Profesi Admin Sosial Media

Profesi admin sosial media  – Di dalam dunia bisnis yang semakin berkembang, hal ini dipengaruhi oleh pertumbuhan teknologi yang mempermudah manusia dalam bertransaksi.

Melihat pertumbuhan pasar yang serba cepat ini tentunya kita perlu meningkatkan sumber daya manusia sehingga bisa cepat, tanggap, dan dapat diandalkan. salah satu pekerjaan yang memerlukan kriteria tersebut adalah admin sosmed untuk mengelola dan menjalankan sosial media dari perusahaan.

Pembahasan

Admin sosial media adalah orang yang berfokus untuk melakukan pengelolaan serta mengoperasikan berbagai platform media sosial yang perusahaan miliki. Tujuannya adalah supaya kepentingan promosi atau pun penyampaian informasi bisa dilakukan kepada pengguna internet.

Karena pekerjaannya yang membutuhkan lebih banyak waktu, admin sosial media bisa bekerja tak kenal waktu, alias 24 jam dalam sehari.

Tugas utamanya Admin Social Media adalah mengelola akun social media dari dari sisi konten secara keseluruhan.

Tanggung jawab dari admin sosial media mulai dari merencanakan konten yang akan ditayangkan, menentukan jadwal atau waktu tayang konten, menganalisa konten yang sudah dipublikasikan, hingga menjawab semua pertanyaan/komentar/keluhan yang datang dari para followers atau customer.

Baca Juga :  Profesi Social Media Marketing

profesi admin sosial media

Merancang konten

Sebagai seorang yang menjalankan pekerjaan sebagai Social Media Admin harus pandai dan cermat dalam memilih konten yang akan dipublikasikan. Tidak boleh sekadar update status saja, tapi juga  harus melihat apakah ingin mempublikasikan konten yang berupa gambar/teks/atau lainnya. admin sosial media juga akan melakukan penyesuaian terhadap siapa dan bagaimana karakteristik pada followers nya.

Seperti salah satu Contoh mudahnya, misal 3 hari ke depan adalah Hari kemerdekaan, maka sebagai Social Media Admin harus mempersiapkan konten ucapan atau konten tenteng mengenang para pahlawan di hari kemerdekaan itu. Ini sederhana, tetapi justru semacam ini akan meningkatkan citra baik untuk perusahaan itu.

Penentuan Waktu Tayang

Ini juga per di perhatikan tidak boleh asal unggah konten saja tanpa melihat waktunya. Social Media Admin juga memiliki tanggung jawab melakukan riset terhadap akun media sosial yang dikelolanya. Cara yang biasanya digunakan adalah dengan melihat laporan dari status yang sudah dibuat sebelumnya. Nantinya dilaporan ini akan ada waktu yang memiliki engagement yang bagus.

Pada umumnya para Social Media Admin memiliki catatan tentang jam-jam terbaik untuk melakukan publikasi yang dikenal dengan istilah Prime Time.

Penentuan waktu ini juga perlu riset lebih mendalam terutama tentang kapan followers akun kita membuka media sosialnya. Dan pastikan Jangan mengupdate di pukul pukul 00.00, karena tentu yang akan melihat sedikit, itu tidak efektif.

Baca Juga :  Profesi Sales Merchandiser

Menjaga komunikasi

Apabila ada respon masuk maka admin sosial media juga harus siap untuk menjawabnya.  Menjawab respon dari followers atau customer itu juga menjadi bagian pekerjaan dari Social Media Admin.

Segala respon yang masuk baik pertanyaan, komentar, keluhan, dll harus dijawab. Dan cara menjawabnya harus dengan baik dan ramah.

Sebagai admin media sosial kita tidak boleh sampai terbawa emosi. Karena jika sampai terbawa emosi dapat berakibat buruk pada perusahaan. Admin sosial media juga perlu melakukan atau melaporkan progres yang sudah berjalan secara rutin. Progress ini akan menjadi bentuk kinerja yang dilakukan oleh admin sosial media.

Tanggung Jawab Social Media Admin

Jangan pernah meremehkan Social Media Admin, karena posisi ini yang mengelola akun-akun media sosial perusahaan ini akan sangat berdampak pada citra perusahaan.

Tanggung jawab menjaga nama baik perusahaan juga bisa dilakukan dari media sosial yang mereka miliki. satu kesalahan yang fatal dapat sangat mempengaruhi terhadap pandangan orang ke perusahaan.

Related Article…