Jurusan Teknik Jaringan Transmisi

Jurusan TEKNIK JARINGAN TRANSMISI – Perkembangan tekhnologi di era sekarang sudah sangat begitu canggih bahkan topik terhangat pada berita di Amerika pun dapat kamu akses hanya dengan menggunakan internet.

Pembaruan atau update informasi pun berkembang selalu setiap harinya dan mungkin jika kamu ketinggalan akan satu update saja kamu akan kebingungan.

Selain itu, jika kamu mengetahui semua informasi yang ter-update dan kamu tidak ketinggalan satu update sama sekali, mungkin kamu akan menjadi orang yang paling banyak dicari dengan alasan kamu bisa beradaptasi pada tekhnologi yang sangat canggih di era sekarang.

PENGERTIAN TEKNIK JARINGAN TRANSMISI DAN JURUSANNYA

Apakah pernah terlintas di benakmu mengapa informasi dari berbagai belahan dunia bisa muncul di depan mata kamu hanya menggunakan gadget saja?

Pertanyaan ini tentu akan menjadi sebuah tanda tanya besar jika kamu tidak memasuki jurusan tekhnik jaringan transmisi.

Dari namanya saja pasti terdengar begitu asing di telinga kalian kan. Atau biasa dikenal dengan tekhnik telekomunikasi.

Kata transmisi sendiri mempunyai arti perpindahan. Jadi tekhnik jurusan transmisi adalah sebuah cara perpindahan jaringan dan informasi dari satu titik ke titik lainnya.

Baca Juga :  Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Perpindahan jaringan dan informasi ini dari pengirim dan penerima jadi jika kamu berada pada jurusan tekhnik jaringan transmisi kamu akan mempelajari berbagai aspek tekhnologi dan penggunaannya dalam menyampaikan suatu informasi.

Sementara itu, pengertian dari jurusan tekhnik jaringan transmisi sendiri merupakan bidang ilmu yang mempelajari rekayasa pada bidang telekomunikasi dari berbagai aspek yang meliputi tekhnologi informasi dan telekomunikasi.

Aspek tersebut meliputi protokol, layanan, desain sekaligus tekhnik pengiriman informasi yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi penyampaian informasi.

APA SAJA YANG DIPELAJARI PADA JURUSAN TEKNIK JARINGAN TRANSMISI

Jurusan Teknik Jaringan Transmisi

Materi awal yang kamu pelajari adalah tentang elektronika dasar yang bermulai dari komponen per komponen sampai pada blok sistem dalan rangkaian elektronika.

Kamu juga akan memperbanyak belajar tentang bagaimana sistem penerima informasi bekerja dan bagaimana tv serta radio menangkap siaran.

Setelah itu kamu juga akan mempelajari tentang cara informasi itu bisa dipancarkan, cara sistem antena bekerja, cara sistem satelit digunakan, cara sebuah telepon bisa saling menghubungi, cara komunikasi dalam sistem analog dan digital, bagaimana cara membuat rancang bangun alat telekomunikasi tersebut dan bagaimana sistem transmisi komunikasi yang efisien di berbagai medan.

MENGAPA KAMU HARUS MEMILIH JURUSAN TEKNIK JARINGAN TRANSMISI

Sebanyak apapun informasi yang ada di dunia akan sia-sia jika informasi tersebut tidak sampai kepada yang membutuhkan maka dari itu transmisi merupakan bagian penting dalam perkembangan tekhnologi.

Baca Juga :  SMK Jurusan Perbankan Syariah

Orang yang ahli di bidang transmisi saat ini sangat dibutuhkan dikarenakan perkembangan tekhnologi sudah sangat pesat.

Gadget canggih sekalipun tidak akan bisa menerima informasi jika tidak ada jaringan transmisi telekomunikasinya serta kamu juga tidak akan bisa menonton televisi jika tidak ada yang paham mengenai satelit.

PROSPEK KERJA JURUSAN

Deretan pekerjaan dengan karier bergengsi akan kamu dapatkan jika kamu menjadi lulusan juruaan tekhnik jaringan transmisi.

Selain itu dengan berkembangnya tekhnologi membuat jurusan tekhnik jaringan transmisi semakin diminati dan membuka peluang kerja bagi lulusan jurusan tekhnik jaringan transmisi semakin gencar dicari oleh industri maupun instansi.

Gaji yang menggiurkan juga akan kamu dapatkan dari bekal ilmu yang kamu dapat pada jurusan tekhnik jaringan transmisi.

Kamu bisa bekerja menjadi seorang Teknisi Lapangan, Provisoning Access, Data Centre Comunication, QC, R&D.

Selain itu, kamu bisa bekerja di bagian Transmitter, Satelite Gathering atau pada bagian IT dan bisa bekerja menjadi Konsultan bagi mereka yang membutuhkan pemahaman tentang telekomunikasi.

Kamu bisa bekerja pada industri lain atau pada bidang perbankan yang menggunakan antena dan VSAT untuk telekomunikasi antar kantor dan antar ATM

Related Article…