PKL SMK BDP Purbalingga

PKL SMK BDP Purbalingga – Dengan saat ini, banyak kegiatan yang mengalami pembatasan akibat pandemic ini. Pembatasan kegiatan ini juga ikut berdampak pada kegiatan siswa SMK. Kegiatan siswa yang ikut mengalami pembatasan salah satunya adalah kegiatan Praktek kerja lapangan. Lalu bagaimana menjalankan kegiatan PKL atau prakerin di masa pandemic ini? berikut sedikit pembahasannya.

Jurusan Bisnis daring dan pemasaran

Saat ini jurusan menjadi jurusan yang banyak siswa cari untuk melanjutkan sekolah mereka khususnya di jenjang SMK. Ketika masuk jurusan ini siswa akan banyak belajar tentang dunia pemasaran. Dengan berkembangnya internet, nantinya siswa juga akan mempelajari tentang marketing secara online. Jurusan yang dimaksud adalah jurusan Bisnis daring dan pemasaran.

Ketika masuk ke jurusan bisnis daring dan pemasaran siswa akan mendapatkan peluang yang sangat luas setelah lulus nanti. Setelah lulus siswa jurusan bisnis daring dan pemasaran dapat memilih apakah melanjutkan studi atau langsung terjun ke dunia kerja. Siswa yang ingin melanjutkan studi dapat masuk ke jurusan seperti ekonomi, manajemen, bisnis, dan jurusan lain yang masih berkaitan dengan pemasaran. Untuk di dunia kerja, siswa dapat terjun langsung ke bidang pekerjaan seperti bisnis retail, wirausaha, atau masuk dalam bagian digital marketing.

Potensi Kabupaten Purbalingga

Kabupaten purbalingga adalah salah satu kabupaten yang berada dalam wilayah administrasi provinsi jawa tengah. Daerah ini merupakan salah satu daerah yang berada di kaki gunung slamet sehingga memiliki potensi yang sangat melimpah. Potensi ini bisa dari segi industri, pertanian, ataupun bidang lainnya. Salah satu yang terkenal di purbalingga adalah industri bulu mata yang saat ini masih menjadi salah satu barang eksport untuk Indonesia.

Baca Juga :  PKL SMK BDP Kabupaten Blora

Melihat potensi yang ada di kabupaten purbalingga, ini juga dapat siswa manfaatkan sebagai ide untuk pengembangan usaha untuk kedepannya. Siswa dapat memanfaatkan ilmu yang mereka dapatkan di sekolah untuk membantu mengembangkan usaha yang ada. Salah satu sarana yang bisa siswa manfaatkan untuk mengenal lebih jauh dunia usaha adalah pada kegiatan PKL atau praktek kerja lapangan.

PKL SMK BDP Kabupaten Purbalingga

Kegiatan PKL adalah salah satu sarana yang bisa siswa manfaatkan untuk mengetahui kondisi dunia kerja sesungguhnya. Praktik kerja lapangan merupakan kegiatan yang wajib siswa jalani khususnya untuk jenjang SMK. Selama kegiatan PKL siswa akan mendapat penempatan di perusahaan atau usaha yang ada. Dengan adanya kegiatan ini siswa dapat lebih mengetahui kondisi ketika siswa sudah lulus nantinya.

Untuk di daerah kabupaten Purbalingga sendiri, siswa dapat melakukan kegiatan PKL di banyak tempat. Siswa dapat menjalankan kegiatan PKL di tempat seperti usaha retail, perusahaan jasa, atau usaha makanan. Siswa juga dapat masuk ke instansi – instansi pemerintah yang memiliki hubungan dengan bidang keilmuan siswa. Hal ini agar ilmu yang siswa dapatkan terlihat penerapannya.

Kegiatan PKL di masa pandemi

Saat ini kondisi Negara sedang tidak baik – baik saja akibat adanya pandemic virus covid-19. Kondisi ini menyebabkan kegiatan kita yang sebelumnya normal mengalami penyesuaian. Penyesuaian ini dapat kita temui seperti di perusahaan atau di kantor – kantor. Perusahaan saat ini banyak yang membatasi kegiatan secara langsung. Hal ini juga berdampak pada kegiatan siswa PKL.

Kegiatan PKL siswa SMK ikut mengalami pembatasan akibat adanya pandemic virus. Banyak perusahaan yang mengurangi jumlah orang yang dapat beraktifitas secara langsung di kantor untuk menghindari penyebaran virus. Hal ini membuat pihak sekolah juga ikut melakukan penyesuaian. Salah satunya dengan mencari perusahaan atau lokasi PKL yang menyediakan kegiatan PKL secara online.

Baca Juga :  PKL Jurusan Akuntansi Ngapain Aja?

Kegiatan PKL di PT Kombas

Kegiatan PKL secara online adalah solusi terbaik yang banyak sekolah pilih untuk saat ini. Proses jalannya kegiatan PKL menggunakan fasilitas internet sebagai jalan utamanya. Siswa nantinya menggunakan aplikasi seperti google meet, zoom atau media lainnya untuk saran komunikasi dengan pihak perusahaan. Dengan menjalankan kegiatan secara online siswa tidak perlu khawatir dengan masalah terjangkit virus akibat berkegiatan PKL.

Salah satu perusahaan yang menyediakan kegiatan PKL secara online adalah PT. Kombas Digital Internasional. Lokasi PKL ini bertempat di kota purwokerto dan bergerak dalam bidang digital marketing. Sehingga sangat cocok untuk lokasi PKL untuk siswa jurusan BDP. Dengan menjalankan kegiatan PKL secara online, siswa tetap dapat menjalankan kegiatan PKL walupun mereka laksanakan dari rumah.

Dalam menjalankan kegiatan PKL, nantinya siswa menggunakan platform khusus dari PT. Kombas dan sistem project based learning. Platform yang siswa gunakan nantinya bernama akademi kombas. Dalam platform ini sudah berisi rangkuman materi dan tugas yang nantinya perlu siswa kerjakan selama berkegiatan PKL. Dengan menggunakan sistem project based learning akan melatih siswa untuk lebih siap di dunia kerja. Dengan menggunakan sistem project based learning siswa wajib menyelesaikan tugas yang ada secara bertahap sehingga siswa mendapatkan prosesnya.

Sangat menarik bukan? Nah untuk kalian yang sedang mencari lokasi untuk kegiatan PKL online SMK jurusan BDP di kabupaten Purbalingga pilih saja PT. Kombas digital internasional sebagai pilihan anda. Untuk anda yang berminat, anda bisa langsung menghubungi nomor 0811-2829-002. Untuk info selengkapnya anda bisa mengunjungi website akademikombas.co.id.

Related Article…