Mengenal Hardisk Eksternal

Mengenal Hardisk Eksternal – Bagi pengguna laptop atau PC tentu sudah tidak asing dengan istilah hardisk. Hardisk merupakan perangkat yang digunakan untuk menyimpan data pada laptop atau PC.

Pada saat ini, ada dua jenis hardisk yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, ayitu hardisk eksternal dan hardisk internal. Keduanya memiliki fungsi yang hampir untuk menyimpan data. Bedanya, hardisk eksternal portable sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai hardisk eksternal dan hardisk internal. Simak ulasan beriku:

Mengenal Hardisk Eksternal

Mengenal Hardisk Eksternal

Pengertian Hardisk

Hardisk adalah komponen perangkat keras yang digunakan untukmenyimpan semua konten digital. Dokumen seperti foto, musik, video, program, preferensi aplikasi, dan sistem operasi maupun konten digital tersimpan di hardisk.

Hardisk dapat berupa hardisk eksternal dan internal. Selain itu hardisk yang sering disebut dengan HDD ini adalah perangkat penyimpanan data non-volatile, yang berarti perangkat penyimpanan akan tetap mempertahankan data yang tersimpan meskipun perangkat utama dimatikan.

Semua konten digital dapat disimpan di hardisk dan diukur berdasarkan ukuran file. Dokumen biasanya berukuran sangat kecil, sedangkan foto berkukuran besar, musik berukuran lebih besar, dan video merupakan ukuran file terbesar.  Ukuran file digital dalam satuan megabyte (MB), gigabyte (GB), dan terabyte (TB)

Hardisk juga dapat diartikan sebagai media penyimpanan yang didesain untuk digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar.

Fungsi hardisk, yaitu:

  1. Untuk menyimpan data software, agar software tersebut dapat dibuka dan dijalankan pada perangkat komputer.
  2. Sebagai sarana backup website dan file komputer. Karena kapasitas penyimpanan hardisk besar, sehingga cocok dijadikan backup. Dan jika perangkat komputer rusak, file yang ada di hardisk akan tetap aman dan tetap bisa diakses.
  3. Digunakan sebagai tempat penyimpanan database pada komputer server. Untuk menyimpan database diperlukan hardisk dengan kapasitas yang tinggi agar tidak terjadi masalah saat pengambilan data nantinya.
  4. Sebagai tempat menyimpan data dari OS. Semua Windows maupun IOS pasti membutuhkan hardisk untuk mengoperasikan komputer. Maka dari itu, hardisk juga berfungsi untuk menginstall OS.
  5. Digunakan untuk menyimpan berbagai file, bisa dalam bentuk doc, pdf, mp3,mp4, dan lain-lain.
Baca Juga :  5 Aplikasi Remote TV Terbaik di HP Android

Pengertian Hardisk Eksternal dan Perbedaannya Dengan Hardisk Internal

Hardisk Ekternal

Merupakan media penyimpanan portable yang memiliki kapasitas besar, sehingga bisa digunakan kapan saja dan hanya dengan menghubungkan kabel USB pada PC atau laptop.

Ada banyak hardisk eksternal yang bisa digunakan dan hardisk eksternal ini bisa digunakan untuk menyimpan dokumen, gambar, musik, dan video.

Kapasitas data yang dibutuhkan untuk penyimpanan dokumen dalam bentuk tulisan tentu sangat kecil, untuk gambar besar, dan untuk penyimpanan musik dan video jauh lebih besar.

Kapasitas daya yang dibutuhkan sangat besar sehingga hardisk eksternal bisa berkurang kapasitasnya jika sering digunakan untuk menyimpan video.

Hardisk Internal

merupakan perangkat penyimpanan dan pengambilan data digital dengan cepat menggunakan cakram berputar.

Hardisk internal akan menyimpan data secara permanen sekalipun komputer atau PC dimatikan. Hardware yang ada pada hardisk internal berupa cakram yang berputar dengan cepat untuk menulis sekaligus membaca data.

Hardisk internal memiliki karakteristik pada kecepatan maupun kapasitasnya yang semakin besar, namun harganya semakin murah. Namun kini sudah sangat banyak perkembangan teknologi untuk penyimpanan memory yang lebih canggih.

Baca Juga :  Keunggulan SSD dibandingkan HDD

Kelebihan Hardisk Eksternal

Kedua jenis hardisk eksternal dan internal tersebut memiliki perbedaan. Hardisk internal memiliki bentuk fisik yang jauh lebih besar dibanding dengan hardisk eksternal.

JIka pada hardisk eksternal kecepatannya bisa dibilang tidak lebih cepat dari hardisk internal yang sangat cepat.

Pada hardisk eksternal juga membutuhkan power supply yang dihubungkan dengan menggunakan tegangan listrik. Dan hardisk internal memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibanding hardisk eksternal, sehingga tidak bisa dibawa kemana-mana.

Banyak orang yang sering menggunakan hardisk esternal untuk membantu pekerjaan mereka karena mobilitas yang cukup tinggi dan praktis, karena tidak memerlukan media penyimpanan tertentu.

Membantu anda dapat bekerja dengan mudah, apalagi jika data memerlukan tempat penyimpanan yang tepat. Tetapi harus diperhatikan juga dan harus menghindari beberapa file yang mengandung virus.

Hal tersebut bisa dicegah dengan mengscan hardisk tersebut terutama USB sebelum digunakan untuk menyimpan data.

Namun, hardisk eksternal memiliki kelemahan, yaitu jika hardsik tersebt terformat maka semua data yang disimpan akan hilang. Maka anda ahrus berhati-hati saat menggunakannya agar tidak terformat.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kelebihan dari hardisk, yaitu:

  1. Dapat dibawa kemana-mana dan digunakan dengan praktis.
  2. Kapasitasnya cenderung besar, sehingga dapat digunakan untuk menyimpan jenis file apapun.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai hardisk, mulai dari pengertian hardisk secara umum, pengertian hardisk eksternal dan hardisk internal, serta kelebihan dari hardisk eksternal dibandingkan hardisk internal.

Semoga artikel ini dapat membantu dan memberi informasi kepada pembaca. Dan bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk anda yang berniat untuk membeli hardisk, anda bisa menyesuaikannnya dengan kebutuhan anda.

Related Article…