Teknologi IPS Pada Layar Monitor. Yuk Kita Bahas

Teknologi IPS Pada Layar Monitor. Yuk Kita Bahas – Jika membahas tentang komputer, pasti anda akan mendengar istilah monitor. Tanpa adanya monitor, sebuah PC akan cenderung sulit untuk digunakan, kecuali jika dihubungkan dengan perangkat output lain, seperti proyektor, ohp dan jenis lainnya.

Monitor sendiri dikenal sebagai perangkat yang memvisualisasikan data dari komputer. Perangkat ini adalah penghubung interaksi manusia dengan perangkat komputer. Memiliki monitor terbaik pastinya jadi prioritas untuk anda yang memiliki rutinitas didepan komputer.

Dan monitor yang akan kita bahas kali ini adalah layar monitor dengan teknologi IPS. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai teknologi IPS, simak ulasan berikut ini.

Pengertian Monitor

Monitor merupakan perangkat keras (hardware) yang fungsinya untuk menampilkan hasil proses dari PC dalam bentuk teks, gambar, dan video. Monitor sendiri berperan sebagai perangkat output penyusun sebuah PC, karena PC takkan bisa digunakan jika tidak ada monitor.

Biasanya monitor PC memiliki resolusi yang beragam untuk mendukung tampilan grafis, dan yang biasa digunakan adalah monitor yang memiliki resolusi (jumlah satuan pixel dalam dimensi lebar x tinggi pada layar monitor) mulai dari 1280 x 800, 1366 x 768, 1920 x 1080, atau bahkan lebih.

Fungsi Monitor

Fungsi utama dari monitor adalah sebagai media output data hasil proses baik teks, gambar, dan video. Semua monitor memiliki resolusi yang berbeda-beda dalam menampilkan gambar yang dihasilkan dari perangkat proses.

Monitor juga memiliki peran penting di berbagai sector kehidupan, karena saat anda memasukkan perintah melalui keyboard berupa huruf dan angka, lalu PC memberikan respon dengan menampilkan pada layar monitor.

Pengertian Teknologi IPS Pada Monitor

IPS merupakan singkatan dari In-plane Switching, merupakan teknologi layar untuk display kristal cair atau LCD. Dirancang khusus untuk mengatasi keterbatasan utama dalam urusan sudut pandang yang biasanya hadir pada teknologi layar twisted nematic (TN). Panel IPS unu merupakan panel yang paling banyak digunakan pada perangkat elektronik.

Baca Juga :  Mau Beli Keyboard Mechanical? Ini Dia Jenis dan Perbedaannya

Panel IPS memberikan kualitas gambar yang baik, sudut pandang yang cenderung luas serta akurasi warnanya tajam. Dengan kualitas yang dimiliki, penggunaan panel IPS ini direkomendasikan pada kegiatan pengolahan gambar dan video pada perangkat elektronik, dan cocok untuk anda yang bekerja di bidang editing gambar maupun video.

Ada beberapa kelebihan pada monitor dengan teknologi IPS, yaitu:

  1. Viewing Angle (Sudut Pandang Lebih Baik)

Memiliki fitur sudut pandang yang lebih baik dibandingkan dengan panel TN (Twisted Nematik). Anda dapat meilhat panel IPS dari sudut yang jauh leih dangkal dan dapat meilhat apa yang ada di layar tanpa adanya degradasi warna yang signifikan.

  1. Warna Yang Lebih Tajam

Panel IPS ini menghadirkan reproduksi warna yang lebih baik., karena memiliki kmampuan yang lebih terkontrol dan tepat untuk mengelola cahaya yang melewatinya.

  1. Pilihan Kontras Yang Lebih Baik

Memiliki nilai kontras yang baik, lebih baik dari panel TN, namun lebih rendah dibanding panel VA.

Berikut adalah kekurangan dari teknologi layar IPS:

  1. Waktu Respon Tidak Terlalu Cepat

Monitor untuk gaming pastinya membutuhkan monitor yang memiliki waktu respon yang sangat cepat. Namun panel IPS ini tidak terlalu cepat dibanding panel TN yang dianggap memiliki respon tercepat.

  1. Harga

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan panel IPS ini, tidak heran jika harganya sedikit lebih tinggi, dan hal ini bisa menjadi faktor kekurangan panel IPS.

  1. Konsumsi Listrik

Konsumsi listrik yang dihasilkan panel IPS memang tidak terlalu besar, tetapi jika dibandingkan dengan panel TN memiliki lebih kecil konsumsi listriknya, dengan tingkat perbedaan sekitar 15%.

Jika anda membutuhkan layar monitor yang sempurna, maka pilihan monitor dengan teknologi IPS ini sangat ideal, terutama untuk anda yang bekerja dibidang desain yang menbutuhkan tingkat warna yang cukup tajam.

Rekomendasi Monitor IPS 1 Jutaan

Saat ini hadir beberapa rekomendasi monitor 1 jutaan dengan spesifikasi yang mumpuni untuk kebutuhan anda, berikut diantaranya:

  1. Monitor Lenovo ThinkVision S22e-19

Dibandrol dengan harga sekitar Rp 1.700.000, memiliki spesifikasi yang ideal untuk segala kebutuhan anda, karena mampu menampilkan kualitas gambar yang lebih jelas dan jernih. Memiliki Keunggulan:

  • Dilengkapi layar flickr free sehingga dapat mengurangi gerakan kabur pada video yang bergerak cepat
  • Terdapat opsi konektivitas serbaguna
  • Tersertifikasi TUV Low Blue Light
  • Memiliki penyangga miring yang dapat dilepas untuk mode kerja yang nyaman.
Teknologi IPS Pada Layar Monitor. Yuk Kita Bahas

Teknologi IPS Pada Layar Monitor. Yuk Kita Bahas

  1. Monitor LG 24MK600M
Baca Juga :  Hardware Yang Harus Di Beli Untuk Merakit PC

Monitor ini dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp 1.000.000 saja. Dengan Keunggulan:

  • Memiliki tampilan warna yang mampu memanjakan mata anda
  • Cocok untuk keperluan menonton TV, editing, dan gaming
  • Memiliki resolusi 1920 x 1080 piksel dengan viewing angle hingga 178 derajat.
  • Dilengkapi dengan konektifitas layar yang lengkap meliputi dual HDMI port, satu D-Sub In, slot power adapter, serta audio jack 5mm.
  • Permukaan layar pada monitor ini juga non-glossy sehingga tidak memantulkan bayangan dan cahaya yang membuat mata sakit.
Teknologi IPS Pada Layar Monitor. Yuk Kita Bahas

Teknologi IPS Pada Layar Monitor. Yuk Kita Bahas

  1. Monitor MSI Pro MP242

Dilengkapi dengan speaker bawaan, sehingga anda tidak perlu lagi membeli pengadaan audio external. Monitor ini dijual dengan harga Rp 1.800.000. Dengan Keunggulan:

  • Memiliki ukuran layar yang kecil 23.8 untuk penempatan built in speaker
  • Resolusi yang dihasilkan juga tajam melalui teknologi full HD dengan panel IPS LCD
  • Responsibiltasnya juga cukup cepat
  • Dan dilengkapi juga dengan antiglare untuk mengurangi pantulan cahaya.
Teknologi IPS Pada Layar Monitor. Yuk Kita Bahas

Teknologi IPS Pada Layar Monitor. Yuk Kita Bahas

  1. Monitor Acer KA242Y

Monitor ini didukung dengan adanya AMD FreeSync, sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan kantor dan cocok juga untuk bermain game. Dibandrol dengan harga Rp 1.600.000. Dengan Keunggulan:

  • Memiliki resolusi full HD dan ukuran layar 23,8 inch
  • Memiliki 2 buah port yaitu HDMI dan D-Sub untuk VGA.
Teknologi IPS Pada Layar Monitor. Yuk Kita Bahas

Teknologi IPS Pada Layar Monitor. Yuk Kita Bahas

  1. Monitor SPC Pro SM-24

Dengan dibandrol harga Rp 1.450.000, monitor ini memiliki beberapa keunggulan seperti:

  • Menggunakan teknologi IPS LCD dengan layar 24 inch dengan resolusi Full HD
  • Response time yang diberikan cukup cepat, yaitu 3 ms dengan refresh rate 75 Hz
  • Memiliki pencahayaan yang diberikan sebesar 230cd/m2 sehingga tidak membuat mata anda sakit.
  • Monitor ini merupakan teknologi dari tangan anak bangsa.
Teknologi IPS Pada Layar Monitor. Yuk Kita Bahas

Teknologi IPS Pada Layar Monitor. Yuk Kita Bahas

 

Itulah penjelasan mengenai teknologi IPS pada monitor, mulai dari pengertian dan fungsi monitor, pengertian teknologi IPS, dan rekomendasi monitor IPS murah.

Semoga dapat membantu dan bermanfaat terutama untuk anda yang sedang berencana untuk membeli sebuah monitor dengan teknologi IPS.

Related Article…