Mau Beli Smartwatch? Yuk Kita Bahas

Mau Beli Smartwatch? Yuk Kita Bahas – Smartwatch atau yang biasa dikenal dengan jam tangan pintar digital, adalah jam tangan yang mampu layar sentuh dan dapat dihubngkan ke telepon melalui Bluetooth atau WiFi.

Memiliki bermacam-macam model dan ada juga model yang tidak memerlukan koneksi untuk berfungsi. Kalian ingin membeli Smartwatch?

Mau tahu kegunaan dan fitur-fitur yang ada pada Smartwatch? Simak ulasan berikut ini.

Mau Beli Smartwatch? Yuk Kita Bahas

Mau Beli Smartwatch? Yuk Kita Bahas

Pengertian Smartwatch

Saat ini sudah banyak modifikasi teknologi digital sepert Smartphone (Telepon Pintar), Smart TV (TV Pintar), dan kini hadir Smartwatch (Jam Pintar).

Istilah smart ini erat pada sebuah objek elektronik umumnya, yang berarti perangkat tersebut dapat terkoneksi dengan internet atau perangkat elektronik lainnya.

Smartwatch ini bisa digunakan layaknya seperti smartphone karena bisa mendapatkan informasi melalui akses ke berita, cuaca, GPS, Email, Telepon dan masih banyak lagi.

Sayangnya, smartwatch tidak cocok dengan semua jenis smartphone. Misalnya seperti smartwatch android hanya cocok untuk smartphone android, begitu juga dengan smartwatch dari Apple (iWatch) hanya cocok untuk pengguna smartphone Iphone saja.

Dikarenakan, smartwatch hanya bisa bekerja dengan smartphone yang menggunakan sistem operasi yang sama. Namun ada juga smartwatch yang hanya bekerja dengan jenis smartphone tertentu saja. Seperti smartwatch dari Samsung hanya bisa digunakan untuk smartphone Samsung saja.

Berikut ini adalah beberapa brand/vendor yang sudah berkecimpung dalam dunia smartwatch:

  1. Apple – Apple Watch (iWatch)

Hadir dengan tiga jenis bahan casing yang berbeda-beda, yaitu stainless steel, alumunium (type sport), lapisan emas 18k (type edition). Dan juga menghadirkan dua ukuran yaitu 42mm dan 38mm yang masing-masing cocok digunakan untuk pria maupun wanita.

  1. Pebble

Pebble ini merupakan perusahaan baru yang memproduksi smartwatch. Keunikan dari smartwatch pebble ini adalah cocok untuk smartphone android maupun smartphone iOS (iPhone).

  1. LG
Baca Juga :  5 Aplikasi Remote TV Terbaik di HP Android

Keunikan dari smartwatch merek LG ini adalah tampilannya yang klasik, mirip dengan jam tangan biasa. Smartwatch LG ini hanya cocok dengan smartphone android.

  1. SONY

Memiliki 3 jenis tipe smartwatch, seperti Sony Smartwatch, Sony Smartwatch 2, dan Sony Smartwatch 3. hanya bisa digunakan untuk smartphone android.

  1. Samsung

Produk smartwatch Samsung hanya bisa digunakan dan hanya cocok dengan smartphone tertentu dari Samsung saja. Namun ada juga produk smartwatch Samsung yang cocok dengan semua smartphone android, yaitu smartwatch Samsung Gear Live.

Demikian gambaran sekilas produk smartwatch dari beberapa brand/vendor. Dan untuk anda yang berminat memiliki produk smartwatch adalah dengan melihat kompatibilitas atau kecocokannya dengan smartphone yang anda miliki.

Sejarah ditemukannya Smartwatch

Pada tahun 1998, Steve Mann yang pertama kali menciptakan, merancang, dan membuat jam tangan dengan sistem operasi Linux. Berkat karyanya Steve Mann memperoleh julukan Father of Wearable Computing. Kemudian di presentasikan di IEEE ISSCC 2000, 7 februari 2000.

Setelah itu, pada Juni 2000, IBM menampilkan dan meluncurkan sebuah jam tangan Linux. Smartwatch ini memiliki memori 8MB dan menggunakan platform Linux 2.2.

kemudian IBM berkolaborasi dengan Citizen Watch Co menciptakan WatchPad dengan menggunakan platform Linux 2.4. ditahun yang sama, Epson Seiko yang merupakan perusahaan jam tangan terkenal dari Jepang, memperkenalkan jam tangan Chrono-bit pada bulan September, 2000.

Tahun 2003, Fosil merilis PDA Wrist, yaitu jam tangan dengan sistem operasi Palm OS dan berisi memori 8MB RAM dan memori flash 4MB.

2004, Microsoft merilis smartwatch SPOT (Smart Object Personal Technology), yang menawarkan informasi sekilas dengan layer 90 x 126 pixel.

Pada tahun 2009, Samsung meluncurkan smartwatch s9110 yang memiliki layer LCD berwarna 1,76 inci (45mm) dengan tebal layer 11,98mm.

2010, Sony meluncurkan Sony Ericsson Liveview. Lalu pada tahun 2013, Samsung brand asal Korea ini menjadi pioneer yang menghadirkan kembali perangkat jam tangan pintar yang diberi nama “Galaxy Gear” yang terkoneksi langsung dengan smartphone Samsung.

Baca Juga :  Sejarah ditemukannya Laptop dan perkembangan sampai saat ini

Kemudian pada tahun 2014, Apple tidak mau kalah dengan brand IT lainnya, sehingga Apple mengeluarkan smartwatch dengan keunggulannya sendiri yang memiliki tampilan menu yang mudah diakses dan dengan fitur yang menarik lainnya.

Dengan melihat perjalanan sejarahnya, dipercaya bahwa pada tiap tahunnya akan semakin banyak jam tangan pintar yang diluncurkan oleh brand-brand besar di bidang IT dan smartphone.

Fitur-fitur pada Smartwatch

Berikut adalah beberapa fitur dan kegunaan dari smartwatch:

  1. Melacak kebugaran

Smartwatch dilengkapi dengan fitur peningkatan gaya hidup seperti pedometer yang dapat menghitung jumlah Langkah yang diambil pengguna sepanjang harinya.

Smartwatch juga memiliki fitur monitor detak jantuk untuk memantau detak jantung, serta memiliki monitor tidur untuk memantau kualitas tidur pengguna, monitor EKG, dan juga monitor tekanan darah.

  1. Navigasi

Smartwatch memudahkan pengguna dan juga memberikan keamanan dan kenyamanan pengguna dengan memberikan fitur GPS/Navigasi.

Dengan contoh iWatch memberikan arah melalui getaran berbeda yang menunjukkan apakah harus berbelok ke kanan atau ke kiri.

  1. Melakukan dan Menerima Panggilan Telepon

Smartwatch yang terhubung ke smartphone dapat digunakan untuk melakukan dan menerima panggilan telepon.

  1. Menemukan Smatphone

Fitur ini sangat bermanfaat untuk orang yang sibuk dan mudah lupa, karena disediakan fitur “Find My Phone” anda akan cepat menemukan ponsel dalam hitungan detik.

Ponsel akan mulai berdering dengan volume penuh setelah anda memulai fitur tersebut.

  1. Memutar Musik

Jika smartwatch terhubung dengan smartphone, anda bisa memutar music dan memilih dari katalog music telepon.

Namun kini tersedia beberapa smartwatch yang sudah memiliki fitur pemutar music tanpa harus menghubungkannya ke smartphone, dengan koneksi seluler atau WiFi sudah bisa mengunduh dan memutar music di smartwatch tanpa perlu koneksi smartphone.

  1. Notifikasi

Smartwatch menawarkan pengguna dalam kemudahan untuk mengakses notifikasi smartphone mereka, seperti, notifikasi media social, notifikasi aplikasi, notifikasi pesan dapat diakses dari smartwatch setelah terhubung ke smartphone. Dengan ini pengguna dapat tetap update.

Demikian ulasan mengenai pengertian, sejarah, fitur dan juga kegunaan Smartwatch.

Semoga dapat memberi manfaat dan menambah informasi kepada pada pembaca.

Related Article…