PKL Jurusan Pemasaran Ngapain Aja?

PKL Jurusan Pemasaran Ngapain Aja? – Jurusan Pemasaran merupakan salah satu kompetensi keahlian yang ada di SMK. Jurusan ini berfokus pada keilmuan dan praktk tentang bidang pemasaran dan pengembangan bisnis online melalui media internet.

Jurusan ini juga mengadakan program PKL yang harus diikuti oleh siswa SMK. Siswa jurusan pemasaran akan mempraktekan secara langsung teori yang sudah didapat di sekolah.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengertian PKL, hal yang dipelajari di jurusan pemasaran SMK, dan kegiatan yang dilakukan saat PKL oleh siswa jurusan pemasaran SMK. Simak penjelasan berikut ini.

PKL Jurusan Pemasaran Ngapain Aja?

PKL Jurusan Pemasaran Ngapain Aja?

Pengertian PKL

Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan program kegiatan yang wajib dan penting diikuti oleh siswa SMK. Dulunya dikenal dengan nama Praktek Kerja Industri (Prakerin). PKL merupakan kegiatan pendidikan, pelatihan, dan pembelajaran bagi siswa SMK yang dilakukan di dunia kerja sesuai dengan jurusan yang dipilih.

Dengan program PKL ini, siswa dibekali pengetahuan dasar supaya meminimalisir kendala saat bekerja.

Tujuannya yaitu:

  1. Agar siswa lebih siap bekerja di lapangan dengan menerapkan teori yang sudah dipelajari di sekolah
  2. Meningkatkan mutu siswanya, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang mampu menjalani pekerjaan sesuai dengan jurusan dan bidangnya
  3. Siswa bisa memasuki dunia kerja yang persaingannya cukup ketat.

PKL dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang professional di bidangnya. Dimana siswa diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat saat disekolah sekaligus mempelajari materi baru mengenai dunia kerja.

Baca Juga :  PKL SMK AKL Lampung

Program PKL dilaksanakan agar:

  • Lulusan SMK memiliki pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan dunia kerja
  • Meningkatkan disiplin kerja
  • Memberikan pengalaman dan wawasan baru kepada siswa mengenai dunia kerja
  • Menambah kesiapan bekerja siswa setelah lulus dari SMK.

Hal Yang Dipelajari Di Jurusan Pemasaran SMK

Jurusan Pemasaran atau yang sekarang lebih dikenal menjadi jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BPD), merupakan salah satu jurusan yang ada di SMK. Jurusan ini fokus untuk mempelajari keilmuan dan praktek di bidang pemasaran dan pengembangan bisnis online melalui internet atau media social.

Siswa akan belajar mengenai bagaimana cara untuk menganalisa pasar dan menemukan peluang bisnis yang ada di dalamnya. Dengan masuk ke jurusan pemasaran ini, siswa juga akan mampu menggunakan media social seperti situs web dan juga media social lainnya, dan diharapkan siswa mampu untuk menggunakannya sebagai e-commerce.

Berikut merupakan materi yang dipelajari pada jurusan pemasaran SMK:

  1. Penataan Produk

Membahas tentang cara mengelompokkan barang sesuai dengan jenis dan kegunaannya. Pengelompokkan tersebut juga harus memperhatikan keindahan untuk menarik minat konsumen, dan siswa juga harus paham dengan spesifikasi produk yang ditawarkan.

  1. Bisnis Online

Mata pelajaran ini membahas tentang bagaimana cara pemasaran melalui internet, bisa melalui situs web atau memanfaatkan media social yang ada.

  1. Pengelolaan Bisnis Ritel

Mempelajari bagaimana pengaturan keseluruh factor yang berpengaruh dalam proses perdagangan ritel, misalnya seperti factor yang mempengaruhi perdagangan langsung barang dan jasa kepada konsumen.

  1. Administrasi Transaksi

Dalam mata pelajaran ini, siswa dibekali agar mampu melakukan pencatatan keuangan secara rapi dan terstruktur, sehingga pencatatan tersebut mudah dipahami.

  1. Produk Kreatif Kewirausahaan
Baca Juga :  PKL SMK BDP Jateng

Mata pelajaran ini akan mengajarkan siswa untuk menjadi pribadi yang siap kerja, dengan materi pembahasannya adalah bagaimana memahami karakteristik wirausahawan, memahami peluang usaha produk dan jasa, dan proses pengajuan ha katas kekayaan intelektual.

Prospek kerja untuk lulusan SMK jurusan pemasaran ini juga luas, berikut diantaranya:

  1. Tenaga Pemasarab
  2. Pramuniaga (Tenaga Penjual)
  3. Tenaga Pembelian
  4. Pengelola Gudang
  5. Kasir
  6. Tenaga Administrasi Penjualan dan Pembelian
  7. Perantara Dagang
  8. Sosial Media Marketing
  9. Wiraswasta

Kegiatan Yang Dilakukan Saat PKL

Tujuan diadakannya program PKL ini adalah untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

Berikut adalah kegiatan yang dilakukan saat PKL oleh siswa jurusan pemasaran:

  1. Pengenalan Lingkungan Kerja, Tahap pertama saat melakukan PKL yaitu, siswa akan dikenalkan dengan lingkungan kerja terlebih dahulu.
  1. Kemudian siswa diberikan pelatihan terlebih dahulu selama sebulan. Pelatihannya meliputi marketing, branding, dan digital marketing. Dan setelah melakukan pelatihan, siswa akan mengikuti ujian kompetensi, kemudain akan diberikan sertifikat kompetensi.
  2. Setelah mendapatkan pelatihan, siswa akan diberikan sebuah praktek/proyek yang berkaitan dengan pemasaran, sehingga siswa dapat mendapatkan pengalaman kerja sekaligus portofolio.
  3. Melakukan beberapa riset online, seperti riset google image, riset google trends, dan riset google keyword planner.
  4. Mempersikan beberapa data, seperti data kata kunci, judul postingan dan artikel.
  5. Mengurus social media marketing dan juga blog marketing.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai pengertian PKL, hal yang dipelajari pada jurusan pemasaran SMK, dan kegiatan yang dilakukan siswa SMK jurusan pemasaran saat PKL.

Semoga dapat membantu dan memberi informasi bagi pembaca, terutama untuk anda yang sedang dan akan melaksanakan PKL.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai jurusan pemasaran SMK, silahkan kunjungi artikel berikut https://pklsmk.com/smk-jurusan-pemasaran/

Related Article…