5 Aplikasi Remote TV Terbaik di HP Android

Aplikasi Remote TV Android Terbaik – Perkembangan teknologi yang semakin canggih tiap tahunnya menjadikan munculnya banyak teknologi canggih layaknya televisi. Televisi saat ini masih eksis di kalangan orang meskipun smartphone melebihi eksisnya televisi. TV atau televisi menjadi media informasi terkini. Umumnya menonton tv merupakan kebiasaan orang ketika terdapat waktu senggang dan menjadi sarana media hiburan.

Seringkali ketika Anda hendak menonton TV tentunya diperlukan sebuah remote yang digunakan untuk menyalakan televisi agar TV bisa menyala dan menampilkan gambar. Akan tetapi bagaimana halnya jikalau remote TV yang biasa Anda gunakan untuk menyetel TV itu ternyata rusak? tentunya Anda pasti akan kebingungan untuk menyalakannya. Mungkin jalan satu-satunya Anda adalah membeli remote TV yang baru.

Tentu jika Anda membeli remote TV yang baru untuk menggantikan remote yang rusak atau bahkan Anda memperbaiki remote TV yang rusak kepada ahlinya pasti Anda akan mengeluarkan sejumlah uang. Oleh karena itu Anda tidak usah khawatir mengenai uang yang akan dikeluarkan dikarenakan saat ini smartphone yang Anda gunakan pun bisa beralih fungsi menjadi remote TV. Hanya dengan smartphone semua menjadi mudah.

Aplikasi Remote TV Android

Sampai detik ini mungkin Anda mengira smartphone hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja. Nyatanya smartphone dapat dijadikan sebagai remote TV. Cara kerja smartphone yang memiliki fungsi seperti remote TV yakni menghidupkan dan mematikan TV tanpa perlu menekan tombolnya, mengganti saluran yang diingjnkan, mengatur volume suara yang diinginkan. Smartphone Anda jadi bisa lebih bermanfaat.

Umumnya smartphone memang tidak bisa digunakan secara langsung untuk menggantikan remote TV. Akan tetapi harus menginstal beberapa aplikasi agar fungsi pengganti remote TV dapat dijalankan. Tenang saja karena beberapa aplikasi ini tentunya gratis dan sangat mudah diinstal pada smartphone Anda. Mungkin bagi sebagian orang belum pernah mencoba mengubah smartphone menjadi remote TV.

Aplikasi Remote TV Android

Cara kerja sistem remote TV android yakni pertama-tama Anda harus memastikan TV Anda merupakan Android TV. Setelah itu Anda masuk ke Google Play Store dan menginstal aplikasi remote TV yang umumnya banyak terdapat di Google Play Store. Lalu cari TV Anda pada aplikasi remote TV yang baru saja Anda instal. Selanjutnya Anda harus mengkonfigurasi TV Anda dengan menggunakan aplikasi yang sudah Anda instal.

Baca Juga :  5 Rekomendasi Wifi Router Murah Dan Cepat Tembus Tembok

Pastikan sebaiknya pada saat Anda menkonfigurasinya, dua perangkat tersebut harus terhubung pada jaringan Wi-Fi yang sama. Kemudian pilihlah TV Anda pada aplikasi remote TV. Dengan memasukan PIN yang ditunjukan, Anda dapat mengkonfigurasi kedua perangkat. Lalu tunggu sampai terhubung dan setelah terhubung, Smartphone yang Anda gunakan sudah memiliki fungsi sebagai pengganti remote TV dengan berbagai tombol yang tersedia persis dengan remote TV pada umumnya.

Cara Mendownload

Remote TV hilang atau rusak dan tidak berfungsi sudah menjadi kebiasaan umum bagi kehidupan sehari-hari manusia. Agar dapat menggantikan smartphone menjadi remote TV, Anda harus menginstal aplikasi remote TV yang tersedia pada Google Play Store. 

Akan tetapi mungkin bagi sebagian orang masih bingung mengenai cara untuk mendownload aplikasi remote TV yang benar. Padahal caranya pun cukup mudah untuk Anda lakukan. Pertama-tama Anda hanya perlu memerlukan satu buah smartphone.

Selanjutnya Anda buka Google Play Store yang terdapat di dalam smartphone Anda. Kemudian Anda ketikan aplikasi remote TV pada kolom pencarian dalam Google Play Store. Setelah itu akan muncul aplikasi yang Anda inginkan tinggal klik instal. 

Akan tetapi pastikan smartphone Anda memiliki cukup kuota ataupun terhubung jaringan Wi-Fi. Setelah itu aplikasi akan terinstal dengan sendiri pada smartphone Anda. Setelah aplikasi terinstal maka Anda bisa langsung menekan “Buka”.

5 Rekomendasi Aplikasi Remote TV Android

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi remote TV control yang dapat Anda instal :

1. Google Home

Di dalam aplikasi Google Home sendiri terdapat fitur remote TV resmi yang dikembangkan oleh Google Inc. Tidak seperti aplikasi lainnya yang menggunakan IR Blaster untuk mengontrol channel yang terdapat di TV, Aplikasi ini berbeda dikarenakan menggunakan perangkat khusus bernama Chromecast. Google Home ini sudah diunduh sebanyak 50 juta kali pengunduhan.

Aplikasi Google Home ini sudah kompatitabel dengan perangkat Android, Iphone, IPad. Aplikasi resmi ini menjadikan Anda dapat streaming Hulu, Netflix maupun Youtube pada televisi Anda serta dapat mengatur volume, men-play dan pause siaran televisi Anda. Tidak hanya itu, Anda dapat mencari film, aktor, acara TV yang Anda sukai.

2. Universal TV Remote Control

Aplikasi ini menjadi andalan bagi remote TV yang rusak maupun hilang. Anda dapat dengan mudah mengganti fungsi smartphone Anda menjadi pengganti remote TV. Hanya dengan menginstal aplikasi ini di Google Play Store. Setelah itu Anda dapat mengkoneksikan TV Pintar dan Smartphone Anda melalui jaringan Wi-Fi. Aplikasi ini dapat diunduh dengan gratis dan menjadi minat bagi kalangan pengguna Android.

Baca Juga :  Mau Beli Smartwatch? Yuk Kita Bahas

3. Mi Remote Controller

Aplikasi ini sudah tidak asing lagi bagi pengguna smartphone bermerek Xiaomi. Umumnya aplikasi ini menjadi aplikasi bawaan pada HP bermerek Xiaomi. Akan tetapi Anda tetap dapat menginstalnya dengan mudah dan gratis di Google Play Store. Aplikasi ini merupakan sebuah pengembangan dari perusahaan Xiaomi. Jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini, pastikan TV pintar yang Anda gunakan tersebut memiliki akses Wi-Fi. Jika TV Anda tidak memiliki akses Wi-Fi maka Anda tidak menggunakan ini.

4. Android TV Remote Control

Aplikasi ini dirancang memang dikhususkan untuk mengontrol TV melalui HP bermerek Android. Aplikasi buatan Google LLC ini sangat mudah digunakan dan tentu saja gratis diunduh pada Google Play Store. Cara menggunakannya pun mudah hanya cukup dengan mengkoneksikan smartphone Android Anda pada TV pintar Anda. Tidak hanya gratis diunduh dan mudah digunakan, aplikasi ini dilengkapi beberapa fitur yang menarik.

Fitur yang dimaksud yakni fitur pencarian channel TV melalui suara. Tentu saja fitur ini sangat unik dan bermanfaat. Jadi Anda hanya cukup berbicara mengenai channel apa yang Anda cari lalu aplikasi ini akan mencarikan channel yang Anda inginkan secara otomatis. Aplikasi ini mudah ditemukan di Google Play Store.

5. Smart IR Remote

Terdengar dari namanya, aplikasi ini dapat juga dinamakan remote pintar. Aplikasi Smart IR Remote ini dapat diinstal pada HP bermerek Samsung dan HTC. Jadi jika Anda menggunakan smartphone bermerek Huawei, Sony, Vizio maka Anda tidak akan dapat menginstal aplikasi Smart IR Remote ini. Aplikasi ini memungkinkan mengganti channel televisi dan juga mengirimkan sinyal infrared ke Set Top Box, DVD Player, BlueRay, Maupun AC. Aplikasi ini memiliki kemampuan mengatur berbagai alat elektronik secara bersamaan. Aplikasi ini bekerja di G3 dan G4 saja pada perangkat LG. Aplikasi ini menghasilkan banyak pujian dari para pengguna Android.

Penutup

Demikian artikel mengenai sistem aplikasi remote TV Android, Cara mendownload aplikasi remote TV di HP Android,  dan beberapa rekomendasi mengenai aplikasi remote TV Android terbaik yang dapat menjadi referensi bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Related Article…