Berbisnis Melalui YouTube

Berbisnis Melalui YouTube – Pada zaman sekarang, aplikasi youtube terbilang sangat berpengaruh dalam kehidupan. Terutama untuk anda yang mempunyai bisnis online dan bisnis offline. Youtube merupakan salah satu aplikasi yang sering dan banyak digunakan untuk mempromosikan suatu produk.

Hal tersebut karena, video adalah konten yang bentuknya lebih menarik. Jadi tidak heran jika banyak yang mencari informasi dan mencari produk melalui video youtube.

Tetapi kini masih banyak juga orang yang ragu dengan pentingnya aplikasi youtube bila diterapkan ke bisnis.

Untuk penjelasan lengkap mengenai pentingnya berbisnis melalui youtube. Simak ulasan berikut.

Berbisnis Melalui YouTube

Berbisnis Melalui YouTube

Mengapa YouTube Sangat Penting Untuk Bisnis?

Yang menjadi alasan bahwa youtube sangat penting dalam dunia bisnis, yaitu dengan aplikasi youtube bisa memperkenalkan brand yang anda pasarkan. Dengan cara anda bisa membuat video produk sebagai sarana promosinya.

Sudah cukup banyak pebisnis yang mulai menerapkan cara ini agar lebih dikenal dengan masyarakat. Karena youtube banyak digunakan dan akan terus digunakan.

Dengan youtube anda juga bisa menjangkau pasar dengan lebih luas, seperti anda rutin untuk membuat konten video di youtube.

Konten video tersebut bisa berisi tentang keunggulan, keunikan, dan kelebihan produk agar masyarakat lebih tertarik dengan konten yang anda buat.

Atau juga bisa membuat video edukasi seputar bisnis, disertai dengan deskripsi bisnis, produk yang dipasarkan, dan tutorial penggunaannya.

Youtube merupakan sarana promosi yang efektif, karena aplikasi tersebut berada di posisi kedua dalam pemegang peranan penting sebagai search engine.

Mempromosikan produk di youtube tidak hanya berdampak pada traffic penjualan saja, tetapi anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari youtube.

Baca Juga :  Mau Beli Keyboard Mechanical? Yuk Kita Ulas Sebelum Beli

Dengan semakin banyak konten video menarik yang anda unggah, maka keuntunganmu akan berlipat.

Melalui youtube, anda juga bisa membagikan konten ke media sosial lainnya yang terhubung. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk anda yang ingin brand yang anda pasarkan menjadi banyak dikenal masyarakat.

Untuk membagikan koten, anda juga harus memperhatikannya, karena ada beberapa konten yang tidak bisa dibagikan karena beberapa alasan seperti takut diplagiat.

Dengan rutin mengunggah video youtube, bisa memberikan kemampuan public speaking dan editing anda semakin terus meningkat, karena public speaking yang baik dan juga editing yang menarik bisa meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk melihat video yang anda unggah.

Bagaimana Cara Berbisnis di YouTube

Di aplikasi youtube anda bisa menghasilkan uang dengan cara mendaftar ke program partner youtube. Anda juga bisa mendapatkan bonus shorts sebagai bagian dari pendanaan youtube shorts tanpa mengikuti program partner youtube.

Namun ada beberapa catatan yang harus anda ketahui yaitu, youtube tidak akan memberi tahu konten apa saja yang boleh dibuat di youtube, tetapi youtube memiliki tanggung jawab untuk melakukan hayl yang benar, demi penonton, kreator, dan pengiklan.

Jika tergabung dengan program partner youtube, anda bisa menghasilkan uang melalui video youtube yang anda buat. Dan akan mendapatkan standar yang lebih tinggi untuk youtube anda.

Channel anda tidak perlu dimonetisasi di youtube agar memenuhi syarat untuk pendanaan youtube shorts.

Dan kreator yang tergabung dalam program partner youtube merupakan bagian dari jaringan multi channel (MCN). Anda juga berkewajiban membayar pajak atas penghasilan dari youtube.

Berikut fitur yang bisa digunakan:

  • Pendapatan Iklan: Dapatkan pendapatan iklan dari iklan display, overlay, dan video.
  • Langganan Channel: Subscribers anda bisa melakukan pembayaran bulanan dengan imbalan berupa keuntungan khusus yang anda tawarkan.
  • Shopping: Subscribers anda dapat menelusuri dan membeli produk dari toko anda di youtube.
  • Super Chat dan Super Stickers: Subscribers anda dapat membayar agar pesan atau gambar animasi di streaming chat ditandai.
  • Super Thanks: Subscribers anda dapat membayar agar pesannya di komentas video youtube anda dapat ditandai.
  • Pendapatan youtube premium: Dapatkan bagian dari biaya langganan youtube premium saat pelanggan menonton konten anda.
Baca Juga :  Power Supply Pada Komputer

Setiap fitur memiliki jumlah dan persyaratan kelayakan masing-masing, selain persyaratan jumlah Subscribers dan jumlah penayangan.

Jika tinjauan menganggap bahwa channel dan video anda tidak memenuhi syarat, beberapa fitur mungkin tidak tersedia.

Bagaimana Cara Membuat Akun YouTube yang Dapat Menghasilkan Uang?

Akun bisnis merupakan akun khusus yang dibuat untuk brand anda. Akun ini berbeda dengan akun google pribadi.

Hubungkan channel youtube ke akun bisnis, jika:

  1. Ingin menggunakan nama lain di youtube yang berbeda dari akun google anda
  2. Ingin memberi akses kepada orang lain ke channel youtube, tetapi tidak ke akun google anda.
  3. Tidak ingin penonton melihat nama dan alamat email anda. Dan tidak ada asosiasi publik antara akun google anda dengan akun bisnis.
  4. Ingin mengelola eberapa channel dari satu akun. Hal ini membantu jika anda memiliki lebih dari satu channel youtube.

Cara membuat akun bisnis:

  1. Periksalah apakah anda sudah memiliki akun bisnis atau belum.
  2. Login ke youtube.
  3. Buka daftar channel.
  4. Klik buat channel baru.
  5. Lalu, isiskan detailnya untuk memberi nama akun bisnis dan verifikasi akun anda.
  6. Klik buat, dan akun bisnis anda selesai dibuat.

Itu dia penjelasan mengenai pentingnya berbisnis melalui youtube. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat dan informasi kepada para pembaca.

Related Article…