Jurusan SMK Yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Jurusan SMK Yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan – Saat akan memasuki jenjang SMK tentunya kamu akan memilih suatu jurusan yang nantinya ketika lulus mudah untuk mendapatkan sebuah pekerjaan bukan?

Untuk itu kamu perlu memahami tentang prospek kerja masing-masing jurusan yang ada di SMK.

Berikut ini merupakan jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan saat lulus nanti.

Contents

Apakah Lulusan SMK Bisa Langsung Kerja?

Saat akan memilih sekolah lanjutan, tentunya kamu yang memilih SMK ingin berorientasi pada karir dan langsung bekerja bukan?

Lulusan SMK merupakan lulusan yang dianggap sudah siap untuk bekerja, yang dimana saat bersekolah telah dibekali keahlian khusus sesuai dengan bidang keahlian yang dibutuhkan dunia kerja.

Pada saat SMK, siswa dibekali dengan materi dan juga praktek serta dengan kegiatan yang terjun langsung ke lapangan yang biasa disebut dengan PKL (Praktek Kerja Lapangan).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan suatu pengalaman kepada siswa mengenai seperti apa ruang lingkup dunia kerja.

Lantas pertanyaannya, apakah lulusan SMK bisa langsung kerja? 

Ya, tentu saja bisa dengan bekal ilmu teori dan Praktek serta skill yang sudah dimiliki tentunya akan mempermudah siswa lulusan SMK dalam mendapatkan pekerjaan. 

Tetapi ada juga lulusan SMK yang tidak bisa langsung bekerja, itu karena ia tidak mempunyai kemauan dan usaha keras untuk mendapat pekerjaan. 

Walaupun sudah dibekali dengan ilmu tentang dunia kerja, tapi jika sifat malas masih menjadi teman sehari-hari, maka dijamin akan sulit mendapatkan pekerjaan. 

Jadi, semua kembali pada niat, usaha, serta doa yang setiap siswa lakukan.

Untuk lulusan SMK jaminan untuk diterima di berbagai bidang pekerjaan sangat terbuka lebar, asalkan kamu mau berusaha mencari.

Mengapa terbuka lebar, karena tentunya kamu sudah diberi bekal khusus selama di sekolah dan kamu tinggal mengaplikasikannya ke dunia kerja.

 

Jurusan SMK Yang Banyak Diminati 

Saat akan memasuki jenjang SMK tentunya kamu akan dihadapkan dengan beberapa pilihan jurusan yang harus kamu pilih.

Dalam memilih jurusan pun tidak bisa asal-asalan, karena itu merupakan jembatan untuk meniti karir kamu di masa depan.

Untuk itu perlu kamu cari tahu mengenai jurusan apa yang banyak diminati, jurusan yang banyak diminati sudah tentu jurusan yang prospek kerjanya luas.

Berikut ini merupakan jurusan SMK yang banyak diminati :

  • Akuntansi 
  • Administrasi Perkantoran 
  • Multimedia 
  • Farmasi 
  • Keperawatan 
  • Analis Kimia
  • Teknik Logistik 
  • Bisnis Daring dan Pemasaran 
  • Pelayaran
  • Perhotelan 
  • Perbankan dan Keuangan Syariah
  • Rekayasa Perangkat Lunak 
  • Tata Boga
  • Tata Busana
  • Tata Rias dan Kecantikan 
  • Teknik Komputer Jaringan 
  • Teknik Kendaraan Ringan 
  • Teknik Elektronika Industri 
  • Teknik Gambar Bangunan 
  • Pariwisata 
Baca Juga :  Hal Penting Sebelum Masuk Jurusan TKJ

Nah itulah yang merupakan jurusan di SMK yang paling diminati dan bisa berpeluang mendapatkan gaji besar setelah lulus.

Jurusan SMK Yang Tidak Ada Pelajaran Matematika 

Sebagian dari siswa pasti tidak menyukai pelajaran matematika dan dianggap membuat pusing karena hubungannya dengan angka serta hitung menghitung. 

Anyway, buat kamu yang tidak suka matematika jangan khawatir ya readers. Karena berikut ini ada beberapa rekomendasi jurusan SMK yang tidak memerlukan keterampilan matematika secara maksimal dan tentunya menyenangkan. 

  • Jurusan Pekerjaan Sosial

Bagi kalian yang telah memiliki komunikasi atau public speaking dengan baik, bisa memilih jurusan pekerjaan sosial nih.

Pada jurusan ini tentunya akan berkaitan dengan kegiatan sosial yang membuat kamu berinteraksi dengan banyak orang.

  • Jurusan Keperawatan

Pada jurusan ini tentunya kamu akan belajar mengenai hal yang kaitannya dengan dunia kesehatan.

Tidak hanya mempelajari bagaimana cara merawat pasien, tetapi kamu juga akan mempelajari berbagai macam jenis penyakit umum.

  • Jurusan Pariwisata atau Perhotelan 

Bagi kamu yang menghindari pelajaran matematika, kamu bisa banget nih masuk diantara kedua jurusan ini.

Apalagi bagi kamu yang menyukai dan gemar mempelajari bahasa inggris atau bahasa asing. Jurusan Pariwisata atau Perhotelan ini sangat cocok untuk kamu tekuni.

  • Jurusan Tata Boga

Buat kamu yang suka masak atau bahkan suka makan, jurusan yang satu ini cocok banget loh.

Kamu tidak hanya belajar mengenai resep suatu masakan saja, tetapi kamu juga akan diajarkan mengenai ilmu gizi, hygiene, tata hidang dan juga keselamatan kerja.

Nah itu dia yang termasuk ke dalam kategori jurusan yang tidak berkaitan dengan pelajaran matematika. Untuk kamu yang tidak suka dengan matematika, kamu bisa masuk ke beberapa jurusan diatasi ya readers.

Jurusan SMK Yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan 

Tidak sedikit siswa yang lebih memilih melanjutkan pendidikannya di SMK. Hal ini dikarenakan SMK merupakan jenjang pendidikan tingkat menengah yang mengajarkan dunia kerja.

Sehingga siswa yang lulus dari SMK nantinya akan lebih cepat mendapatkan pekerjaan. Berikut ini merupakan jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan yang bisa kamu jadikan referensi. 

  • Akuntansi

Jika kamu merupakan seseorang yang suka dalam hal menghitung dan angka, maka jurusan Akuntansi cocok untukmu.

Jurusan ini cukup potensial untuk mencari suatu pekerjaan. Karena setiap perusahaan pastinya membutuhkan staf akuntan atau yang berhubungan dengan keuangan perusahaan.

  • Teknik Komputer Jaringan 

TKJ merupakan jurusan SMK yang diminati banyak siswa, karena menjadi jurusan yang cepat mendapatkan pekerjaan. 

Lulusan jurusan TKJ dapat bekerja di suatu perusahaan, maupun membuka peluang usahanya sendiri seperti jasa perbaikan laptop/komputer atau jasa pemasangan jaringan Wi-Fi dan yang lainnya. 

  • Multimedia 
Baca Juga :  Jurusan SMK Yang Gajinya Besar

Jurusan Multimedia merupakan jurusan yang memiliki peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus nanti. Dimana era digital ini, lulusan jurusan ini sangat banyak dibutuhkan.

Lulusan SMK jurusan Multimedia mempunyai prospek kerja yang cukup menjanjikan, diantaranya dapat bekerja sebagai desainer grafis, animator, videographer, video editor dan juga bidang kreatif lainnya. 

  • Desain Komunikasi Visual

Pekerjaan kreatif sangat dibutuhkan di dunia modern ini. Dan salah satu jurusan SMK yang berpeluang besar mendapatkan pekerjaan setelah lulus adalah jurusan Desain Komunikasi Visual.

  • Administrasi Perkantoran

Peluang kerja jurusan Administrasi Perkantoran cukup luas, tidak hanya bekerja pada kursi empuk saja tetapi kamu juga bisa menjadi seorang resepsionis di suatu perusahaan dan juga bisa menjadi seorang staff administrasi di perkantoran atau instansi pemerintah. 

  • Jurusan Pariwisata 

Jika kamu suka dengan hal yang berhubungan dengan pariwisata, maka jurusan SMK yang satu ini cocok untuk kamu. Jurusan ini juga merupakan jurusan SMK yang memiliki peluang besar mendapatkan pekerjaan.

Peluang pekerjaan lulusan jurusan ini, kamu bisa bekerja sebagai tour guide, bekerja di perhotelan, event management, culinary, kapal pesiar dan banyak lagi. 

  • Jurusan Farmasi

Di jurusan farmasi tentunya kamu akan belajar tentang berbagai hal yang berkaitan dengan obat-obatan. Jurusan SMK ini memiliki peluang yang cukup besar dan luas untuk mendapatkan suatu pekerjaan. 

Setelah lulus dari jurusan Farmasi, nantinya kamu bisa bekerja di berbagai perusahaan tentunya yang bergerak di bidang kesehatan dan kecantikan ataupun produsen makanan dan juga minuman.

  • Jurusan Broadcasting 

Jurusan Broadcasting mempunyai  peluang yang cukup besar untuk mendapatkan pekerjaan di suatu perusahaan media. Yang mana di era sekarang ini perkembangan media semakin pesat berkat kemajuan teknologi. 

  • Bisnis Daring dan Pemasaran 

Prospek kerja untuk jurusan BDP sangat luas, seperti yang kita ketahui  bahwa dunia bisnis online saat ini semakin berkembang pesat tiap harinya.

Itulah mengapa ahli pemasaran online sangat dibutuhkan. Selain itu, kamu juga bisa menjadi seorang wirausaha dengan cara membuat dan menjual produk yang telah kamu racik sendiri.

Nah itu dia yang merupakan beberapa jurusan yang mudah mendapatkan pekerjaan, nantinya bisa kamu jadikan referensi saat akan memilih sebuah jurusan agar tidak salah langkah kedepannya. 

Sekian pembahasan tentang jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan, semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi kamu dalam memilih jurusan lanjutan. 

Untuk informasi lebih lengkap seputar dunia SMK, simak dan ikuti terus website ini ya readers!

Related Article…