, siswa akan diajari tentang bagaimana cara mengembangkan usaha, dan menyusun strategi bisnis dengan baik. Tidak hanya itu, siswa juga akan mendapatkan cara marketing dengan online.

Penerapkan serta mempelajari bisnis secara nyata melalui PKL, mereka akan mendapatkan tugas untuk pengembangan digital marketing melalui online.

Banyak lokasi yang ditawarkan untuk melaksanakan PKL SMK BDP. Namun, siswa harus menggaris bawahi bahwa dalam memilih tempat harus cermat. Dikarenakan, adanya beberapa perusahaan yang melibatkan siswa pada tugas spele.

PKL Online BDP

PKL Daring

PKL Daring

PKL online merupakan alternatif yang dipilih perusahaan agar dapat menampung siswa SMK. Perusahaan akan memanfaatkan aplikasi G – Meet, zoom, dan lainnya untuk berjalannya kegiatan PKL. Waktu yang ditentukan tergantung pada kebijakan sekolah masing – masing.

Pembuatan rancangan dalam pengajaran PKL dibuat oleh perusahaan, yaitu dengan memberikan bimbingan kepada siswa. Setelah itu siswa akan mendapatkan tugas.

Di sini siswa akan mendapatkan tugas yang di mana tugas tersebut dapat berupa project. Kemudian, project tersebut akan memberikan benefit terhadap pengembangan perusahaan dan kepada siswa itu sendiri. Siswa akan mendapatkan benefit berupa pengetahuan strategi digital marketing yang dapat menjadikan bekal ilmu ketika lulus. Salah satu perusahaan yang menerapkan sistem ini ialah PT. Kombas .

Baca Juga :  PKL SMK BDP Kabupaten Grobogan

PKL di PT Kombas

akademi kombas

akademi kombas

Kombas merupakan perusahaan yang menerima PKL SMK. Tidak hanya secara offline, akan tetapi online pun tersediakan di sini. Kombas menggunakan sistem kelas. Kemudian, media pengajarannya melalui G – Meet.

Selain G – Meet, Kombas menyediakan platform yang bernama Akademi Kombas. Di sini, siswa akan mengetahui apa saja materi yang akan mereka pelajari. Di dalamnya sudah ada materi dan tugas, sehingga siswa tidak perlu bingung untuk bertanya atau mencari.

Pembelajaran di PT. Kombas menerapkan metode Project Based Learing (PBL). Metode ini memberikan siswa proyek  untuk selesaikan. Sehingga, pada metode ini membuat siswa berpikir kritis dan melatih softskill mereka.

Kemudian dari pada itu, harapan dengan adanya metode ini dapat membuat siswa melatih menyelesaikan masalah dengan mandiri dan membuat siswa menjadi berkembang.

Di era pandemic seperti ini, harusnya tidak menghalangi siswa untuk menjalankan tugas PKL mereka. Maka dari itu, dengan adanya teknologi internet dapat membantu siswa maupun pihak sekolah untuk tetap menjalankan tugas PKL secara daring.

 

Demikian ulasan yang saya sampaikan mengenai PKL SMK BDP. Semoga apa yang saya infromasikan bisa bermanfaat dan memberikan gambaran tentanf bagaimana kegiatan PKL online.

Untuk infromasi lebih lengkap seputar SMK, Kalian dapat cek di website pklsmk.com dan kunjungi juga akademikombas.co.id untuk infromasi PKL.

 

Related Article…