Apa sih Keunggulan USB Type C dibandingkan Micro USB

Apa sih Keunggulan USB Type C dibandingkan Micro USB? Mari Kita Bahas – Pastinya kita semua sudah tidak asing dengan istilah Universal Serial Bus atau yang disingkat USB. Dahulu sebelum diciptakannya USB, orang-orang menggunakan berbagai macam hardware untuk komputer, seperti mouse, keyboard, printer, dan yang lainnya.

Hingga akhirnya pada tahun 1994, tujuh perusahaan seperti:

  • Compaq
  • DEC
  • IBM
  • Intel
  • Microsoft
  • NEC
  • Nortel

Bersama-sama memulai untuk membangun teknologi USB.

Yang akan kita bahas kali ini adalah USB Type C dan Micro USB, apa saja keunggulan yang dimiliki masing-masing USB tersebut, apakah perbedaannya, dan manakan yang lebih unggul.

Untuk penjelasan lebih dalam mengenai USB Type C dan Micro USB, bisa anda simak ulasan dibawah ini.

Pengertian USB Type C

Pada tahun 2014, USB Type C resmi dirilis. Merupakan inovasi terbaru dari perangkat USB, yang memiliki 24 pin yang digunakan untuk melakukan pertukaran data dan energi. USB Type C ini hanya memiliki satu ukuran saja, dan ukurannya pun sedikit lebih besar dari koktor micro-B dengan lebar 8,3 mm dan tinggi 2,5 mm.

USB Type C juga mendukung dalam penggunaan alternate modes dimana memungkinkan pengguna untuk menggunakan adapter HDMI, VGA, display port dan tipe koneksi lainnya dengan menggunakan satu port USB.

Apa sih Keunggulan USB Type C dibandingkan Micro USB

Apa sih Keunggulan USB Type C dibandingkan Micro USB

Adapun kelebihan yang dimiliki USB Type C ini, adalah:

  1. Ukuran Konektor Kecil
Baca Juga :  Keunggulan SSD dibandingkan HDD

Salah satu keunggulan utama USB Type C ini adalah ukuran konektornya yang kecil. Pas untuk ukuran smartphone, dapat digunakan di komputer atau bahkan server.

  1. Mampu Menghantarkan Hingga 100 Watt

USB Type C mampu menghantarkan aliran listrik hingga 100 watt, tidak hanya mampu mencharger sebuah smartphone saja, namun laptop pun bisa di charger dengan USB ini.

  1. Bersifat Fleksibel

Dengan hanya sebuah kabel USB Type C, pengguna dapat menghubungkannya pada berbagai jenis perangkat dengan output VGA. Hal inilah yang membuat USB Type C ini bersifat fleksibel.

  1. Bersifat Reversible

USB Type C dapat dihubungkan melalui kedua sisinya tanpa harus membolak-balik sisi konektor untuk mencocokannya.

  1. Standar Teknologi Masa Depan

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki USB Type C, dapat dipastikan dimasa depan konektor USB Type C akan menggantikan tipe konektor yang lama.

Untuk kekurangan dari USB Type C ini terletak pada masalah securitynya, karena baru-baru ini sebuah studi menunjukkan bahwa port USB Type C rentan dalam hal keamanannya.

Pengertian Micro USB

Memiliki bentuk yang lebar dan pipih yang bisa dipakai di beragam tipe smartphone. Biasa digunakan untuk mentransfer data dan mengisi daya baterai smartphone. Untuk saat ini banyak power bank yang masih menggunakan microUSB untuk mengisi daya.

Micro USB ini memiliki 2 jenis bentuk yaitu Micro USB A dan Micro USB B. Kelebihannya, jenis USB satu ini juga lebih banyak digunakan dan lebih mudah mencarinya, karena rata-rata smartphone sekarang sudah menggunakan port ini.

Dan untuk kekurangan, karena banyaknya jenis konektor ini, sehingga banyak yang kualitasnya rendah dan spesifikasinya abal-abal.

Apa sih Keunggulan USB Type C dibandingkan Micro USB

Apa sih Keunggulan USB Type C dibandingkan Micro USB

Keunggulan USB Type C dibandingkan Micro USB

Ada beberapa faktor yang menjadikkan USB Type C lebih unggul daripada Mikro USB.

Baca Juga :  Keunggulan Mouse Wireless Dengan Mouse Wired

Berikut diantaranya:

  1. Kecepatan Konektor

Dari kedua jenis USB tersebut memiliki versi standar dan kecepatan yang berbada.model Micro USB sendiri mendukung teknologi USB hingga versi 3.0, namun Sebagian smartphone lebih mengandalkan Micro USB versi 2.0. sedangkan model USB Type C telah mendukung teknologi USB hingga versi 3.1 yang dua kali lebih cepat dari USB versi 3.0.

  1. Daya Listrik

Pada USB Type C memiliki output daya maksimal 20V dan 5A, sedangkan pada Micro USB, output maksimal yang dimiliki sebesar 5V dan 1.5A. hal inilah yang menjadi dampak langsung pada kecepatan pengisian baterai perangkat melalui charger dan kabel. USB Type C bisa menyalurkan daya lebih besar dan cepat sehingga cocok untuk standar fast-charging modern.

  1. Kecepatan Transfer Data Lebih Cepat

USB Type C mampu mentransfer data hingga 10 Gpbs, jauh lebih cepat disbanding dengan Micro USB yang hanya mampu mentransfer data dengan kecepatan 480 Mbps.

  1. Kegunaan dan Kompatibilitas

USB Type C banyak digunakan untuk perangkat elektronik tertentu seperti laptop, monitor, dan smartphone. Bisa dibilang kompatibel dengan  lebih banyak perangkat elektornik.

Namun karena Micro USB telah ada lebih lama, maka banyak perangkat yang lebih fleksibel menggunakan Micro USB, seperti kamera, dan perangkat  rumah tangga.

 

Itulah ulasan mengenai USB Type C dan Micro USB beserta keunggulan USB Type C dibandingkan Micro USB.

Semoga dari ulasan ini, memberikan manfaat dan informasi kepada para pembaca.

Related Article…