Prakerin Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi

Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT)  adalah ilmu berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang berkait tentang kemampuan algoritma, pemograman komputer, perakitan komputer, perakitan jaringan komputer, pengoperasikan perangkat lunak, dan internet.

Dalam jurusan Teknik Jaringan dan Komputer siswa akan diajari dari tingkat dasar tentang perakitan, perbaikan peripheral, perbaikan komputer, web desain, jaringan sampai dengan keamanan jaringan. 

Dengan keahlian yang semua sudah diajarkan secara lengkap dari tingkat pertama sampai akhir, diharapkan siswa mampu berkompetensi sesuai dengan keahliannya dalam dunia kerja yang berbasis teknologi.

Teknik jaringan komunikasi dan telekomunikasi tidak akan lepas dari pembelajaran perakitan komputer.  Jurusan ini membahas tentang komponen-komponen penyusun komputer, cara merakit komputer yang benar dan baik, mengkonfigurasi komponen komputer dan menguji hasil perakitan yang sudah dibuat.

 Pembelajaran sistem operasi meliputi pengembangan sistem operasi, arsitekturnya, partisi harddisk, instalasi sistem operasi, sampai pengelolaan sistem operasi supaya  dapat digunakan oleh pengguna.Jurusan ini juga membahas tentang netwrorking. 

Jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi mempunyai tujuan untuk membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan, kreatif, jujur dan sikap profesioanal kerja supaya kompeten dalam: Menginsatalasi perangkat jaringan berbasil lokal (LAN), menginsatalasi perangkat komputer personal, menginstal sistem operasi dan aplikasi. 

 

Pelajaran apa saja yang ada di jurusan Teknik Jaringan komputer dan Telekomunikasi?

Berikut ini ada beberapa mata pelajaran yang diajarkan dijurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi:

*Desain Grafis

Pada mata pelajaran ini, akan belajar cara mendesain dalam bentuk grafis. 

*Adminitrasi Sistem Jaringan

Dimata pelajaran ini akan mempelajari tentang soal Sistem Operasi beserta proses instalasinya. Biasanya, OS ini memungkinkan untuk melayani banyak service, mulai dari printer, HTTP, hingga DND Service.

Baca Juga :  PKL SMK BDP NTB

*Produk Kreatif dan Kewirausahaan 

Di jurusan Teknik Jaringan kamu juga bisa berwirausaha, karena dimata pelajaran ini siswa akan diajarkan soal kreativitas dan wirausaha sehingga bisa kamu jadikan modal untuk kedepannya.

*Teknologi Layanan Bisnis

Dimata pelajaran ini siswa akan belajar tentang  apa saja layanan yang dirancang dan dibangun dengan tujuan untuk melayani pengguna meski dari banyak perangkat yang berbeda.

*Simulasi dan Komunikasi Digital

*Komputer dan Jaringan Dasar

  • Kelebihan Jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi•

*Bisa Mempelajari Jaringan*

Di jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi bisa belajar tentang jaringan komputer, lengkap dengan berbagai macam tipologinya. Misalnya, seperti server, jaringan lokal, IP addres.

*Bisa Belajar Tentang Sistem Operasi*

Dalam jurusan ini bisa mempelajari secara detail mengenai sistem operasi. Selain itu, juga bisa belajar tentang instalasi OS, sistem kerja user, sampai partisi harddisk dan kontruksi.

*Mempunyai Peluang Kerja yang Bagus Setelah Lulus Nantinya*

Umumya, setelah Prakerin/Magang kamu bisa mendapatkan sertifikat yang bisa dipakai sebagai referensi untuk melamar pekerjaan. Itulah kenapa lulusan SMK khususnya untuk jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

*Akan Dibekali dengan Skill Troubleshooting*

Skill Troubleshooting yang dipelajari di jurusan ini yang akan membuat siswa jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi istemewa. Dengan adanya skill ini, bisa menyelesaikan dan mengidentifikasi permasalahan yang ada pada RAM, harddisk sampai CPU.

*Adanya Praktek Kerja*

Seperti dengan jurusan smk yang lainnya, membuat siswa jurusan ini juga diwajibkan untuk Prakerin  atau magang. Dengan adanya Prakerin atau magang bisa menambah wawasan mengenai dunia kerja. Dan bisa merasakan segala permasalahan nyata yang ada didunia sehari-hari dan berkaitan dengan TJKT.

Baca Juga :  Tips Ampuh Ketika PKL

Tidak hanya pandai dalam mengenai teori dan keahlian, kamu bisa juga mendapatkan pengalaman nyata di dunia industri.

  • Kekurangan Jurusan Teknik Jaringan dan Telekomunikasi•

*Harus selalu uptade Pengetahuan*

Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat, dan jika kamu lulusan SMK inggin langsung bekerja maka sebaiknya selalu uptade ilmu teknologi. Dikarenakan setiap perusahaan tentunya ingin mendapatkan pekerja yang pintar dan melek seputar teknologi terkini.

*Siswa Harus Menguasai Teori dan Pratek*

  • Peluang Kerja Jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi•

Sebagai lulusan jurusan Teknik Jaringan dan Telekomunikasi kamu bisa bekerja sebagai:

  • Teknisi Komputer
  • Adminitrasi Server
  • Teknisi Jaringan
  • Data Entry
  • System Analyst

Dengan adanya materi pembelajaran tentang jaringan dan komputer dan ditambah pengalaman selama Prakerin, kamu dapat bersaing di dunia industri. Tidak hanya itu, lulusan SMK jurusan TJKT juga dapat membuka usaha sendiri seperti toko laptop atau komputer, membuka jasa servis komputer dan yang lain sebagainya.

  • Kegiatan Prakerin Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi•

Prakerin (Pratek Kerja Industri) merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa SMK. Tujuan Prakerin adalah untuk memberikan pengalaman kerja secara langsung dan untuk memenuhi hal-hal yang belum terpenuhi disekolah supaya standar kompetensi lulusan dapat tercapai.

Dengan adanya progam Prakerin adalah untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Prakerin juga menjadi syarat untuk kelulusan lho, jika kamu tidak mengikuti kegiatan Prakerin maka kamu bisa saja tidak akan lulus.

 

Related Article…