Sejarah ditemukannya Laptop dan perkembangan sampai saat ini

Sejarah ditemukannya Laptop dan perkembangan sampai saat ini – Teknologi sekarang tersedia di seluruh dunia dan sudah lama mengenal laptop.

Apakah anda ingin tahu sejarah perkembangan laptop dari dahulu hingga sekarang ini?

Jika iya, kali ini kita akan membahasnya secara mendalam mengenai sejarah perkembangan laptop dari dahulu hingga sekarang.

Untuk penjelasan lebih lanjutnya, anda bisa simak artikel di bawah ini sampai akhir ya!

Pengertian laptop

Sejarah ditemukannya Laptop dan perkembangan sampai saat ini

Apa itu laptop?

Laptop adalah sebuah alat elektronik yang memiliki sistem, yang mampu memanipulasi data secara akurat, cepat dan dirancang, serta dikhususkan untuk menyimpan data yang diinput secara otomatis dengan cara melakukan langkah-langkah yang sudah disisipkan dalam komputer. Laptop juga dapat dipindahkan dan dibawa dengan mudah sehingga dapat digunakan diberbagai tempat.

Sejarah ditemukannya laptop

Tahukah Anda tentang sejarah perkembangan laptop?

Dari mana laptop pertama kali dibuat, hingga sampai saat ini dapat memenuhi semua kebutuhan pengguna dalam hal bekerja/pekerjaan.

Dimulai pada awal tahun 1970-an, diskusi di antara berbagai perangkat komputer yang dapat digunakan untuk dibawa ke berbagai tempat telah menjadi perbincangan serius antara produsen dan desainer PC.
Melalui hasil tangan Alan Key, ia menjadi penulis buku komputer dan pemilik perusahaan percetakan buku. Sejak saat itu bermunculan berbagai mikro komputer dengan fungsinya masing-masing.
Dalam bukunya, Alan menjelaskan konsep dasar komputer yang bisa dibawa kemana-mana (laptop) dan tidak perlu tersambung ke listrik setiap saat. Konsep ini dikenal sebagai personnel, portable information manipulator.

Dari sinilah akhirnya sejarah laptop dimulai. Dibuat dari sebuah ide yang akhirnya menjadi teknologi yang banyak digunakan.

Perkembangan teknologi pada laptop dari dulu sampai sekarang

Perkembangan Laptop Dari Awal Hingga Sekarang. Saat ini, laptop merupakan salah satu teknologi dan perangkat yang memiliki peran penting. Baik untuk pekerjaan, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi, laptop selalu memiliki mobilitas serta fungsional yang begitu besar.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Mouse Wireless Terbaik

Pernahkah anda berpikir bahwa laptop zaman dahulu pasti memiliki faktor bentuk yang berbeda dari yang sekarang, serta berat dan bentuk bervariasi dari tahun ke tahun pastinya akan berbeda. Apalagi dalam bentuk dari tahun ke tahun, yang tadinya bazzelnya sedikit lebih tebal dan sekarang lebih ramping dan lebih tipis tahun ini. Selain itu, meskipun memiliki bentuk yang tipis dan lebih sederhana, tentu saja lebih baik dalam hal kinerji.

Mungkin anda ingin mengetahui sejarah perkembangan laptop dari dulu hingga sekarang? Di mana saat ini terdapat kecanggihan dan mampu memainkan game triple A serta settingan rata kanan?

Dibawah ini saya akan membahas informasi perkembangan laptop dari masa ke masa.

Berikut ini adalah Perkembangan teknologi pada Laptop dari dulu sampai Sekarang, diantaranya:

1. IBM Portable PC 5100 (1975)
Ini merupakan mikro komputer yang pertama kali dibuat. Fungsi ini dulunya digunakan untuk kebutuhan matematika.

2. Rockwell AIM 65 (1977)
Selanjutnya adalah Rockwell AIM 65, mikro komputer kedua yang pertama kali dibuat. Namun dengan layar dan keyboard serta printer hardcopy, fitur dan fungsinya lebih lengkap.

3. IBM Portable PC 5110 (1978)
Ketika kita melihat versi pertama, itu hanya meminimalkan kebutuhan matematika, untuk versi ini ditekankan untuk komputer komersial/bisnis. Itu juga sudah dilengkapi dengan keyboard dan layar.

4. Heathkit H89 (1979)
Pada tahun 1979, laptop ini memiliki layar dan keyboard yang lebih lebar/luas. Sedikit mengalami perkembangan dari pada versi sebelumnya. Tentu saja, perangkat ini dikembangkan oleh pengembang yang berbeda dari yang sebelumnya.

Baca Juga :  Apa Sih Itu Cardreader? Yuk Kita Bahas

5. Osborne 1 (1981)
Selain itu, pada tahun 1981 ada komputer portable yang pertama kali muncul, tetapi banyak yang merasa masih memiliki banyak kekurangan. Mulailah dengan layar yang semakin kecil dan ukuran yang begitu besar sehingga beratnya mencapai 10 kg.

6. Gavilan SC (1983)
Ini adalah komputer portable yang memiliki berat 4KG, kalau dibandingkan laptop saat ini masih berat laptop zaman dahulu. Perangkat ini mampu bertahan hingga 9 jam serta RAM nya pun juga sudah bisa diupgrade.

7. Compaq SLT 289
Untuk perangkat ini, bisa dibilang lebih baik dari tahun 1983, karena dilengkapi dengan VGA, Floppy disk, prosesor, dan keyboard. Tetapi meskipun ukurannya tampak lebih kecil, beratnya mencapai 6,3 kg.

8. Zenith Minisport (1990 an)
Selanjutnya ada minisport pada tahun 1990an. pengembangan laptop mengalami peningkatan yang signifikan pada tahun tersebut. Ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan compact, tetapi memiliki layar sebesar 9,8 inchi, kemudian resolusi layar yaitu 640 x 400 pixel.

9. Toughbooks (1996-2003)
Kemudian panasonic dan intel mulai membuat laptop milik mereka sendiri. Tentu saja ini memiliki kelebihan, terutama pada fungsinya.

10. Laptop Masa Kini (2003-sekarang)
Yang terakhir yaitu pada masa saat ini laptop-laptop di terdapat hardisk, dvd, layar, usb, dan sebagainya. Dari tahun ke tahun, semakin ringan dan semakin banyak fitur dan fungsinya.

Jadi seperti yang anda bayangkan, laptop zaman dulu masih berat dan besar, jika anda hidup di zaman itu, Anda pasti akan kesulitan mengakses komputer.

Bagi anda yang ingin membeli laptop. Anda dapat menemukan rekomendasi laptop terbaik di shopee.co.id. Dan jangan lupa juga kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lainnya.

Related Article…