5 Rekomendasi Keyboard Mechanical Dibawah 1 Juta

5 Rekomendasi Keyboard Mechanical Dibawah 1 Juta – Keyboard adalah salah satu perangkat komputer/PC yang paling penting, khususnya bagi para pecinta game. Ada dua jenis keyboard yang paling sering ditemui, yaitu keyboard membrane dan keyboard mechanical.

Keyboard mechanical merupakan keyboard yang sering digunakan oleh para pecinta game (gamers), karena memiliki spesifikasi yang lebih awet dan kokoh. Dengan kualitas yang lebih bagus ini membuat harganya relatif lebih mahal. Tetapi untuk penggunaannya memang keyboard mechanical punya stamina yang lebih baik dan jika digunakan untuk mengetik tidak akan lelah.

Berikut ulasan 5 rekomendasi keyboard mechanical dibawah 1 juta beserta dengan spesifikasi yang dimilikinya.

Pengertian Keyboard Mechanical

Keyboard Mechanical memiliki fungsi yang sama dengan jenis keyboard lainnya, yakni untuk papan ketik. Namun, jenis keyboard ini memiliki fitur dan spesifikasi yang lebih unggul karena pengguna akan lebih nyaman jika menggunakannya. Dengan kualitasnya yang lebih unggul, menjadikan harga dari keyboard mechanical ini relatif mahal.

Keyboard ini menyediakan beberapa inovasi yang akan memberikan kenyamanan ekstra dengan sistem kawat dan pegas yang memungkinkan pengguna keyboard untuk menekannya sedikit saja dan tidak perlu tekanan kasar. Itulah alasan mengapa keyboard jenis mechanical ini lebih cocok untuk kebutuhan bermain game, menulis artikel dan menulis dokumen.

Berikut adalah alasan mengapa keyboard mechanical harus dimiliki oleh para gamers dan jurnalis:

  1. Tahan Lama

Memiliki durability atau ketahanan lebih lama dibandingkan dengan keyboard jenis membrane, karena keyboard mechanical dapat bertahan dengan 50 juta kali klik, jadi keyboard ini akan awet bertahun-tahun.

  1. Nyaman dan Mencegah Resiko RSI

RSI (Repetitive Strain Injury) atau yang dikenal dengan rasa nyeri yang dating berkali-kali, dan dengan keyboard mechanical ini akan memberikan rasa nyeri dan keram berkurang. Dikarenakan dengan bentuk tombol yang sedikit melengkung dan cocok untuk setiap jari serta untuk mengetik tidak membutuhkan banyak tenaga untuk menekannya.

  1. Meminimalisir Ghosting

Keyboard mechanical ini bersifat individual dan memudahkan untuk menekan tombol bersamaan, sehingga tidak ada lagi ghosting saat menekan 2-5 tombol bersamaan.

  1. Mudah Perawatannya
Baca Juga :  Mau Beli Keyboard Mechanical? Ini Dia Jenis dan Perbedaannya

Untuk perawatan keyboard mechanical sangat mudah karena keycaps dapat dilepas satu persatu sehingga debu akan gampang dibersihkan.

  1. Suara Ketikan Yang Enak Didengar

Suara ketikan pada keyboard mechanical jauh lebih keras dibandingkan keyboard membrane. Suara dari keyboard mechanical sama dengan suara mesin ketik zaman dulu.

  1. Modelnya Lebih Trendy

Keyboard mechanical lebih trendy karena keycapsnya bisa diganti sesuai keinginan dengan banyak model, seperti model polos dan model bewarna (Hello Kitty, Marvel, Minion) dan masih banyak lagi. 

Jenis-jenis Keyboard Mechanical

Dibawah ini merupakan 4 jenis keyboard mechanical:

  1. Cherry MX Black Switches

Jenis keyboard ini memiliki tombol yang terasa berat saat ditekan. Suara yang dihasilkan halus sehingga cocok untuk digunakan yang ingin mengurangi kebisingan.

  1. Cherry MX Blue Switches

Jenis keyboard yang satu ini memberi feel tactile dan clickly, sehingga saat digunakan akan terasa sensasi menggunakan ujung pulpen saat ditekan. Suara yang dihasilkan juga cukup keras jadi cocok untuk anda yang menikmati suara.

  1. Cherry MX Brown Switches

Jenis ini memiliki karakteristik yang berada ditengah-tengah di antara beberapa jenis keyboard mechanical yang lain. Suara dari keyboard ini tidak terlalu bising namun untuk tombolnya terasa cukup berat.

  1. Cherry MX Red Switches

Keyboard jenis ini memiliki suara cukup halus dan tenang saat digunakan. Untuk tekanan tombol juga tidak berat, cukup dengan sedikit sentuhan, input sudah masuk. Keyboard ini cocok untuk anda yang memiliki jari kecil dan suka ketenangan saat bermain game ataupun mengetik karena suara yang dihasilkan halus.

5 Rekomendasi Keyboard Mechanical Dibawah 1 Juta

Untuk anda yang ingin membeli atau ingin memulai menggunakan mechanical keyboard.

Berikut adalah 5 rekomendasi keyboard mechanical dibawah 1 juta:

  1. Vortex VX5

Memiliki ukuran keyboard 60%, menjadikan keyboard vortex ini  lebih kecil dibanding ukuran keyboard lainnya. Keyboard ini juga memiliki backlight RGB yang bisa diatur, karena tersedianya aplikasi yang bisa digunakan untuk mengatur kombinasi warna lampu.

Baca Juga :  Tentang Motherboard Dan Kegunaannya

Karakteristik yang menarik dari keyboard ini ialah tersedianya dua port USB di bagian depan, dan kemampuannya untuk melepas pasang switch tanpa harus menggunakan solder. Untuk harga dari keyboard ini relatif murah yakni Rp 350.000.

5 Rekomendasi Keyboard Mechanical Dibawah 1 Juta

5 Rekomendasi Keyboard Mechanical Dibawah 1 Juta

  1. Koodo Beast PRO

Memiliki fitur yang menarik, seperti adanya koneksi Bluetooth, bentuk model TKL (Tenless Key) yang artinya tanpa tombol numerik, serta switch Gateron. Terdapat port USB di bagian depan keyboard, yang bisa menggantikan port USB yang ada di PC.

Keyboard ini juga memiliki lighting RGB dan tomboll scroll yang berfungsi untuk mengatur volume suara dan fungsi lain dengan aplikasi yang sedang digunakan.

5 Rekomendasi Keyboard Mechanical Dibawah 1 Juta

5 Rekomendasi Keyboard Mechanical Dibawah 1 Juta

  1. Royal Kludge RK61

Memiliki ukuran keyboard 60%, memiliki fitur Bluetooth yang bisa disambungkan ke tiga perangkat berbeda sekaligus yang mendukung sistem iOS, android dan Windows.

Keyboard ini sangat cocok untuk anda yang sering berpergian dan menggunakan Handphone atau tablet untuk mengetik, karena ukuran keyboard yang kecil.

Untuk kapasitas baterai mencapai 800 mAh yang digunakan mengetik dalam waktu lama. Keyboard ini bisa ditemukan di sejumlah took dengan harga Rp 800.000 an saja.

5 Rekomendasi Keyboard Mechanical Dibawah 1 Juta

5 Rekomendasi Keyboard Mechanical Dibawah 1 Juta

  1. Vortex VX87

Berbeda dengan jenis VX5, jenis VX87 ini memiliki dukungan yang bisa menggunakan hampir semua merek switch seperti Cherry MX, Gateron, Kailh, dan Outemu.

Keyboard ini cocok untuk permulaan bagi anda yang mau mulai mencoba menggunakan keyboard mechanical. Dijual dengan harga yang terjangkau yaitu Rp 500.000 an.

5 Rekomendasi Keyboard Mechanical Dibawah 1 Juta

5 Rekomendasi Keyboard Mechanical Dibawah 1 Juta

  1. Digital Alliance Meca Sport

Memiliki bentuk 60% yang sekilas mirip dengan Vortex VX5. Switchnya juga menggunakan berbagai varian warna seperti Blue, Red, dan Brown. Untuk harga jual dari keyboard ini sedikit lebih mahal dari Vortex VX5 yakni Rp 400.000 an.

5 Rekomendasi Keyboard Mechanical Dibawah 1 Juta

5 Rekomendasi Keyboard Mechanical Dibawah 1 Juta

Itulah beberapa rekomendasi keyboard mechanical dengan harga dibawa 1 juta beserta spesifikasinya yang bisa dijadikan referensi untuk anda yang ingin membeli keyboard jenis mechanical ini.

Semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan manfaat kepada pembaca.

Related Article…