PKL SMK BDP Jawa timur

Keberadaan internet menjadi alat bantu dalam meningkatkan kualitas hidup. Salah satunya dari sisi ekonomi. Dengan adanya media internet, kegiatan perekonomian dan bisnis juga semakin beragam. Inilah yang siswa SMK Jawa timur (Jatim) jadikan peluang contohnya di jurusan BDP melalui PKL.

Internet saat ini berkembang menjadi media yang dapat masyarakat manfaatkan untuk apapun. Mulai dari memenuhi kebutuhan hingga melakukan bisnis. Dengan media internet, bisnis memiliki kemampuan menjangkau customer lebih banyak. Kondisi ini kemudian sekolah jadikan sebagai bahan pembelajaran untuk siswanya. Siswa nantinya dapat melakukan analisa sehingga dapat membangun bisnis di tengah persaingan.

Salah satu kegiatan yang dapat memaksimalkan media internet adalah pemasaran. Sebelum adanya internet, pemasaran harus orang-orang lakukan secara langsung. Hal ini menjadi kegiatan cukup melelahkan. Apalagi pemasaran secara langsung terkadang sangat menguras stamina.

Dengan adanya internet, kegiatan pemasaran dapat memanfaatkan website ataupun sosial media. Hal ini sangat memudahkan pelaku usaha. Kegiatan pemasaran menjadi lebih mudah dan dapat menjangkau daerah yang lebih luas.

Seiring perkembangan media internet, bidang keahlian yang ada di tingkat kerjuruan juga ikut berkembang. Salah satu jurusan yang saat ini mulai muncul yaitu jurusan bisnis daring dan pemasaran. Jurusan ini menjadi jurusan yang ikut muncul akibat perkembangan media digital. Bagaimana kegiatan kegiatan PKL Jurusan BDP ini? berikut ulasannya. PKL SMK BDP Jatim

Pengenalan Jurusan BDP

Jurusan Bisnis daring dan pemasaran (BDP) menjadi salah satu program pembelajaran yang muncul akibat adanya perkembangan internet. Jurusan ini mempelajari tentang praktik dalam membangun usaha dan mengembangkan usaha tersebut dalam dunia internet.

Kegiatan yang akan siswa lakukan diantaranya melakukan analisis pasar dan mencoba membuat peluang bisnis baru. Siswa juga mendapat materi tentang bagaiaman memanfaatkan internet untuk berbisnis. Siswa nantinya memiliki peluang untuk berkarir dalam dunia bisnis.

Peluang siswa menjadi wirusaha sangatlah besar. Selain itu, siswa juga bisa lanjut ke jenjang perkuliahan di jurusan akuntansi, wirausaha, bisnis, ataupun bidang lain yang masih relevan.

Kondisi Jawa timur untuk BDP

Jawa timur menjadi salah satu provinsi yang memiliki potensi besar dalam bidang perekonomian. Kondisi tanah yang subur dapat masyarakat manfaatkan untuk pertanian dan bidang lainnya. Apabila siswa dapat memanfaatkan potensi ini, maka roda ekonomi dapat terus berjalan.

Contoh kegiatan yang dapat siswa lakukan adalah dengan mengembangkan bisnis berbasis internet untuk membantu pemasaran produk pertanian. Potensi tersebut dapat siswa BDP jadikan sebagai salah satu kegiatan pembelajaran.

Dengan bahan pembelajaran tersebut, siswa BDP dapat melakukan analisis untuk melihat apakah bisnis dapat berjalan. Siswa juga bisa menjadi penggerak dalam mengembangkan bisnis tersebut.

Tempat PKL di Jawa timur

Sebagai salah satu provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak, jawa timur memiliki banyak tempat yang dapat siswa jadikan sebagai lokasi PKL. Siswa dapat memilih mulai dari instansi pemerintah, perusahaan, hingga tempat usaha. Yang jelas tempat tersebut bersedia menampung siswa PKL dan dapat memberikan pengalaman kerja ke siswa PKL.

Pemilihan tempat PKL akan sangat menentukan hasil yang akan siswa dapatkan. Cermat dalam memilih tempat menjadi salah satu hal yang perlu siswa perhatikan. Jangan sampai kegiatan PKL yang seharusnya bermanfaat justru mendatangkan hasil yang mengecewakan. Salah satu metode yang mungkin dapat siswa coba adalah melakukan kegiatan PKL secara online. Kegiatan PKL online akan menggunakan media internet sebagai sarana kelas.

PKL online PT. Kombas

Tempat PKL yang mungkin dapat siswa coba adalah PT.Kombas. PT. Kombas saat ini mengembangkan platform akademi kombas untuk mendukung kegiatan PKL. Nantinya kegiatan PKL akan berlangsung menggunakan platform. Walaupun berada di tempat yang jauh, kegiatan PKL tetap dapat berlangsung.

Melalui akademi kombas, siswa nantinya akan mendapatkan pengalaman yang berbeda. Dengan menggunakan media platform siswa tetap akan dapat melaksanakan kegiatan tanpa ada kendala jarak. Siswa nantinya akan tetap dapat mengembangkan kemampuan analisis. Tak perlu khawatir kegiatan siswa tetap mendapat bantuan dari mentor yang sudah ahli dalam bidangnya.

Materi pembelajaran yang siswa dapatkan tidak berbeda jauh dengan materi yang ada di sekolah. Hal ini karena materi akademi kombas telah melalui penyesuaian dengan kurikulum yang sekolah terapkan. Sehingga hasil yang akan siswa dapatkan tetap memenuhi kualifikasi yang ada. Provinsi jawa timur dengan berbagai potensinya menuntut masyarakat dapat ikut berkembang.

Dengan adanya media internet tentu proses pemasaran tidak lagi menjadi halangan. Media internet dapat juga siswa manfaatkan untuk menggali potensi dan menemukan peluang. Khususnya untuk siswa SMK jurusan BDP di jawa timur dengan kegiatan PKL. Sedikit ulasan tentang kegiatan PKL SMK BDP Jatim (Jawa timur), semoga dapat memberikan informasi untuk anda para pembaca. Untuk info PKL selangkapnya kunjungi saja htttps://pklsmk.com. Info PKL SMK lainnya juga dapat anda temukan di akademikombas.co.id

Baca Juga :  PKL SMK Multimedia Jateng

Related Article…