PKL Jurusan RPL Ngapain Aja?

PKL Jurusan RPL Ngapain Aja? – Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan suatu kegiatan yang wajib diikuti oleh siswa tingkat 2 SMK dengan bekerja langsung di dunia kerja secara terarah dengan tujuan untuk membekali siswa dengan sikap keterampilan dan etos kerja. PKL termasuk salah satu syarat untuk naik ke tingkat kelas selanjutnya dan juga syarat kelulusan.

Tujuan diadakannya kegiatan PKL adalah agar lulusan SMK memiliki pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai di dunia kerja, meningkatkan disiplin kerja, dan memberikan penghargaan terhadap pengalaman kerja. Dengan mengikuti kegiatan PKL ini, tentunya siswa akan mendapatkan pengalaman dan juga wawasan tentang dunia kerja dan membekali siswa agar siap untuk bekerja nantinya.

RPL merupakan salah satu jurusan yang ada di SMK yang mempelajari tentang perangkat lunak. Berikut adalah ulasan mengenai PKL Jurusan RPL, beserta kegiatan yang dilakukan saat PKL.

PKL Jurusan RPL Ngapain Aja?

PKL Jurusan RPL Ngapain Aja?

Hal Yang Dipelajari Di Jurusan RPL SMK

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)merupakan salah satu jurusan yang ada di SMK yang mempelajari tentang cara-cara pengembangan perangkat lunak seperti, pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak, dan manajemen kualitas.

Jurusan RPL ini juga berkaitan dengan software komputer mulai dari pembuatan website, aplikasi, game, dan semua yang berkaitan dengan pemrograman dan bahasa pemrograman. Tentunya RPL selalu berkaitan dengan coding, desain, dan algoritma, sebagai kunci keberhasilan rekayasa perangkat lunak.

Baca Juga :  PKL SMK BDP Kabupaten Cilacap

Saat ini lulusan RPL sangat dibutuhkan di berbagai industry atau perusahaan untuk sebagai tenaga teknisi dalam bidang pengembangan software. Beberapa pekerjaan yang sesuai untuk bidang RPL yaitu:

  • software developer
  • game development
  • software tester
  • software engineering
  • software analis dan integrator
  • konsultan IT
  • programmer, dan masih banyak lagi.

Kegiatan Yang Dilakukan Saat PKL

Praktek Kerja Lapangan (PKL) penting dan wajib untuk diikuti oleh siswa SMK, dengan tujuan untuk memberikan pengalaman kerja secara langsung dan untuk memenuhi beberapa hal di sekolah agar standar kompetensi lulusan dapat tercapai.

Para siswa jurusan RPL juga akan mempraktekan secara langsung teori yang sudah mereka dapat di sekolah, agar dapat meningkatkan mutu sisswa dan sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja nantinya.

Adapun beberapa tujuan PKL menurut buku pedoman pelaksanaan prakerin (2016):

  1. Mengembangkan potensi siswa agar menjadi warga negara yang berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab.
  2. Memperkenalkan dunia kerja kepada para siswa.
  3. Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mengaplikasikan kejuruan yang diperoleh dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan di dunia kerja.
  4. Mempersiapkan lulusan yang produktif dan dapat langsung bekerja dibidangnya.
  5. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan siswa sehingga memiliki daya saing tenaga kerja di pasar global.
  6. Menumbuh kembangkan sikap disiplin siswa dalam bekerja.
  7. Mampu memilih karier, ulet dan gigih dalam beradaptasi dalam lingkungan kerja dan mengembangkan sikap professional dalam bidang keahliannya.

Dan menurut Hamalik (2001), manfaat dengan diadakannya kegiatan PKL, yaitu:

  1. Menyediakan kesempatan untuk siswa dalam melatih keterampilan manajemen dalam situasi lapangan, dengan menerapkan teori, konsep atau prinsip yang telah dipelajari di sekolah.
  2. Memberikan pengalaman praktis kepada siswa sehingga hasil penelitian bertambah luas.
  3. Siswa diberikan kesempatan memecahkan masalah manajemen di lingkungan kerja dengan kemampuannya.
  4. Menjembatani persiapan siswa untuk terjun langsung ke bidang tugasnya setelah menempuh program pelatihan PKL.
Baca Juga :  SERTIFIKAT PRAKERIN

Kegiatan PKL yang dilakukan oleh jurusan RPL, tentunya dalam setiap perusahaan akan berbeda-beda tugasnya.

Namun berikut adalah kegiatan umum yang dilakukan, yaitu sebagai berikut:

  1. Pengenalan Lingkungan Kerja – Pertama kali saat anda melakukan PKL adalah pengenalan lingkungan kerja, seperti mengenal terlebih dahulu kegiatan yang akan anda lakukan.
  2. Selanjutnya, pada bulan pertama biasanya siswa akan diberi pelatihan, yang meliputi pengembangan game atau Flutter Development. Dan setelah mengikuti pelatihan siswa juga akan diberi sertifikat kompetensi.
  3. Setelah mendapatkan pelatihan, siswa akan diberi proyek yang merupakan bagian dari Project Based Learning sehingga siswa akan mendapat pengalaman kerja sekaligus portofolio.

Penutup

PKL dilakukan kurang lebih 3 bulan dan paling lama 6 bulan, tergantung oleh SMK masing-masing. Biasanya diikuti oleh siswa kelas 11 karena merupakan syarat kenaikan kelas dan siswa kelas 12 sebagai pelengkap kelulusan.

Itulah ulasan mengenai PKL SMK Jurusan RPL, beserta kegiatan yang dilakukan saat PKL. Semoga dapat membantu dan memberikan informasi kepada para pembaca, terutama untuk anda yang akan melaksanakan PKL semoga bisa sebagai bahan untuk mempersiapkan hal-hal dasar dalam pelaksanaan PKL.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai jurusan RPL SMK, silahkan kunjungi artikel berikut https://pklsmk.com/smk-jurusan-rpl/

Related Article…