Cara Memperoleh Jangkauan Sinyal WiFi Dengan WiFi Extender

Cara Memperluas Jangkauan Sinyal WiFi Menggunakan WiFi Extender – Saat ini, WiFi Extender sudah menjadi perangkat yang mudah ditemui di berbagai tempat, bahkan anda mungkin pernah melihatnya tergantung di tempat umum.

Lalu apakah WiFi Extender sama dengan modem atau router? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Pengertian WiFi Extender

WiFi Extender adalah perangkat yang biasa digunakan pada kantor, Gedung, tempat umum, café, restoran, ataupun rumah. Gunanya untuk memperluas jangkauan sinyal Wireless Router (Access Point), sehingga pengguna yang ingin menggunakan internet yang jaraknya jauh dari sumber utama jaringan masih bisa terkoneksi dengan internet.

WiFi Extender biasa digunakan Ketika terdapat WiFi dead zone atau area yang tidak mendapatkan akses jaringan. Misalnya di rumah terdapat area yang sangat lemah atau sama sekali tidak mendapatkan sinyal WiFi karena adanya sekat antar ruangan, sehingga sangat membutuhkan WiFi Extender agar sinyal mampu mencai area tersebut dengan baik dan lancer.

WiFi Extender dapat memancarkan sinyal WiFi dari sumber utamanya mencapai jarak 20 meter – 25 meter dengan kondisi lingkungan yang bebas hambatan. Namun jangkauan tersebut akan berubah sesuai kondisi yang terdapat di area tersebut.

Perlu diketahui, WiFi Extender hanya sekedar menyiarkan ulang sinyal WiFi dari Wireless Router atau jaringan utama, agar dapat menjangkau lebih banyak perankat khususnya pada era dead zone.

Umumnya WiFi Extender selalu terhubung dengan sumber listrik seperti stop kontak dan memakai dua antenna yang berfungsi untuk menerima, mereplikasi, dan memperluas sinyal jaringan pada area yang dituju.

Hal ini akan membantu anda, jika rumah atau kantornya mempunyai beragam area dengan sinyal lemah karena beberapa factor mulai dari peralatan listrik, sudut, lantai, bahan Gedung yang menolak akses.

Baca Juga :  Keunggulan Mouse Wireless Dengan Mouse Wired

Namun bisa jadi karena factor dari penempatan Wireless Router yang tidak terlalu baik sehingga menghambat pemancaran sinyal WiFi yang lebih luas.

Alat-alat yang dibutuhkan untuk memasang WiFi Extender

Peralatan yang dibutuhkan untuk memasang WiFi Extender adalah:

  1. Access Point
  2. Antena (Omni Sectoral)
  3. POE (Power Over Ethernet)
  4. Box Access Point
  5. Kabel UTP/STP
  6. Kabel Pigtail/Kabel Jumper

Cara Memasang WiFi Extender

Berikut adalah langkah-langkah untuk pemasangan WiFi Extender:

  1. Pasang Extender WiFi

Silahkan pasang Extender WiFi ke Stop Kontak. Usahakan Repeater Wifi berada di tengah lokasi antara Router dan titik jarak maksimal jangkauan WiFi.

  1. Connect Perangkat ke Extender WiFi

Buka PC atau Laptop lalu hubungkan Perangkat ke Extender WiFi.

  1. Input Alamat IP

Setelah sudah berhasil connect, silahkan buka Browser dan masukkan alamat IPnya lalu tekan Enter.

  1. Pilih WiFi Extender

Pada halaman berikutnya, akan muncul pilihan mode Extender, dan langsung pilih saja mode WiFi Extender.

  1. Klik Next

Selanjutnya akan diberi penjelasan mengenai jarak rekomendasi lokasi Extender WiFi dengan Extender yang akan diguakan sebagai sumber koneksi internet.

  1. Klik WiFi Sumber

Sistem Extender akan mencari sumber WiFi terdekat, lalu pilih SSID WiFi tersebut.

  1. Buat Nama WiFi dan Input Password

Anda bisa membuat nama Extender WiFi baru atau klik Duplicate from root untuk menyamakan SSID Extender dengan SSDI WiFi yang digunakan.

Lalu, pada kolom WiFi Network Password anda bisa masukkan kata sandi WiFi yang digunakan. Setelah itu klik Next.

  1. Klik Apply

Klik apply untuk menerapkan settingan tersebut.

  1. Tunggu Proses Restart

Kemudian tunggu sistem melakukan restart extender. Proses ini akan memakan waktu kurang lebih 1 menit.

  1. Berhasil Pasang Extender

Sampai tahap ini, kalian sudah berhasil memasangkan Extender WiFi 

5 Rekomendasi WiFi Extender

Berikut lima rekomendasi WiFi Extender yang memiliki kualitas terbaik:

  1. Xiaomi Mi AC1200
Baca Juga :  Cara Menyambungkan Laptop ke TV dengan Mudah

Mampu mengoptimalkan sinyal WiFi dengan frekuensi 2.5Ghz dan 5Ghz yang memberikan kecepatan kombinasi hingga 1200 Mbps.

Dilengkapi juga dengan teknologi smart signal indicator yang membantu menemukan lokasi penempatan terbaik untuk jangkauan yang lebih optimal. Xiaomi Mi AC1200 ini dijual dengan harga Rp 249.000.

Cara Memperoleh Jangkauan Sinyal WiFi Dengan WiFi Extender

Cara Memperoleh Jangkauan Sinyal WiFi Dengan WiFi Extender

  1. Mercusys MW300RE

Dilengkapi dengan mode range extender yang berfungsi untuk meningkatkan sinyal nirkable yang tadinya tidak dapat dijangkau dengan baik.

Terdapat tiga antenna eksternal dengan teknologi MIMO 300mbps yang membuat produk ini lebih unggul daripada produk extender yang lain.

WiFi Mercusys MW300RE ini juga memiliki LED multiwarna yang bisa membantu menemukan lokasi yang tepat. Harga dari produk extender ini cukup murah dengan dibandrol harga Rp 128.000.

  1. Livideas Wifi Repeater

Produk Extender ini dilengkapi dengan beberapa perangkat lunak pendukung, seperti fungsi control bandwidth IP, relay DNS, pass-trough VPN, static router dan DHCP server yang berguna untuk menunjang perfoma.

Livideas WiFi Repetear juga dilengkapi port RJ45 jack, tombol reset WPS, chipset RTL8196E, dan flash 16Mbps yang bisa melakukan transfer data dengan kecepatan 300Mbps. Dan untuk harganya sendiri, Livideas ini jual dengan harga Rp 100.000.

  1. TP-LINK TL-WR840N

Produk ini memiliki control bandwidth berbasis IP yang memungkinkan pengguna menentukan seberapa banyak bandwidth yang dialokasikan ke setiap PC.

Kecepatannya sendiri itu up-to 300mbps. TP-LINK TL-WR840N yang dapat dibeli dengan harga Rp 163.000.

  1. Xiaomi Mi WiFi Range Extender Pro

Dilengkapi dual antenna eksternal berkekuatan mencapai 2dBi, dan memiliki kecepatan transmisi 300Mbps yang mendukung hingga 16 perangkat secara bersamaan. Dengan harga jual sebesar Rp 129.000 saja.

Itulah ulasan mengenai WiFi Extender beserta 5 rekomendasi WiFi Extender yang bisa dijadikan rekomendasi untuk anda yang ingin membeli WiFi Extender. Semoga dengan ulasan ini bisa memberikan manfaat dan informasi kepada pembaca.

Related Article…