Pengaruh Media Sosial Terhadap Masyarakat

Pengaruh Media Sosial Terhadap Masyarakat – Saat ini teknologi komunikasi berkembang begitu pesat dan itu cukup  membawa sebuah perubahan dalam masyarakat. 

Sangat banyak keuntungan yang akan anda dapatkan dengan menggunakan media sosial, tapi tahukah anda jika media sosial juga bisa berdampak negatif dalam kehidupan bermasyarakat.

Pengaruh Media Sosial Terhadap Masyarakat

Pengertian Media Sosial 

Media Sosial adalah platform digital yang digunakan pengguna nya untuk melakukan aktivitas sosial seperti komunikasi jarak jauh atau membagikan konten yang dapat berupa video, gambar, atau tulisan. Media Sosial memungkinkan pengguna nya untuk melakukan interaksi satu sama lain tanpa adanya batasan ruang dan waktu secara daring/ online. 

Klasifikasi dari Media Sosial

Sepanjang tahun 2010, Kaplan dan Haenlein mengembangkan skema atau klasifikasi sebagai berbagai jenis media sosial diantaranya adalah sebagai berikut :

Konten

Pengguna nya dapat membagikan konten yang tersedia dalam berbagai macam tipe medianya, dapat berupa video, foto, teks, maupun presentasi powerpoint. Contoh aplikasinya yaitu Youtube, Tik Tok, dll.

Proyek Kolaborasi

Proyek Kolaborasi merupakan media sosial berbentuk website yang mengizinkan penggunanya untuk mengubah, menambah, maupun menghapus konten di dalam situs tersebut. Contoh aplikasinya yaitu Wikipedia, WordPress, dan sebagainya.

Blog dan Mikroblog

Blog dapat diibaratkan sebagai alat teknologi ataupun sebagai penampung konten pribadi dan sosial. Sebagai alat teknologi, blog merupakan web-content management system yang dapat dengan mudah digunakan dan memfasilitasi pengembangan serta pemeliharaan dari website dengan struktur berurutan yang membutuhkan update lebih dari satu kali. Blog dan mikroblog dapat membuat pengguna nya bebas untuk mengekspresikan segala hal dalam sebuah blog, bisa berisi curahan hati (curhat) maupun sebuah kritikan. Contoh aplikasinya yaitu Twitter, Facebook, Tumblr.

Situs Jejaring Sosial

Situs Jejaring Sosial adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan para pengguna nya untuk saling terhubung dengan cara membuat profil yang berisi data diri, mengundang teman dan rekan untuk mengaksesnya dan saling berkirim email, serta pesan singkat. Data diri yang dimaksud dalam hal ini adalah segala bentuk informasi termasuk foto, video, audio, dan blog. Contoh aplikasinya yaitu Instagram dan Facebook.

Baca Juga :  Feed Instagram

Game World Virtual

Game World Virtual merupakan salah satu bentuk dari virtual world yang mengharuskan para penggunanya untuk berlaku sesuai dengan aturan tegas dalam konteks massively multiplayer online role-playing-game (MMORPG), sehingga memungkinkan beberapa pemain yang tersebar di berbagai negara bermain langsung secara bersamaan. Dunia permainan berbasis virtual ini memungkinkan setiap pemain untuk dapat berinteraksi dan berkomunikasi dalam bentuk avatar, selayaknya di dunia nyata. Contoh dari penerapannya adalah game online.

Social World Virtual

Social World Virtual memungkinkan para pengguna nya untuk memilih perilaku mereka secara lebih bebas dan pada dasarnya tinggal di kehidupan virtual yang menyerupai kehidupan nyata para penggunanya. Dunia sosial berbasis virtual ini banyak diminati dengan menggunakan perangkat VR (Virtual Reality) yang dipasangkan di area mata manusia. Perbedaannya dengan game world virtual terletak pada tujuan pengembangannya yang lebih ditekankan pada penyesuaian dengan dunia nyata (real life). Salah satu contohnya adalah second life.

Rekomendasi Jenis-Jenis Media Sosial Untuk Bisnis

Penggunaan media sosial semakin meningkat setiap tahunnya sehingga para pebisnis memiliki peluang yang sangat besar dalam mempromosikan produk mereka. Hasil yang didapat dari bisnis yang ditekuni pun dapat meningkatkan pendapatan berlipat-lipat. Berikut adalah media sosial yang potensial untuk berbisnis :

Instagram

Saat ini Instagram merupakan salah satu media sosial paling populer, terutama kaum milenial. Terdapat beberapa fitur yang membuatnya digemari oleh jutaan orang di seluruh dunia contohnya instagram story, IGTV, reels, dan lain-lain. Namun, fitur yang paling penting untuk meningkatkan bisnis anda adalah Instagram ads, anda dapat mempromosikan produk melalui layanan iklan yang tersedia. Dan nanti nya, produk tersebut dapat menjangkau konsumen secara global dan luas.

Tik Tok

Walaupun tik tok termasuk media sosial baru (diluncurkan pada tahun 2016), tetapi media sosial ini langsung menjamur di kalangan anak muda ataupun dewasa dan telah memiliki pengguna aktif 625 juta orang di seluruh dunia. Tik tok sendiri merupakan aplikasi layanan berbagi video dengan durasi penayangan yang bisa dibilang cukup pendek. 

Facebook

Facebook  merupakan salah satu media sosial yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Memulai bisnis di Facebook tidak membutuhkan biaya, sehingga tidak mengeluarkan modal besar. Terdapat fitur yang dapat menampung produk anda yaitu platform marketplace. Anda tidak perlu repot atau bingung untuk membuat website online shop sendiri. Caranya cukup mudah, daftarkan akun dan produk anda melalui marketplace yang disediakan Facebook, maka anda dapat melakukan transaksi jual beli online dengan lancar dan tersistem.

Baca Juga :  Dampak Positif dan Negatif Sosial Media

Youtube

Youtube merupakan media sosial dengan pengguna terbanyak. Dari total 150 juta pengguna internet di Indonesia, 88 persen penggunanya menggunakan Youtube untuk memutar video. Banyaknya jumlah pengguna YouTube di Indonesia tentu sangat menguntungkan bagi para pemilik bisnis yang ingin mengenalkan dan mempromosikan produk nya. 

Whatsapp

Mudah digunakan dan memiliki fitur cukup lengkap menjadi alasan banyak orang menggunakan media sosial ini dibanding aplikasi chat lainnya. Saat ini Whatsapp telah diakuisisi oleh Facebook, sehingga sangat mudah untuk anda membuat media promosi untuk produk anda. Apalagi sekarang sudah ada WhatsApp Business dan WhatsApp Business API yang semakin mempermudah menjalankan dan mengembangkan bisnis. Keduanya memang dirancang khusus bagi para pebisnis berkomunikasi dengan pelanggan, supaya proses promosi dan transaksi dapat berjalan dengan lebih lancar.

Twitter

Twitter terkenal dengan fitur thread nya, anda dapat memposting berbagai hal untuk dilihat oleh teman, maupun public user. Anda dapat memanfaatkan strategi pemasaran melalui platform ini. Tweet anda bisa muncul di timeline pengguna yang menyukai, meretweet, membalas, dan mem-promote tweet anda. Apalagi jika anda memakai fitur Twitter Ads, maka anda dapat lebih cepat menjangkau pengguna Twitter dengan jumlah yang lebih banyak.

Linkedin

Linkedin merupakan media sosial untuk menyampaikan informasi dan komunikasi seputar lowongan kerja terbaru dari berbagai perusahaan dan instansi terkait. Media sosial ini juga dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis. Caranya adalah posting beberapa konten yang berkualitas secara teratur untuk meningkatkan brand awareness di halaman Linkedin bisnis Anda. 

Pengaruh Media Sosial Terhadap Masyarakat

Pengaruh media sosial bisa kita lihat dari dampak positif dan negatifnya.

Dampak Positif :

  1. Sebagai media menyampaikan informasi.
  2. Dapat menyambung tali silaturahmi.
  3. Mempermudah dalam berbelanja.

Dampak Negatif :

  1. Susah bersosialisasi dengan orang sekitar.
  2. Membuat seseorang lebih mementingkan diri sendiri.
  3. Membuat anak-anak dan remaja menjadi lalai dan juga tidak bisa membagi waktu.

Inilah pembahasan mengenai pengaruh media sosial terhadap masyarakat. Semoga bisa menjadi refrensi anda dan bijak dalam menggunakan media sosial. Media sosial bisa sangat menguntungkan bila kita menggunakan nya dengan benar. Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Related Article…