Mengenal Processor Pada Komputer

Mengenal Processor Pada Komputer – Pada perangkat komputer ada berbagai komponen yang digunakan agar bisa menjalankan proses dengan baik, salah satu yang penting adalah processor. Sekarang ini ada banyak hal yang bisa digali dengan mengetahui processor lebih dalam. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Prosesor Pada Komputer

Prosesor atau Processor adalah sebuah komponen IC (Integrated Circuit) yang bertugas mengontrol semua proses yang berjalan pada sebuah sistem komputer dan merupakan komponen utama atau otak komputer. Komponen ini komputer sangat penting karena  prosesor dapat berfungsi untuk memanajemen arus data agar terhindar dari stack data (macet) dalam melakukan operasi komputer sehingga tanpa adanya prosesor, komputer tidak dapat beroperasi. 

Pengertian processor menurut para ahli :

Juharis & Abdul Hamid

Menurut mereka, Prosesor yaitu selaku pusat eksekusi dari setiap perintah, baik sebuah instruksi maupun data dalam sistem komputer.

Lia Kuswayatno

Menurut beliau, Prosesor yaitu sebuah chip yang menjadi pengolah utama serta digunakan sebagai pusat pengendali dari berbagai perangkat komputer.

Rahmat Putra

Menurut beliau, Prosesor yaitu sebuah komponen terpenting yang terdapat pada komputer dalam mengendalikan segala komponen yang berdasar di dalam komputer, untuk mengolah data serta untuk mengeksekusi semua sistem operasi yang sudah diinstalkan pada komputer.

IR. Sugiyono

Menurut beliau, Prosesor adalah perangkat terpenting dalam komputer sebagai tenaga pelaksana eksekusi perintah atau program di dalamnya. 

Ajen Dianawati

Menurut beliau, Prosesor adalah suatu alat untuk mengolah atau memproses data berupa tulisan angka, maupun gambar di komputer. 

Ali Zaki & Smitdev Community

Menurut mereka, Prosesor adalah otak dari komputer yang memproses masukan informasi biner dari komputer.

Erima Oneto

Menurut beliau, Prosesor adalah otak atau pusat pengendali komputer yang bekerja dengan dukungan komponen lainnya.

Raya Fahreza

Menurut beliau, Prosesor adalah bagian terpenting dari komputer yang berfungsi untuk mengontrol segala aktivitas yang ada di komputer.

3 Bagian penting yang ada pada prosesor :

  1. Aritmatik Logical Unit (ALU) adalah bagian dari prosesor yang memiliki tugas untuk dapat melakukan perhitungan aritmatika yang berjalan sesuai dengan program dengan instrruksi kode yang sudah ada.
  2. Control Unit (CU) adalah bagian dari prosesor yang memiliki tugas untuk mengendalikan proses yang terjadi pada prosesor, seperti proses input dan output yang dilakukan oleh prosesor.
  3. Memori Unit (MU) adalah bagian dari prosesor yang memiliki tugas untuk menyimpan cache, memori unit juga merupakan sebuah penyimpanan kecil tetapi memiliki akses kecepatan yang sangat tinggi.
Baca Juga :  Mau Beli Keyboard Mechanical? Yuk Kita Ulas Sebelum Beli

Sejarah Penemuan Prosesor

Prosesor pertama kali mulai dikembangkan ketika Konrad Zuse mulai mengembangkan komputer Z1 pada tahun 1936, kemudian di Harvard pada tahun 1944 Howard Aiken dan Grace Hopper mengembangkan Mark I Computer, hingga akhirnya pada tahun 1946 komputer ENIAC 1 dibuat oleh John Presper Eckert dan John W dengan 20.000 tabung elektronik yang memenuhi suatu ruangan. Konsep prosesor kemudian dikembangkan kembali hingga tahun 1958 di Bell Labs, Amerika Serikat oleh Jack Kilby dan Robert Noyce, dari sinilah rangkaian terintegrasi atau “chip” muncul.

Mulanya, prosesor dimulai dari dikembangkannya konsep sebuah benda elektronik yang membutuhkan ruang besar untuk menjalankan seluruh komponen komputer dalam sistem kerjanya. Bahkan dulu, penyebutan nya itu bukan “processor” tetapi “microprocessor”. Microprocessor ini lah yang merupakan chip yang bertugas untuk mengolah data sederhana. Penggunaan istilah Microprocessor memiliki arti “micro” yang artinya kecil atau sangat kecil, dan “processor” yang artinya alat pemroses. 

Sebelum munculnya teknologi prosesor, terdapat sejarah dioda dan transistor yang saling berhubungan secara berkesinambungan, karena komputer zaman dulu menggunakan ratusan bahkan ribuan transistor yang dirangkai sedemikian rupa, dan dimensinya pun sangat besar, berat dan tidak efisien.

Fungsi Prosesor Pada Komputer

Secara umum prosesor hanya memiliki fungsi untuk memproses data yang didapat dari sebuah masukan atau input-an, dan selanjutnya akan menghasilkan sebuah keluaran (output). Tetapi, prosesor tidak dapat bekerja sendiri karena saling terhubung dengan komponen lain seperti Hardisk dan RAM. 

Jabaran mengenai fungsi prosesor :

  1. Performa komputer tetap terjaga
  2. Mengolah perhitungan algoritma
  3. Menunjang kegiatan spesifik komputer
  4. Menjaga stabilitas komponen komputer
  5. Mendukung kebutuhan spesifik komputer
  6. Memastikan komputer bekerja dengan baik
  7. Menjalankan proses informasi pada komputer
  8. Memberikan perintah kepada tiap komponen komputer

Mengenal Processor pada komputer

Jenis Jenis Prosesor

Berikut adalah jenis jenis prosesor komputer antara lain :

Intel Processor

Intel Processor adalah produk yang paling banyak digunakan dan sangat terkenal bagi pengguna laptop/ komputer. Intel adalah sebuah produk prosesor keluaran dari perusahaan terkenal Intel Corporation, perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1968 dengan pusat pengembangan dan produksinya yang terletak di Amerika Serikat. Intel merupakan saingan terberat AMD jika dilihat dari segi produk.  

Baca Juga :  Tips Agar Laptop Enggak Gampang Panas

AMD (Advanced Micro Processor)

Advanced Micro Processor atau yang seringkali disebut dengan AMD ini adalah sebuah perusahaan pembuat processor dan Graphic Card. AMD menjadi perusahaan pemasok prosesor terbesar kedua setelah Intel Corporation. Walaupun AMD masih berada dibawah Intel akan tetapi, pada tahun 2019-2020 AMD mulai unggul dari Intel dengan lini produk prosesornya dengan seri Ryzen. AMD semakin banyak digemari terutama oleh gamer karena kini sudah disertai dengan Graphic Card langsung di prosesornya. Berikut jenis produk prosesor AMD yang telah dipasarkan AMD E2, AMD A4, AMD A9, AMD Ryzen 3, AMD Ryzen 5, AMD Ryzen 7 dan lain lain.

ARM Processor

ARM Processor yaitu sebuah perusahaan yang mana didalamnya terdapat arsitektur processor yang mencapai 32 bit. Pusat pengembangan serta basis produksi ARM Processor ini masih berada dibawah lisensi dari ARM Limited. Processor ini dipakai untuk processor pada ponsel, sehingga tidak heran apabila hardware yang satu ini banyak tertera pada berbagai macam smartphone. 

Cyrix Processor

Cyrix yaitu sebuah perusahaan yang melakukan pengembangan pada bidang mikroprocessor komputer. Awal pendirian perusahaan dan produksi produk dilakukan pada tahun 1988. Pusat pengembangan serta produksi processor ini letaknya berada di Texas. Cyrix ini termasuk dalam salah satu pemasok processor dengan performa cukup tinggi.

Transmeta Processor

Transmeta yaitu sebuah perusahaan yang melakukan pengembangan di bidang semikonduktor mikroprocessor. Pusat pengembangan dan produksi dari transmeta ini terletak di California.

Via

Via yaitu sebuah perusahaan yang melakukan pengembangan pada chipset. Berbeda dengan kebanyakan produsen processor lainnya yang dikembangan di Eropa, produk ini termasuk dalam salah satu bagian dari Formosa Plastics Group yang mana pusat pengembangan dan juga produksinya berada di Taiwan.

Apple Processor

Apple Processor awalnya adalah perusahaan yang dikenal dengan nama Apple Computer, Inc akan tetapi  belakangan ini perusahaan processor berada dibawah lisensi apple yang disebut sebagai Apple Inc. Pergantian nama tersebut dilakukan setelah peluncuran produk baru dari iphone.

Perusahaan multinasional ini memproduksi berbagai macam processor yang berfokus di bidang perancangan, resource, dan juga penjualan produk elektrik perangkat lunak komputer.

Sekian dulu pembahasan tentang Mengenal Processor pada komputer. Untuk informasi lainnya baik tentang teknologi, SMK ataupun Digital Marketing SIlahkan kunjungi website kami. Semoga bermanfaat

Related Article…