Cara Menggunakan Bluetooth Receiver

Cara Menggunakan Bluetooth Receiver – Bluetooth receiver dapat menyambungkan perangkat non-wireless ke perangkat Bluetooth tanpa menggunakan kabel. Produsen Bluetooth Receiver ada banyak, seperti audioengine, filo, dan quadelix.

Untuk mengetahui lebih tentang Bluetooth receiver mulai dari pengertian, fungsi, dan cara menggunakannya. Simak penjelasan berikut ini.

Cara Menggunakan Bluetooth Receiver

Cara Menggunakan Bluetooth Receiver

Pengertian Bluetooth Receiver

Bluetooth receiver adalah alat yang digunakan untuk perangkat audio non-buetooth menjadi perangkat audio bluetooth. Dengan menggunakan Bluetooth receiver, speaker dan handphone lama/jadul bisa menangkap music yang dipancarkan dari pemutar musik.

Jika bluetooth receiver berbentuk seperti flashdisk, dan ada colokan USB, maka tidak memoliki baterai. Dan untuk menyalakannya harus menggunakan powerbank, charger handphone, atau colokan USB.

Dan jika Bluetooth receiver memiliki baterai internal, yang berbentuk kotak, silinder, dan bulat harus ditancapkan ke jack stereo mobil.

Bluetooth receiver dengan harga murah hanya memiliki kemampuan untuk merangkap frekuensi terbatas, sehingga suara yang dihasilkan ada yang hilang, dan suaranya cempreng, karena tidak mampu mengeluarkan low frekuensi. Dan semua orang pun dapat bisa mengetahui perbedaan yang mahal dan yang murah.

Sebelum membeli bluetooth receiver, ada beberapa aspek penting yang perlu anda perhatikan.

Sebagai berikut:

  1. Periksa Dukungan Codec nya

Program dalam bluetooth receiver yaitu biasa disebut dengan codec.

Jenis codec yang ada saat ini:

  • SBS

Didukung oleh profil A2DP yang merupakan standar streaming audio untuk perangkat bluetooth. Apa pun perangkat bluetoothnya pasti akan kompatibel dengan codec ini.

Codec ini memiliki kompresi yang lossy, sehingga penurunan kualitas audio mungkin cukup terdengar di telinga, serta mempunyai latensi yang besar, untuk menonton film atau gaming akan sangat menganggu.

  • aptX
Baca Juga :  Mengenal Hardisk Eksternal

mayoritas smartphone atau tablet android keluaran terbaru sudah mendukungnya.

aptX merupakan alternatif lebih baik dari SBC, meskipun sama-sama lossy, namun kualitas kompresinya jauh lebih baik dibanding SBC.

Dengan bit rates lebih besar, sehingga penurunan kualitas lebih minim.

  • AAC

Codec default perangkat bersistem iOS. AAC juga dikatakan akan menjadi penerus MP3 codec yang jarang ditemukan di perangkat bluetooth.

Jika dibandingkan SBC, kualitas audio yang dihasilkan AAC lebih baik, dan memiliki bit rates yang lebih kecil.

  • LCDA

Bandwidth codec satu ini sangat besar, sehingga dapat mentransfer data tiga kali lebih besar dari codec lainnya.

Memiliki bit rates tinggi mencapai 95kHz/24-bit di 990kbps, menjadikan LDAC ini sangat cocok digunakan untuk melakukan streaming audio lossless.

  1. Sesuaikan Jangkauan Transmisi Dengan Kebutuhan

Bluetooth receiver memiliki jangkauan transmisi terbatas. Jika perangkat suber audio anda berada di luar cakupan sinyal bluetooth, maka akan terjadi gangguan koneksi yang menyebabkan audio putus-putus.

Jangkauan transmisi harus disesuaikan pada kebutuhan masing-masing pengguna.

  1. Pertimbangkan Daya Tahan Baterai Berdasarkan Pengaplikasian

Bluetooth receiver ada yang menggunakan daya baterai sebagai tenaganya dan ada juga yang menggunakan sambukan stopkontak.

Dengan itu periksalah daya tahan baterainya sebelum kehabisan daya saat ingin dipakai. Dan lebih baik belilah bluetooth receiver yang bisa digunakan sampai 5 jam.

Fungsi Bluetooth Receiver

Pada umumnya, bluetooth receiver berguna untuk menerima sinyal bluetooth agar mengalirkan audio dari perangkat non-wireless. Anda dapat memasangnya ke perangkat analog maupun digital yang tidak mendukung koneksi bluetooth.

Bluetooth receiver juga bisa membuat perangkat audio anda menjadi wireless dan bisa dikontrol menggunakan sistem bluetooth.

Dengan menggunakan Bluetooth receiver, anda dapat mendengarkan musik dan lagu mealui speaker dari jarak jauh menggunakan koneksi Bluetooth.

Baca Juga :  Apa sih Keunggulan USB Type C dibandingkan Micro USB

Dan apabila menggunakan teknologi Bluetooth terbaru yaitu versi 2.1 akan dapat melakukan koneksi dengan sangat cepat dan mendapat fitur auto reconnect saat bluetooth berada didalam jangkauan.

Berikut adalah jenis-jenis bluetooth receiver:

  1. Bluetooth receiver USB Adapter RG Aksesoris

Bluetooth receiver ini berfungsi untuk menerima sinyal  bluetooth dari handphone, tablet, PC, dan lainnya.

Sehingga bisa menggantikan peran dari CD, dan flashdisk saat ingin mendengarkan musik.

Alat ini biasa digunakan di mobil untuk mendengarkan musik, karena memang cocok dengan jack audio mobil.

  1. Onix Bluetooth Receiver Wireless Audio

Dengan alat ini anda bisa menikmati audio secara wireless ke perangkat bluetooth lainnya. Alat ini sudah support dengan ponsel iphone, android dan juga smartphone lainnya.

Caranya yaitu dengan menghubungkan ke speaker aktif, sistem audio (headset), dan kemudian dipasangkan dengan pemutar musik melalui konek bluetooth.

  1. Xiaomi Wireless Bluetooth

Bluetooth receiver yang satu ini mempunyai baterai dengan kapasitas 97 mAh yang bisa anda bawa dan gunakan sekitar 4 jam dengan jangkauan sinyal maksimal 10 meter.

Untuk mengisi daya bisa menggunakan port micro USB dengan input 5 volt.

Cara Menggunakan Bluetooth Receiver

Berikut adalah cara menggunakan bluetooth receiver:

  1. Pertama, silahkan aktifkan bluetooth receiver anda.
  2. Kemudian, colokan bluetooth receiver ke power supply untuk mengaktifkannya, bisa dengan melalui charger handphone atau port USB.
  3. Setelah itu, kalian colokan kabel speaker aktif, ke jack input 3,5mm yang ada pada bluetooth receiver.
  4. Lalu aktifkan bluetooth dari handphone/laptop/PC, temukan perangkat bluetooth receiver, dan sambungkan.
  5. Jika berhasil tersambung, anda sudah bisa menjalankan audio dari perkara tersebut melalui speaker aktif.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai bluetooth receiver, mulai dari pengertian, fungsi, dan cara menggunakannya. Semoga dapat membantu, memberi informasi, dan dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk membeli bluetooth receiver.

Related Article…