Perbedaan FPS dan Refresh Rate Hz Pada Monitor

Perbedaan FPS dan Refresh Rate Hz Pada Monitor – Saat membeli PC gaming, pasti spesifikasi yang ditonjolkan pertama kali adalah FPS dan Refresh rate yang keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Keduanya sama-sama memiliki peran besar dalam memberikan pengalaman gaming yang menarik.

Untuk anda yang penasaran dengan perbedaan antara FPS dan Refresh Rate HZ pada monitor. Simak penjelasan berikut ini.

Perbedaan FPS dan Refresh Rate Hz Pada Monitor

Perbedaan FPS dan Refresh Rate Hz Pada Monitor

Pengertian Monitor

Monitor adalah perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk menampilkan hasil proses dari PC dalam bentuk teks, gambar, dan video. Monitor sendiri berperan sebagai perangkat output penyusun sebuah PC, karena PC tidak bisa digunakan jika tidak ada monitor.

Biasanya monitor PC memiliki resolusi yang beragam untuk mendukung tampilan grafis, dan yang biasa digunakan adalah monitor yang memiliki resolusi (jumlah satuan pixel dalam dimensi lebar x tinggi pada layar monitor) mulai dari 1280 x 800, 1366 x 768, 1920 x 1080, atau bahkan lebih.

Fungsi dan Jenis-jenis Monitor

Fungsi Monitor:

Fungsi utama dari monitor adalah sebagai media output data hasil proses baik teks, gambar, dan video. Semua monitor memiliki resolusi yang berbeda-beda dalam menampilkan gambar yang dihasilkan dari perangkat proses.

Monitor juga memiliki peran penting di berbagai sector kehidupan, karena saat anda memasukkan perintah melalui keyboard berupa huruf dan angka, lalu PC memberikan respon dengan menampilkan pada layar monitor.

Jenis-jenis Monitor:

  1. Monitor CRT (Chatode Ray Tube)

Jenis monitor tabung yang penggunaannya sudah jarang saat ini. Memiliki media tabung sinar katoda dalam menciptakan sinar electron ke titik kecil layar. Monitor ini cukup berat sehingga sulit untuk dipindah, kualitas gambarnya pun tidak sebaik monitor modern.

Kelebihan:

  • Warna lebih akurat dan tajam
  • Memiliki resolusi layar yang fleksibel
  • Perawatannya lebih mudah dan memiliki ketahanan yang lebih baik disbanding LCD.
  • Bebas dead pixel, ghosting dan viewing angle
  • Harga relatif lebih mudah

Kekurangan:

  • Mengkonsumsi listrik lebih besar
  • Memiliki radiasi yang besar sehingga monitor ini tidak terlalu baik jika ditatap terlalu mata oleh mata
  • Rentan akan distrosi, glare, dan flicker
  • Dimensi terlalu besar dan berat
  1. Monitor LCD (Liquid Crystal Display)
Baca Juga :  5 Rekomendasi Keyboard Mechanical Dibawah 1 Juta

Termasuk salah satu jenis monitor yang sangat populer saat ini. Dengan menggunakan cairan krystal sebagai penampil utama, dan dibelakangnya terdapat lampu LED sebagai sumber cahaya. Tampilan gambar yang dihasilkan monitor jenis ini, berasal dari lampu LED. Cairan krystal akan melewati arus listrik sehingga terpolarisasi, membentuk sebuah warna tertentu dalam bentuk output yang bisa dilihat user atau pengguna.

Monitor LCD memiliki beberapa tipe panel, berikut diantaranya:

  1. Panel IPS

Merupakan panel favorit dalam jenis monitor LCD. Memiliki keunggulan, seperti reproduksi warna yang cukup akurat dan tajam, memiliki viewing angle yang baik, dan awet digunakan dalam waktu lama.

  1. Panel VA

Memberikan reproduksi warna dan sudut pandang yang baik, namun response time yang dihasilkan cukup lambat.

  1. Panel TN

Memiliki keunggulan utama yaitu response time cepat dan terbaik disbanding semua jenis panel lainnya. Cocok untuk para gamer.

  1. Monitor LED (Light Emitting Diode)

Jenis monitor LED ini menggunakan daya yang lebih rendah dan menghasilkan suhu operasi yang kecil. Layarnya juga lebih tipis dibanding monitor LCD, dan lebih mudah untuk dibawa.

  1. Monitor Plasma (PDP – Plasma Display Panel)

Merupakan kombinasi dari sudut pandang CRT dan luas dengan kualitas gambar yang baik dari monitor LCD. Memiliki sudut pandang yang cukup luas dengan reproduksi warna yang baik. Namun ada beberapa kekurangan jenis monitor ini, yaitu:

  • Tingkat kontras cukup tinggi
  • Konsumsi daya besar
  • Suhu operasi tinggi
  • Harga relatif lebih mahal
  1. Monitor OLED (Organic Light Emiting Diode)

Memanfaatkan semikonduktor pemancar cahaya yang dibuat dari lapisan organic. Ukuran monitornya sangat tipis (kurang dari 1 mm). tersusun dari lapisan seperti kaca, lapisan organic dari diamine aromatic dan pemancar cahaya dari metal kompleks.

Kelebihan:

  • Layar monitor ini bisa digunakan sebagai seumber cahaya yang cukup terang saat dihubungkan ke listrik
  • Layar sangat ringan dan fleksibel
  • Tampilannya sangat tajam dan sangat nyaman untuk dipandang
  • Sudut pandangnya luas dan contrast yang tinggi
  • Response time yang sangat cepak mencapai 0,001 ms

Kekurangan:

  • Suhu yang lembab dapat membuat monitor ini berumur pendek, bahkan lapisan dalamnya akan rusak jika terkena air
  • Intensitas cahaya untuk beberapa warna, belum cukup terang
  • Harganya sangat mahal

Pengertian FPS dan Hz Pada Monitor

Pengertian FPS:

Frame Per Second atau yang biasa disingkat menjadi FPS merupakan sebutan untuk beberapa banyak frame yang dihasilkan oleh perangkat anda tiap detik dalam sebuah game.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Bluetooth Receiver

Semakin tinggi dan banyak jumlah FPS yang dihaslkan, maka gerakan yang terasa di dalam game akan semakin halus.

Untuk PC, FPS yang direkomendasikan adalah 60Hz, sedangkan untuk perangkat mobile dibatasi hanya 30Hz agar memberi kenyamanan pada baterai dan suhu.

Besar kecilnya FPS yang dihasilkan dalam game, sebagian besarnya dipengaruhi oleh kemampuan dan kapasitas dari perangkat yang digunakan, terutama pada kartu grafis dan monitor.

Saat ini angka FPS tertinggi yang dapat dicapai oleh PC adalah 240Hz. Dengan angka setinggi itu anda akan merasakan sensari bermain game yang sangat luar biasa, karena pergerakan karakter dalam game akan terasa begitu alami.

Pengertian Refresh Rate Hz:

Herzt atau yang dikenal sebagai Hz, berasal dari nama keluarga Heinrich Rudolf, ahli fisika yang menemukan satuan pengukuran frekuensi radio dan listrik. Dan hertz merupakan satuan yang berarti putaran gelombang radio per detik.

Refresh rate yang lebih tinggi mengacu pada frekuensi pembaruan gambar pada layar. Waktu pembaruan tersebut diukur dalam milidetik, sedangkan refresh rate layar diukur dalam hertz (Hz).

Refresh rate mengacu pada berapa kali per detik layar dapat membuat gambar baru, misalnya jika layar memiliki refresh rate 144Hz maka akan merefresh gambar 144 kali perdetik. Dan saat dipasangkan dengan frame rate tinggi akan menghasilkan pengalaman bermain game yang lebih mulus.

Perbedaan FPS dan Refresh Rate Hz Pada Monitor

Berikut perbedaan dari FPS dan Refresh Rate Hz:

  1. FPS Menentukan Kualitas Video Game

Frame rate merupakan gambar diam tunggal yang digabungkan dalam bentuk slideshow, kemudian mencapai ilusi gerak alami, lalu berapa banyak dari gambar tersebut yang ditampilkan dalam satu detik.

Jadi, semakin tinggi frame rate sebuah video, tentu akan menampilkan kualitas video yang lebih mulus.

Frame rate tinggi bisa ditemukan pada game kelas berat, seperti Genshin Impact.

  1. Refresh Rate (Hz), Senjata Untuk Platform Gaming

Refresh rate adalah hitungan berapa kali monitor PC mempengaruhi gambar di layar per detik. Misalnya, layar monitor yang memiliki refresh rate 120Hz dapat merefresh gambar sebanyak 120 kali setiap detik.

Tidak semua game akan memuat frame rate yang sama setiap detiknya, namun jika PC gaming anda menggunakan refresh rate yang rendah, maka anda tidak bisa memainkan game dengan frame rate yang tinggi, seperti Overwatch.

 

Itulah penjelasan mengenai perbedaan FPS dan Refresh Rate Hz pada monitor. Semoga dapat membantu dan memberi informasi kepada para pembaca.

Related Article…