Keunggulan SSD dibandingkan HDD

Keunggulan SSD dibandingkan HDD – Istilah SSD dan HDD tentunya sudah tidak asing bagi kita, karena berhubungan dengan media penyimpanan sebuah laptop. Lalu apa itu SSD, apa perbedaan SSD dan HDD, serta keunggulan SSD dibandingkan HDD.

Berikut adalah ulasan mengenai pengertian SSD, fungsinya serta keunggulan yang dimiliki.

Keunggulan SSD dibandingkan HDD

Keunggulan SSD dibandingkan HDD

Pengertian SSD

Solid State Drive atau yang disingkat SSD merupakan salah satu jenis penyimpanan data elektronik atau bisa diartikan sebagai perangkat keras penyimpanan data terbaru yang tidak menggunakan piringan magnet seperti Harddisk konvensional.

Data yang disimpan di SSD tidak akan hilang meskipun tidak menggunakan listrik. Memorinya juga berbasis flash, yang secara signifikan lebih cepat.

SSD memiliki komponen penyusun penting agar mekanisme kerja alatnya dapat berjalan dengan mulus.

Berikut adalah komponen yang terdapat di dalam SSD:

  1. Kontroler

Kontroler merupakan komponen yang berfungsi untuk mengontrol dan menyediakan fitur antarmuka tingkat perangkat SSD dan juga firmware.

  1. Addressing

Merupakan komponen yang berfungsi menjalankan pemilihan di seluruh komponen memori flash.

  1. Flash Memory-Based

Komponen yang digunakan oleh pabrik-pabrik besar untuk pembentukan SSD, karena memiliki harga bahan lebih murah dibandingkan bahan DRAM.

  1. Data Buffer/Cache

Merupakan RAM yang memiliki kecepatan tinggi. Komponen ini biasanya digunakan untuk mencocokkan kecepatan data.

  1. DRAM-Based

Digunakan untuk pembuatan SSD yang menggunakan baterai internal atau AC/DC adapter dan merupakan sistem backup penyimpanan untuk mempertahankan persistensi data selama tidak ada listrik yang mengalir.

  1. Baterai

Digunakan untuk meningkatkan performa hardware penyimpanan. Komponen baterai ini dibutuhkan SSD yang memiliki tipe Multi Level Cell karena rentan korup data saat listrik padam. Berbeda dengan SSD tipe Single Level Cell justru tidak berpotensi korup data sehingga biasanya tidak dilengkapi komponen baterai ini.

Baca Juga :  Apa sih Keunggulan USB Type C dibandingkan Micro USB

Untuk jenis-jenis SSD dapat ditentukan dari 3 faktor, yaitu dari segi ukuran, jenis koneksi dan luas ruangnya.

Berikut adalah jenis-jenis SSD yang perlu anda ketahui:

  1. NVMe (Non Volatile Memory Express)

Jenis SSD generasi terbaru yang menggunakan slot M.2. dengan menggunakan bus yang digunakan PCIe dengan controller NVMe. Memiliki ukuran Panjang 22 mm dengan kecepatan 3200 MB/s.

  1. SATA

SATA memiliki kecepatan transfer data hingga 6 Gbps. Termasuk jenis SSD yang memiliki performa paling rendah, karena menggunakan antarmuka sama seperti hard drive, tetapi memiliki kelebihan pada hal bandwidth yang 3-4 kali lipat disbanding hard drive.

  1. PCIe

Salah satu jenis SSD yang memiliki performa lebih baik disbanding SATA. Untuk spesifikasi format yang digunakan dikelola oleh PCI Special Interest Group.

  1. M2 Card

Memiliki dimensi 2280, lebar 22 mm dan Panjang 80 mm. M2 Card ini merupakan salah satu jenis SSD yang memenuhi spesifikasi M2.

Fungsi SSD

Umumnya, fungsi SSD adalah membaca, menulis data, dan memelihara data yang disimpan dalam keadaan permanen.

Berikut adalah beberapa fungsi dari SSD yang perlu anda ketahui, yaitu:

  1. Pekerjaan

Bisa membantu anda dalam hal pekerjaan, misalnya seperti menggunakan SSD untuk menyimpan banyak data di laptop/PC. Dengan proses transfer data yang cepat tentu akan mempermudah pekerjaan anda.

  1. Gaming

Fungsi SSD bisa anda manfaatkan untuk membuat pengalaman bermain game jadi lebih menyenangkan, karena dengan SSD dapat mempercepat proses dalam transfer data sehingga tidak membuat perangat menjadi lemot.

  1. Laptop atau Komputer

Membantu laptop anda agar tidak kehabisan baterai saat digunakan. SSD juga bisa sebagai alternatif penyimpanan yang menahan guncangan sehingga meminimalisir risiko hilang data.

  1. Server

Fungsi SSD akan membantu proses pembacaan dan juga pengiriman data menjadi lebih cepat, sehingga untuk anda yang sedang bekerja di bidang server pasti akan membutuhkannya, agar bisa memberikan pelayanan terbaik kepada klien.

Keunggulan SSD dibandingkan HDD

Berikut adalah pembahasan mengapa SSD dianggap lebih unggul disbanding dengan HDD:

Keunggulan SSD dibandingkan HDD

Keunggulan SSD dibandingkan HDD

  1. Kecepatan
Baca Juga :  5 Aplikasi Remote TV Terbaik di HP Android

SSD lebih unggul untuk kecepatannya, karena transfer data yang lebih cepat bahkan dalam hitungan detik dan bandwidth yang lebih tinggi. Dengan hal itu, SSD lebih diandalkan untuk urusan pekerjaan yang sering mengakses data dalam jumlah besar.

SSD mampu mencapai performa hingga 550MB/detik, sedangkan HDD hanya mampu mencapai performa tulis 50-120MB/detik.

  1. Lebih Hemat Daya

SSD memiliki tingan konsumsi daya yang rendah, karena tidak memiliki komponen yang bergerak seperti HDD yang berputar secara magnetis. Dengan hal ini menjadikan SSD membuat media penyimpanan SSD berperan penting dalam keawetan baterai laptop.

  1. Lebih Ringan dan Bebas Suara

SSD lebih ringan dan ukurannya lebih kecil disbanding HDD, karena SDD tidak memiliki kepala magnetis dan piringan logam. Selain itu, SSD tidak memiliki komponen yang bergerak sehingga tidak menimbulkan suara yang berisik seperti saat menggunakan HDD.

  1. Lebih Andal dan Tahan Lama

SSD memiliki komponen yang lebih canggih dan minim akan gerakan membuatnya lebih tahan lawa/awet dibanding HDD, karena sistem tidak mudah terguncang saat dioperasikan.

Sedangkan HDD berpotensi lebih besar untuk mengalami kerusakan dan kehilangan data Ketika laptop/komputer terjatuh, sehingga dalam segi ketahanan HDD tidak cocok untuk aktivitas dengan mobilitas tinggi.

Kekurangan:

Kekurangan dari SSD ini yaitu dari segi harga SSD lebih mahal dibandingkan HDD. Untuk contoh, harga SSD dengan kapasitas 1TB dijual dengan harga Rp 1.700.000, sedangkan HDD dengan kapasitas 1TB hanya berkisar Rp 560.000 saja.

Namun, banyak pengguna sebagai pemilik laptop menganggap harga SSD yang lebih mahal tentu sebanding dengan keunggulan yang dimiliki.

Itu dia ulasan mengenai pengertian SSD, jenis, fungsi, dan juga keunggulan yang dimiliki SSD. Bila anda sedang berencana untuk membeli laptop, anda bisa mempertimbangkan SSD sebagai perangkat penyimpanan data utamanya, apalagi dilihat dari spesifikasinya, dapat disimpulkan bahwa SSD lebih unggul dibanding HDD.

Semoga ulasan ini dapat membantu dan memberikan informasi kepada pembaca.

Related Article…