Perbandingan Intel dan AMD Bagus Mana?

Perbandingan Intel dan AMD Bagus Mana? – Processor merupakan komponen utama dari laptop/komputer. Memiliki fungsi yang penting untuk seluruh operasi perangkat komputer karena semua perintah dimulai dari processor.

Dengan itu, penting untuk memilih processor yang terbaik untuk mendukung pekerjaan anda. Processor memiliki beberapa jenis, dan ang akan kita bahas kali ini adalah jenis Intel dan AMD.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai kedua processor tersebut, simak artikel berikut ini. 

Pengertian Processor

Processor adalah salah satu komponen dalam laptop, komputer, daan juga smartphone. Processor juga memiliki sebutan lain yaitu CPU, yang berguna untuk menjalankan seluruh operasi perangkat elektronik.

Tujuan utama fungsi processor adalah menerima perintah, menjalankan, dan mengeluarkan hasil dari perintah.

Processor terletak tepat di tengah motherboard. Penting untuk memilih processor yang terbaik guna menunjang pekerjaan yang menggunakan laptop dan komputer, seperti menulis dan membalas e-mail, menelusuri internet, main game, dan mengolah grafis.

Fungsi processor umumnya adalah untuk mengolah perintah yang masuk kemudian dikeluarkan output pemberi perintah.

Sedangkan fungsi processor lainnya yaitu:

  1. Memastikan komputer/laptop bekerja dengan baik.
  2. Menjalankan proses informasi pada laptop/komputer.
  3. Memberikan perintah kepada komponen laptop/komputer.
  4. Menjaga performa laptop/komputer.
  5. Menunjang kegiatan laptop/komputer.
  6. Mengolah perhitungan algoritma.
  7. Menjaga stabilitas komponen laptop/komputer.
  8. Mendukung kebutuhan spesifikasi laptop/komputer.

Komponen yang ada pada Processor adalah sebagai berikut:

  1. Control Unit (CU)

Kegiatan yang ada di dalam laptop/komputer seperti input dan output.

  1. Artimatics Logical Unit (ALU)

Komponen penting dalam sebuah sistem, yang melakukan perhitungan aritmatika sesuai perintah. Digunakan supaya laptop/komputer dalam membaca instruksi dengan benar.

  1. Register Unit (RU)

Alat penyimpanan yang lebih kecil daripada memory utama yang memiliki kecepatan cukup tinggi dalam mengakses. Data yang sudah diolah oleh CU dan ALU akan disimpan pada komponen ini untuk diolah kembali.

Pengertian Intel

Processor yang paling populer dan banyak digunakan. Memiliki kelebihan yaitu lebih tahan panas, dan dilengkapi dengan turbo boost yang bisa mempercepat proses kerja pada laptop/komputer.

Intel memiliki beberapa jenis processor, yaitu:

  1. Atom

Processor yang lebih mengedepankan masa pakai baterai dan konsumsi daya rendah, dibandingkan daya pemrosesannya.

  1. Celeron

Processor yang dirancang untuk laptop/komputer kelas bawah, digunakan untuk aktivitas web dan komputasi dasar. Processor ini memiliki indicator numerik, semakin tinggi angka maka semakin banyak fiturnya. Konsumsi dayanya juga rendah.

  1. Pentium

Processor yang hemat energi yang dirancang untuk komputer desktop. Memiliki implementasi arsitektur dengan kinerja tertinggi dibandingkan atom. Terbagi menjadi dua jenis yaitu Pentinum Silver dan Pentinum Gold.

Baca Juga :  Rekomendasi Headset Gaming

Pentinum Silver ditujukan untuk perangkat berdaya rendah dan berbagi arsitektur dengan Atom dan Celeron. Sedangkan Pentinum Gold ditujukan untuk desktop tingkat pemula dan menggunakan arsitektur yang ada (Kaby Lake or Coffee Lake).

  1. Core

Processor Core memiliki 2 jenis yaitu, Processor Core asli atau i7 dan Processor Core 2 atau Duo. Angka pada processor i7 mengikuti jumlah fitur CPU, angka yang lebih tinggi menunjukkan lebih banyak fitur (cache, kecepatan jam, bus sisi depan, atau teknologi lainnya).

Sedangkan processor duo merupakan processor multi-core, dimana memiliki sejumlah indicator huruf yang menunjukkan processor yang berbeda.

  1. Xeon dan Itanium

Processor yang dirancang untuk berbagai aplikasi server, terutama untuk aplikasi server tingkat menengah.

Pengertian AMD

Salah satu saingan terbesar dari processor intel, tetapi processor ini lebih banyak diminati oleh pengguna gamers, karena sudah dilengkapi dengan Graphic Card atau VGA ATi Radeon.

Perbandingan Intel dan AMD Bagus Mana?

Perbandingan Intel dan AMD Bagus Mana?

Jenis-jenis processor AMD, sebagai berikut:

  1. AMD K5

Processor pertama yang dikeluarkan AMD. Didukung oleh adanya motherboard, seperti processor buatan intel yang lebih dahulu dibuat.

  1. AMD K6

Processor jenis ini bisa digunakan pada semua motherboard yang mendukung processor intel. Processor ini pun bisa menyaingi kinerja processor intel karena dengan kecepatan kinerjanya.

  1. AMD Duron

Processornya lebih unggul dan lebih ekonomis karena harganya relative lebih murah dibanding processor lain.

  1. AMD Althon

Jenis processor yang paling diunggulkan dibanding jenis processor AMD yang lain, karena bisa dijadikan sebagai multiprocessor yang didukung dengan adanya chipset AMD 750 MP dan AMD 760 MPX yang bisa ditanam didalam satu komputer.

Memiliki 2 jenis varian yaitu AMD Althon 64 dan AMD Althon 64 FX.

  1. AMD Sempron

Jenis processor yang dibuat untuk menggantikan jenis processor AMD Duron. Mempunyai dua jenis varian yaitu AMD Sempron Soket A dan AMD Sempron Soket 754.

  1. AMD 64 X2 Dual Core

Berbasis teknologi 64 bit, guna untuk memenuhi media digital yang membutuhkan intensitas tinggi.

  1. AMP Opteron

Memiliki kinerja yang unggul, bisa dilihat dari tiap watt yang digunakan seperti performance/watt.

  1. AMD Phenom

Diluncurkan bersamaan dengan dua jenis processor AMD PhenomII X6 lainnya yaitu 1055T dan 1090T. Menggunakan chipset jenis baru yakni 890GX/FX.

  1. AMD Cadiz

Processor ini dibagi menjadi beberapa jenis varian seperti, 4 Core, Shared L2 Cache, DDR2/3, dan Hyper Transport3.

  1. AMD Turion

Memiliki kemampuan 64 bit dengan hemat daya yang lebih baik. Terbagi menjadi beberapa jenis varian yaitu, AMD Turion 64 X2 Ultra, AMD Turion Ultra II, Turion II, AMD Zamora, AMD Greyhound, dan AMD Quad Core.

Baca Juga :  Perbandingan Intel dan AMD

Keunggulan dari masing-masing Processor

Intel telah memproduksi processor lebih awal dibandingkan dengan processor AMD. Bahkan intel lah yang mempelopori penggunaan processor bagi laptop/komputer. Walaupun begitu, bukan berarti AMD kalah bagus dari intel.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari masing-masing processor:

  1. Arsitektur Processor

Desain dari Intel dan AMD berbeda. AMD menggunakan desai memori controller yang terintegrasi dalam processor sehingga jalur data dari processor ke chipset lebih singkat.

Sedangkan Intel sendiri menggunakan desain baru dari generasi Core i7 yang menggunakan memory internal processor.

AMD lebih unggul dalam mentransfer file lebih cepat, tetapi untuk internal memory Intel lebih unggul sehingga bisa untuk aplikasi ultithread.

  1. Kecepatan

Jika dilihat dari kecepatannya, processor Intel diklaim jauh lebih cepat dan lebih baik dibandingkan processor AMD.

  1. Grafis Game

Jika dilihat dari grafis game atau kekuatan processor untuk lancer bermain game, AMD terbukti jauh lebih kuat dan unggul. Processor AMD mampu bertahan di posisi semula tanpa mengurangi performa walau suhu laptop meningkat.

  1. Daily Use

Banyak orang berpendapat bahwa untuk penggunaan sehari-hari, processor AMD lebih cocok untuk gaming karena AMD mentransfer data dengan cepat, sedangkan processor Intel lebih cocok untuk aplikasi berat karena Intel unggul dalam kapasitas memory internalnya lebih besar.

  1. Manajemen Suhu

Intel diklaim jauh lebih baik dalam sisi manajemen suhu, karena penyesuaian suhu sudah dilakukan secara otomatis. Processor intel juga tidak menyebabkan laptop menjadi panas, tidak seperti AMD yang terkenal panas.

Namun untuk jenis processor AMD Ryzen tidak lagi menyebabkan panas. Sehingga untuk hal ini Intel dan AMD bisa dibilang hamper imbang.

  1. Multimedia

Dilihat dari sisi multimedia, processor intel jauh lebih unggul dibanding AMD, karena gambar yang dihasilkan oleh processor intel jauh lebih tajam dan jelas.

  1. Virus

Untuk mendeteksi virus, processor AMD jauh lebih unggul, karena processor AMD sudah dilengkapi dengan teknologi yang efektif untuk mendeteksi virus. Sedangkan processor Intel belum mempunyai teknologi seperti processor AMD ini.

Jadi bisa disimpulkan bahwa processor AMD lebih unggul dalam hal mendeteksi virus.

  1. Harga

Kedua processor ini memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan. Pada saat ini, laptop//komputer yang menggunakan processor Intel sedikit lebih mahal dibanding yang menggunakan processor AMD.

Jadi hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda, jika anda ingin membeli dengan harga murah tetapi spesifikasi tinggi anda bisa memilih laptop/komputer yang menggunakan processor AMD, tetapi jika anda ingin membeli laptop/komputer dengan performa multimedia yang baik maka pilih yang menggunakan processor Intel. 

Demikian artikel mengenai perbandingan antara processor Intel dan AMD. Semoga dapat membantu dan memberikan informasi kepada para pembaca.

Related Article…