10 Monitor yang cocok untuk Desain Grafis dan Editing Video

10 Monitor yang cocok untuk Desain Grafis dan Editing Video – Apakah kalian sedang cari monitor untuk desain grafis dan editing video?

Jika iya, kali ini kita akan membahasnya secara mendalam mengenai 10 monitor yang cocok untuk keperluan desain grafis dan editing video.

Untuk penjelasan lebih lanjutnya, anda bisa simak artikel ini sampai akhir ya!!

Pengertian monitor

Apa itu monitor?

Monitor adalah salah satu jenis perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk menampilkan hasil proses pada komputer dalam bentuk gambar. Gambar yang ditampilkan adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Dalam hal ini, monitor bertindak sebagai perangkat output, penyusun sebuah komputer dan komputer tidak dapat digunakan tanpa monitor.

Jenis-jenis monitor

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas soal jenis-jenis monitor.

Apa saja jenis-jenis monitor?

Untuk jawabannya, Anda bisa langsung saja simak penjelasannya berikut ini!.

Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis monitor, diantaranya :

1. Monitor LCD

Monitor LCD (Liquid Crystal Display) merupakan salah satu jenis media tampilan dengan kristal cair sebagai penampil utama. LCD telah digunakan dalam berbagai bidang, misalnya pada perangkat elektronik seperti televisi, kalkulator ataupun layar komputer. LCD kini menjadi jenis tampilan yang dominan untuk komputer meja maupun notebook karena membutuhkan daya listrik yang rendah, tipis, menghasilkan lebih sedikit panas, dan memiliki resolusi tinggi.

Baca Juga :  5 Rekomendasi Speaker Laptop/PC Di Bawah 1 Juta

10 Monitor yang cocok untuk Desain Grafis dan Editing Video

Pada LCD berwarna, terdapat banyak titik cahaya (piksel) yang terdiri dari kristal cair sebagai titik cahaya. Meskipun disebut titik cahaya, kristal cair ini tidak dapat memancarkan cahaya dengan sendirinya. Sumber cahaya dalam perangkat LCD adalah lampu neon (sekarang lampu LED) di bagian belakang susunan kristal cair.

2. Monitor Plasma

Monitor plasma adalah tipe monitor yang menggabungkan konsep LCD dengan keunggulan gambar yang baik dan CTR, yang dikenal memiliki sudut pandang yang luas.

Teknologi ini kemudian muncul dengan perangkat layar yang relatif tipis, ramping, dengan sudut pandang yang baik. Lalu ada produk layar seperti TV plasma.

Sayangnya, perangkat layar ini tergolong boros daya. Selain itu tingkat kontrasnya tergolong tinggi. Selain itu, layar plasma cenderung lebih mahal dari pada jenis panel lainnya.

3. Monitor OLED

Organic Light Emitting Diode (OLED) atau dioda cahaya organik adalah semikonduktor pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik. OLED digunakan dalam teknologi elektroluminescent, seperti tampilan atau aplikasi sensor. Teknologi ini terkenal karena fleksibilitasnya dan ketipisannya yang mencapai kurang dari 1 mm.

4. Monitor CRT

Apa yang dimaksud dengan monitor CRT?
Monitor CRT (Cathode Ray Tube) merupakan generasi kedua monitor dari monitor komputer yang merupakan generasi pertama dari monitor komputer pada jaman modern. Meski monitor CRT masih diproduksi, peminat monitor CRT kini mulai turun. Alasan mengapa pengguna meninggalkan monitor CRT adalah karena bentuknya yang besar dan berat sehingga memerlukan ruang ekstra untuk menempatkan monitor ini.

Baca Juga :  Teknologi IPS Pada Layar Monitor. Yuk Kita Bahas

Pengertian monitor CRT secara umum adalah ‘monitor cembung’ atau ‘monitor tabung’. Monitor ini menggunakan teknologi radiasi magnetik dan elektromagnetik yang dapat menyebabkan kerusakan mata dan kelelahan mata, jika anda bekerja di depan terlalu lama. Pada hasil penelitian juga pengguna yang cenderung terlalu lama bekerja di depan memantau jenis ini akan mempercepat penuaan secara fisik karena dapat memicu pertumbuhan uban lebih cepat akibat radiasi yang ditimbulkan olehnya.

Jadi, itulah beberapa jenis monitor komputer ataupun tipe monitor tv. Sebenarnya masih ada beberapa lagi, tetapi saya tidak menyebutkan semuanya!.

10 monitor yang cocok untuk desain grafis dan editing video

Berikut ini adalah daftar monitor untuk desain grafis dan editing video diantaranya :

  1. Acer B276HK.
  2. Acer S277HK.
  3. Apple 5k iMac Pro.
  4. BenQ PD3200U.
  5. Dell UltraSharp UP3216Q.
  6. Eizo ColorEdge G2420-BK.
  7. Iiyama G-MASTER GB2888UHSU.
  8. LG 27MD5KA.
  9. Philips Brilliance BDM4065UC.
  10. Samsung LU28E570DS/ZA.

Jadi, itulah 10 monitor yang cocok untuk desain grafis dan editing video. Sebenarnya masih ada beberapa lagi, tetapi saya tidak menyebutkan semuanya!. Dan Jangan lupa kunjungi juga website kami untuk mendapatkan informasi lainnya.

Related Article…