Mengenal VGA pada Komputer

MENGENAL VGA PADA KOMPUTER – Apakah nama VGA begitu asing di telinga Anda? Untuk Anda yang jurusan multimedia pasti akan mengenali apa itu VGA. VGA sangat berkaitan dengan dunia multimedia karena kebutuhan akan penggunaan VGA sangat dibutuhkan oleh para pengguna komputer atau PC. VGA merupakan sebuah keharusan bagi kamu yang sering berurusan dengan multimedia. Untuk tujuan VGA itu sendiri yakni dapat meningkatkan kualitas tampilan komputer dan laptop. 

VGA sendiri dikenal sebagai Video Graphic Array yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas gambar maupun video dan meningkatkan grafis yang bagus serta menjadi komponen penting dalam komputer. Sementara VGA dalam dunia tekhnologi memiliki pengertian berbeda dengan tujuan yang sama dan lebih dikenal sebagai perangkat yang dipasang pada CPU.

VGA dengan kualitas yang tinggi menjadi suatu kebutuhan yang diharuskan dimiliki oleh para gamers, designer graphic, video editor dengan tujuan agar mendapatkan pengalaman serta hasil yang menarik. VGA meliputi video card, graphic card dan adapter serta display. Bidang ini merujuk pada pengeditan video, pembuatan animasi dan pendesainan 2D dan 3D.

Menghubungkan dengan motherboard komputer, Kartu VGA berisi mekanisme pendinginan, unit pemrosesan, koneksi ke perangkat tampilan serta memorinya tersendiri. Sistem komputer dengan spesifikasi rendah mempunyai grafis terintegrasi CPU untuk menghasilkan umpan gambar keluaran tentunya sangat dibutuhkan VGA. Untuk mengetahui pengertian VGA, fungsi VGA, jenis VGA Anda bisa simak artikel berikut ini.

PENGERTIAN VGA

VGA atau yang bisa disebut sebagai Video Graphic Adapter merupakan perangkat keras atau hardware yang digunakan dengan tujuan meningkatkan kualitas tampilan monitor pada komputer maupun laptop dan merupakan standar grafis terbaru yang pengembangannya pertama kali dilakukan oleh IBM untuk graphic card komputer serta menjadi tampilan antarmuka atau tampilan standar yang sebagian besar digunakan oleh komputer maupun laptop.

Dalam sejarahnya, VGA didistribusikan pertama kali untuk resolusi layar yang kecil yakni 640 × 480 pikses lalu mengalami pengembangan standar yang diperkenalkan menjadi SGVA atau Super VGA untuk resolusi layar yang lebih besar daripada yang sebelumnya yakni sekitar 800 × 600 piksel atau 1024 × 768 piksel.

Saat ini VGA sudah difasilitasi dengan Chipset Graphic Accelerator dengan kemampuan akselerasi tiga dimensi yang sudah terintegrasi. Saat ini Periferal 3D Accelerator lebih digunakan dalam pengolahan dan penerjemahan gambar 3D yang mampu memanipulasi grafis 3D agar lebih realistis seperti pada saat menjalankan game.

Baca Juga :  10 Rekomendasi VGA Gaming 2 Jutaan

KEGUNAAN VGA

Perkembangan dunia komputer dan tekhnologi yang pesat semakin membuat VGA menjadi suatu kebutuhan yang banyak dicari dikarenakan dengan bertambahnya pengguna komputer maupun laptop. VGA card digunakan juga untuk mengonversi sinyal digital dari output komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Oleh karena itu,  VGA card berfokus pada kebutuhan grafis.

Selain itu, kegunaan VGA yang lainnya yakni untuk menerjemahkan hasil output komputer ke layar monitor dan mengonversi gambar menjadi output yang berkualitas. Dengan konektor VGA yang tersambung pada laptop atau PC dapat disambungkan ke TV hanya dengan menggunakan HDMI untuk mendapatkan gambar yang berkualitas. VGA card juga mampu membuat game atau video game memiliki grafis yang menarik serta mampu membuat tampilan monitor menjadi lebih realistis.

VGA juga memiliki kegunaan untuk menyimpan data hardisk dan menyuplai data prossessor yang akan diproses. Akan tetapi dengan kegunaan VGA yang begitu banyak itu tidak merubah pandangan orang mengenai pentingnya kartu VGA ini dikarenakan biasanya VGA sudah tertanam pada motherboard atau CPU yang menyebabkan pengguna komputer maupun laptop hanya menggunakan komputer maupun laptopnya untuk aktivitas seperti multitasking saja seperti microsoft office dan browsing.

Mengenal Komponen VGA pada komputer

Mengenal Komponen VGA pada komputer

CARA KERJA VGA

Setelah mengetahui mengenai pengertian VGA dan kegunaannya, untuk memperdalam pengetahuan Anda bisa mempelajari mengenai cara kerja VGA agar bisa menggunakannya secara baik dan optimal. VGA tidak akan dapat menjalankan operasinya saat tidak ada aplikasi komputer yang belum dijalankan. Jadi VGA akan mulai beroperasi jika ada aplikasi komputer yang dijalankan lalu instruksi dari aplikasi yang dijalankan pada komputer akan diterima oleh driver graphic card untuk diambil data digitalnya yang selanjutnya akan dikonversi.

Jika data digital telah terkonversi dengan baik maka akan dikirim oleh driver menuji graphic card agar bisa memulai proses rendering melalui slot pada CPU atau motherboard ( AGP/PCI-E ). Proses berikutnya, data akan sampai pada graphic card dan ditujukan pada memori penyimpanan sementara atau yang biasa disebut dengan RAM. Kemudian data tersebut akan diambil alih oleh GPU atau Graphic Processing Unit dan selanjutnya akan diubah menjadi piksel-piksel gambar. Setelah itu, data yang sudah terkonversi akan dikirim balik ke Video RAM.

Baca Juga :  Mouse Pada Komputer : Pengertian, Jenis-Jenis, dan Sejarah

Video RAM memperoleh hasil data yang sudah terkonversi dan melanjutkan prosesnya ke RAMDAC atau digital to analog converter yang bertugas menerjemahkan sinyal analog agar bisa digunakan oleh komputer untuk dikonversikan ke data analog. Setelah melanjutkan prosesnya ke RAMDAC dan dikonversikan ke data analog maka akan menghasilkan output final gambar ke layar monitor yang melalui kabel dan display interface atau monitor.

JENIS JENIS VGA

Setelah mempelajari mengenai pengertian VGA, kegunaan VGA dan cara kerjanya maka untuk memperdalam pengetahuan Anda bisa mempelajari juga mengenai jenis jenis VGA agar bisa menambah pengetahuan Anda mengenai VGA. VGA dibedakan menjadi 2 jenis yaitu VGA On Board dan VGA Add-on yang biasa disebut dengan VGA card atau kartu VGA.

VGA On Board

Jenis VGA On Board ini banyak digunakan pada komputer maupun laptop dan memiliki chip yang bersatu dengan motherboard atau CPU sekaligus bekerja dengan memanfaatkan memori komputer yang biasa disebut dengan RAM. VGA On Board banyak ditemui pada komputer dengan spesifikasi rendah dan tidak terlalu membutuhkan kebutuhan grafis dan 3D nya. Komputer kecil server, komputer perkantoran, notebook dengan layar kecil dan laptop dengan harga murah dibawah 2 jutaan hingga 3 jutaan ( low-end ) masih menggunakan VGA On Board. Pengertian VGA On Board dengan VGA Add-on atau VGA Card tentulah sangat jauh berbeda.

VGA Add-on / VGA Card

Berbeda dengan VGA On Board yang sudah terbenam pada komputer maupun laptop dengan spesifikasi rendah, VGA Add-on atau yang biasa disebut dan dikenal sebagai VGA Card merupakan VGA yang terpisah dengan motherboard atau CPU pada komputer dan sangat memerlukan socket khusus untuk menginstalnya. Dikarenakan letaknya yang berbeda yakni RAM dan VGA Add-on terletak pada tempat yang terpisah. VGA Add-on ini bekerja lebih baik dan untuk spesifikasi komputer yang lebih tinggi. VGA jenis Add-on atau VGA Card ini banyak ditemui pada komputer berspesifikasi tinggi dengan harga yang cukup mahal atau high-end.

Sekian pembahasan tentang Mengenal Komponen VGA pada komputer. Semoga bisa menjadi salah satu refrensi anda untuk meningkatkan pengetahuan terutama yang berhubungan dengan perkembangan teknologi. Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya

Related Article…