Perbandingan Intel dan AMD

Perbandingan antara Intel dan AMD – Komputer merupakan sebuah alat elektronik yang memiliki banyak macam komponen didalamnya yang berfungsi untuk menjalankan sebuah perintah komputer. Salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam sebuah komputer adalah processor. Saat ingin ingin membeli sebuah komputer, terkadang pilihan terberat adalah dalam memilih processor.

Perbandingan Antara AMD dan Intel

Hingga kini, ada dua merek processor yang merajai pasar yaitu Intel dan AMD. Jika ditinjau dari sisi historisnya Intel telah memproduksi processor lebih awal dibandingkan AMD. Bahkan Intel juga telah berhasil mempelopori penggunaan processor bagi perangkat elektronik seperti Komputer. Namun bukan berarti AMD kalah bagus dari Intel, kedua processor tersebut pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Lalu sebenarnya apa perbedaan antara processor Intel dan AMD? Manakah yang lebih baik? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini akan diulas perbedaan serta beberapa kelebihan processor Intel dan AMD, agar dapat menjadi pertimbangan kalian dalam memilih processor.

PERSAINGAN PROCESSOR AMD DAN INTEL

Di masa lalu, Intel telah mendominasi pasar processor karena dikenal dengan performanya yang sangat baik. Namun, semenjak AMD memperkenalkan produk barunya pada bulan Februari 2017 yaitu AMD Ryzen 7 1800x, persaingan antara Intel dan AMD semakin sengit. Kemunculan Ryzen telah membuat perubahan di pangsa pasar, dimana Intel menurun dan AMD perlahan mulai naik.

Bahkan Apple yang menggunakan Intel mulai mengeluhkan kinerja processor Intel yang dimana sering bermasalah dan juga panas. Kemudian Apple mundur dari Intel dan mulai merancang chip mereka sendiri yang bernama Apple silicon berbasis ARM untuk perangkat Mac. Di tahun 2020 Apple meluncurkan chip M1 dan dinilai lebih cepat dan tahan panas dibandingkan Intel sehingga bisa mengungguli kehebatan chip Intel generasi ke 11.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Monitor Gaming Terbaik 2022

Sebuah pukulan telak bagi Intel karena basis chip Intel x86 buatannya. Jika banyak komputer yang mulai beralih menggunakan ARM, maka x86 akan dianggap usang. Saat ini AMD pun tidak mau ketinggalan, mereka mulai berinovasi dan membuat chip berbasis ARM yang bisa melawan kekuatan Apple silicon.

KEUNGGULAN PROCESSOR AMD

Bagi sebagian orang nama processor AMD mungkin masih terasa asing. Bahkan AMD sering diremehkan dan dipandang sebelah mata oleh para gamer PC. Namun, setelah mengeluarkan processor seri Ryzen, processor AMD layak menjadi pilihan utama saat akan membeli komputer. Lalu apa saja kelebihan processor AMD?

Harga Processor AMD Lebih Murah

Keunggulan ini menjadi alasan utama banyak orang yang ingin membeli komputer murah dengan performa yang tinggi. Kenapa harga AMD lebih murah? karena processor AMD belum terlalu memegang dan mendominasi kendali pasar dunia. Mungkin setelah AMD telah mendominasi pasar, harganya akan meningkat bahkan lebih mahal dari Intel.

Kualitas Grafisnya Lebih Baik

Selain harganya yang miring processor ini juga memiliki kualitas grafis yang tak kalah bagus dan sangat cocok untuk bermain game. Karena tampilan grafis dari game tersebut akan lebih menarik jika menggunakan processor AMD. Selain itu, untuk para kreator konten processor ini juga sudah mendukung video 4GK.

Dapat Mendeteksi Malware

Kelebihan lainnya yaitu processor AMD telah dilengkapi dengan fitur Enchanced Virus Protection (EVP) sehingga mampu mendeteksi adanya virus. Selain itu, fitur ini juga dapat membantu pengguna komputer agar terhindar dari pencurian atau kehilangan data yang disebabkan oleh malware dan sejenisnya.

KEUNGGULAN PROCESSOR INTEL

Selain mengetahui keunggulan processor AMD, anda juga perlu mengetahui keunggulan processor Intel sebelum membeli komputer/ laptop. Berikut ini beberapa keunggulan processor Intel antara lain :

Baca Juga :  5 Rekomendasi Wifi Router Murah Dan Cepat Tembus Tembok

Tidak Mudah Panas

Intel telah menciptakan processor dengan teknologi canggih yang dapat mengatur suhu atau temperatur pada saat komputer dan laptop bekerja. Sehingga komputer tidak gampang panas saat digunakan.

Tidak Mengeluarkan Suara Berlebih

Mesin processor pada umumnya mengeluarkan desisan suara saat sedang bekerja. Processor mengeluarkan suara sebenarnya hal yang wajar, namun tidak berlebihan, hal itu pasti akan mengganggu penggunanya. Intel sendiri telah memberikan kualitas dan mutu yang baik, salah satunya adalah dengan membuat processor tidak berisik saat digunakan.

PERBANDINGAN LANGSUNG AMD DAN INTEL

Sebagai penguasa pasar processor saat ini, baik AMD dan Intel mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing. Keduanya pun memiliki perbedaan dan cukup mencolok. Misalnya dari segi kecepatan, dalam sebuah uji coba Benchmark Intel diklaim memiliki kecepatan yang lebih unggul dibandingkan AMD. Meskipun perbedaannya tidak beda jauh namun Intel mampu menjalankan program dengan lebih cepat.

Perbedaan AMD dan Intel lainnya adalah terletak pada manajemen suhunya. Intel diketahui lebih baik dalam mengatur suhu dibanding AMD, karena hampir seluruh processor Intel telah dibekali dengan teknologi pengurang kinerja processor saat suhunya meningkat. Namun, akibat dari penurunan suhu tersebut kualitas grafis yang ditampilkan processor Intel jadi lebih menurun. Berbeda dengan AMD yang tidak memiliki teknologi manajemen suhu, membuat mutu grafis tetap terjaga.

Meskipun Intel kalah kualitas grafis dari AMD, Intel tetap lebih unggul dalam sisi multimedia. Gambar yang ditampilkan oleh processor Intel lebih tajam dan bisa di overlock dengan baik.

Nah, jadi itulah beberapa perbandingan antara processor Intel dan AMD. Sekian dulu pembahasan artikel kali ini. Jangan lupa kunjungi juga website kami untuk mendapatkan informasi lainnya. Semoga bermanfaat!

Related Article…