Mau Beli Keyboard Mechanical? Yuk Kita Ulas Sebelum Beli

Mau Beli Keyboard Mechanical? Yuk Kita Ulas Sebelum Beli – Kata keyboard pasti sudah tidak asing lagi ditelinga para pengguna komputer. Keyboard merupakan salah satu perangkat keras komputer. Baik dalam komputer maupun laptop, peran keyboard tidak bisa dipisahkan karena keyboard merupakan komponen yang penting. Keyboard ini berfungsi menerima inputan dari pengguna. Terdapat beberapa jenis keyboard, nah yang akan kita bahas sekarang ini adalah Keyboard Mechanical. Yuk, kita simak ulasannya!

Keyboard Komputer

Keyboard adalah alat input komputer dalam bentuk angka, huruf, serta simbol-simbol kontrol khusus. Keyboard merupakan papan tombol yang memiliki susunan tombol atau kunci yang bekerja sebagai tuas mekanis atau saklar elektronik. 

Secara umum, keyboard memiliki banyak sekali tombol yang terdiri dari tombol alphanumeric, tombol fungsi, serta tombol utilitas lainnya. Tombol keyboard dapat difungsikan menggunakan satu buah tombol keyboard atau lebih dari dua tombol keyboard. Keyboard juga membantu pengguna komputer dalam mengontrol pekerjaan secara efisien, dengan mempelajari beberapa perintah dan tombol instruksi. Terdapat 2 port keyboard yang ada pada komputer yaitu PS2 dan USB, akan tetapi seiring berkembangnya teknologi muncul lah keyboard wireless (keyboard tanpa kabel).

Sejarah Ditemukannya Keyboard Komputer

Dalam sejarahnya, keyboard diciptakan oleh seorang politikus sekaligus inventor amatir asal Milwaukee bernama Christopher Latham Sholes pada tahun 1868. Mesin Tik adalah keyboard yang paling pertama diciptakan. Dahulu banyak orang sudah memanfaatkan mesin tik baik itu mesin tik biasa maupun mesin tik listrik untuk menciptakan tulisan dalam sebuah kertas. 

   Sejarah mengatakan bahwa sebelum Christopher memulai untuk menciptakan mesin ketik, Henry Mill dan William Justin Burt telah lebih dulu mencoba untuk merakit mesin ketik. Tetapi, mesin ketik ciptaan mereka memiliki kemampuan yang masih rendah dalam hal kecepatan dan dinilai cenderung bekerja lebih lamban jika dibandingkan dengan menulis dengan menggunakan tangan. Karena hal itu, mesin ketik ciptakan Henry Mill dan William Justin Burt tidak laku saat dipasarkan.

   Awalya keyboard diciptakan menggunakan keyboard ABCDE. Namun dalam teknisnya. Pengguna mengeluh bahwa mesin ketik ciptaan Christopher Letham Sholes sering mengalami kegagalan mekanik serta sering mengalami kemacetan saat ditekan. Christopher Letham Sholes menampung segala keluhan dan kritik serta akhirnya menciptakan solusi untuk keluhan dari pengguna mesin ketiknya dengan mencoba merubah ulang dan mengacak susunan huruf yang terletak pada papan mesin ketiknya, dan terciptalah susunan huruf QWERTYUIOP. Penciptaan tombol QWERTYUIOP yang dilakukan Christopher Letham Sholes didasarkan pada mengubah kecepatan dari setiap orang saat mengetik menggunakan mesin ketik. Ketika pengguna mengetik secara lambat maka kegagalan mekanik tidak akan mungkin terjadi pada mesin ketik rancangannya. Hingga saat ini beberapa keyboard yang ditemui masih banyak menggunakan susunan keyboard milik Christopher Letham Sholes, yaitu menggunakan susunan QWERTYUIOP.

Baca Juga :  Apa Itu Bypass iPhone Dan Kelemahannya

Perbedaan Keyboard Mechanical dan Keyboard Biasa (Membran)

   Bagi mereka yang masih basic pengetahuan nya terhadap perangkat komputer tentu akan sulit untuk membedakan jenis keyboard terutama yang bertipe mechanical dengan tipe biasa. Apalagi kedua jenis keyboard ini memiliki bentuk fisik yang serupa. Apa sih perbedaanya? Berikut penjelasannya.

Dari Segi Modifikasi

Modifikasi yang dimaksud adalah keyboard bisa didesain ulang tampilannya. Tetapi sepertinya dari segi modifikasi, keyboard jenis mechanical lah yang lebih unggul daripada membran. Perbedaanya yaitu keyboard mechanical mengandalkan switch sebagai penghubung antara kunci tombol dengan sirkuit pada keyboard. Sehingga memudahkan pengguna yang ingin mendesain ulang bentuk kunci tombolnya. Sedangkan membran memiliki sistem desain yang sedikit rumit sehingga apabila kalian ingin mendesain ulang, maka pengguna harus mengubah seluruh papan keyboard. 

Dari Segi Kenyamanan

Faktor kenyamanan memang relevan bagi setiap pengguna, namun jika kalian mengambil definisi “Nyaman” secara umum maka ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui mengenai perbandingan kedua tipe keyboard ini. Mengesampingkan tipe switch yang dipakai, keyboard mechanical memberikan perasaan rileks kepada penggunanya. Sedangkan keyboard membran lebih memberikan ketenangan bagi pengguna yang tidak nyaman dengan suara berisik dari ketukan keyboard saat mengoperasikan komputer.

Dari Segi Harga

Tentunya besar kecilnya harga yang dipatok akan menentukan kualitas yang diberikan. Terlihat dari banyak keyboard mechanical yang harganya lumayan mahal sampai jutaan rupiah. Untuk tipe gaming sendiri, harga ini termasuk sesuai karena adanya tombol resposnsif yang durabilitasnya tinggi. jika anda membutuhkan keyboard untuk keperluan sehari – hari, anda bisa menggunakan keyboard tipe membran saja. jenis ini sudah cukup untuk mengcover kebutuhan sehari – hari anda.

Dari Segi Durabilitas

Durabilitas tentunya menjadi poin penting bagi mereka yang ingin memiliki keyboard awet dan tahan lama. Tapi sepertinya lagi-lagi keyboard mechanical lebih unggul dari membrane. Sebab jenis mechanical dirancang untuk penggunaan yang intens yang mana membuatnya sanggup bertahan hingga 100 juta ketukan jari, hal inilah yang membuatnya menjadi salah satu jenis keyboard gaming terbaik. Ditambah lagi apabila ada salah satu tombol yang rusak maka pengguna hanya perlu mengganti switch pada bagian yang rusak, namun jika hal tersebut terjadi pada keyboard membran kalian harus mengganti seluruh papan keyboard.

Baca Juga :  Fitur Terbaru WordPress 6.0

Dari Segi Fleksibilitas

Dari segi fleksibilitas kedua jenis keyboard ini memiliki kelebihannya masing-masing, keyboard membran yang didesain dengan material serta komponen ringan sehingga memudahkan pengguna untuk membawanya ke mana pun untuk pergi. Meski begitu mechanical keyboard mampu bersaing pada segi ukuran yang mana tersedia tipe 60% keyboard (mini / simpel) untuk memudahkan pengguna apabila mencari papan ketik yang gampang dibawa-bawa.

Jenis-Jenis Keyboard Mechanical

Mau Beli Keyboard Mechanical? Yuk Kita Ulas Sebelum Beli

Mau Beli Keyboard Mechanical? Yuk Kita Ulas Sebelum Beli

Ada beberapa jenis keyboard mechanical yang sekarang ini dikenal di

Cherry MX Black Switches

Cherry MX Black Switches ini biasanya digunakan oleh kalangan gamers yang bermain kasar karena tombolnya terasa berat saat ditekan. Suara yang dihasilkan keyboard ini cukup halus jadi cocok untuk para gamers yang ingin mengurangi noise keyboard atau melakukan streaming karena suara yang keluar tidak begitu mengganggu.

Cherry MX Blue Switches

Cherry MX Blue Switches memberikan feel tactile jadi kalian akan merasakan sensasi seperti menggunakan ujung pulpen saat ditekan. Suara yang dihasilkan cukup keras dan tinggi jadi cocok untuk penikmat suara. Keyboard mechanical dengan blue switch ini terbilang sangat mudah ditemukan di Indonesia karena memang menjadi jenis keyboard yang cukup awam. Jadi, kalian bisa memilih blue switch jika menyukai suara clicky saat mengetik atau menekannya.

Cherry MX Brown Switches

Jenis keyboard ini memiliki karakteristik yang berada di tengah-tengah antara beberapa jenis keyboard mechanical lainnya. Suara yang dihasilkan tidak terlalu bising tetapi tekanannya terbilang cukup berat meski tidak seberat black switches. Jadi, untuk kalian yang bingung mau menggunakan keyboard jenis apa, brown switches ini bisa menjadi pilihannya.

Cherry MX Red Switches

Cherry MX Red Switches memiliki suara cukup halus dan tenang saat digunakan. Keyboard ini cocok bagi kalian yang suka ketenangan saat bermain game atau mengetik karena suaranya cukup halus. Jenis keyboard ini tidak membutuhkan tekanan yang cukup dalam, jadi hanya dengan sedikit sentuhan, input sudah masuk. Keyboard ini juga cocok untuk pemilik jari kecil. 

Sekian pembahasan tentang Mau Beli Keyboard Mechanical? Yuk Kita Ulas Sebelum Beli. Semoga bermanfaat

Related Article…