Ini Dia Kegunaan RAM Pada Komputer

Ini Dia Kegunaan RAM Pada Komputer – Mungkin diantara kalian pernah mendengar apa itu RAM atau mungkin bagi sebagian orang ada yang tidak mengetahui apa itu RAM. Mungkin bagi Anda yang sering otak-atik komputer pasti tidak akan asing dengan RAM dikarenakan RAM ini menjadi komponen penting dalam sebuah komputer. Komponen RAM ini juga berfungsi sesuai pada kapasitas dan kecepatan akses datanya.

Sehingga semakin besar RAM yang dipakai pada suatu komputer, semakin cepat pula komputer tersebut akan bekerja. Tidak hanya itu, RAM juga memiliki jenis yang sangat beragam sekaligus tergantung kepada kapasitas dan kecepatan akses datanya. Jadi unlntuk memperdalam pengetahuan Anda mengenai pengertian, sejarah, fungsi dan   RAM silahkan bisa Anda simak artikel berikut ini.

PENGERTIAN RAM

Bagi Anda yang belum mengetahui RAM mungkin juga tidak akan mengetahui bahwasanya RAM merupakan kepanjangan dari Random Access Memory atau biasa disebut sebagai memori utama, memori primer, memori internal, penyimpanan utama, memori stick yang merupakan tempat untuk menyimpan data sementara pada saat komputer sedang dijalankan dan dapat diakses secara acak juga atau tidak mengacu dan memperdulikan letak data tersebut dalam memori atau acak.

Jadi penyimpanan RAM hanya penyimpanan sementara dan bukanlah penyimpanan permanen itu artinya ketika komputer sudah tidak lagi digunakan atau komputer mati maka RAM itu akan kembali kosong atau data pada RAM akan hilang dan RAM akan terisi lagi ketika komputer sudah dinyalakan dan digunakan kembali saat beraktivitas dikarenakan RAM mempunyai sifat volatile yang artinya membutuhkan listrik yang artinya berbeda dengan flashdisk hardisk dan CD atau DVD.

Misalnya saja ketika Anda sedang membuat sebuah dokumen pada Microsoft Word lalu kemudian Anda menutupnya tanpa menyimpan terlebih dahulu, maka dokumen tersebut tidak akan hilang tapi akan tetap tersimpan pada memori RAM. Anda bisa mencari dokumen tersebut pada history Microsoft Word Anda. 

RAM ini juga termasuk ke dalam perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi untuk menyimpan berbagai data dan instruksi program yang jelas berbeda sekali dengan disk atau tape magnetik yang mengakses data secara berurutan. Bagi sebagian orang ada yang menyebutnya sebagai memori padahal masih ada memori lainnya yang terdapat pada komputer dan RAM hanyalah memori internal yang mendukung kecepatan processor dalam mengolah data dan instruksi.

Baca Juga :  5 Rekomendasi Speaker Laptop/PC Di Bawah 1 Juta

RAM berpengaruh positif pada kecepatan dan kinerja suatu komputer maka dari itu semakin besar RAM yang digunakan maka akan semakin baik pula kinerja komputer meskipun RAM sendiri sebenarnya tidak menentukan kecepatan komputer. Kapasitas memori RAM yang umum diperjualbelikan yakni 128Mb, 256Mb, 512Mb, 1Gb, 2Gb, 4Gb.

PERKEMBANGAN RAM DARI JAMAN KE JAMAN

RAM sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 60an dan belum populer dikarenakan harganya yang mahal membuat memori semikonduktor kurang diminati sehingga pada saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic. Kemudian perusahaan semikonduktor misalnya seperti Intel memulai debutnya dengan menciptakan RAM dan memproduksi RAM dengan jenis DRAM. RAM biasanya dapat ditulis dan dibaca berlawanan dengan ROM.

RAM ditemukan oleh Robert Denard dan diproduksi pada perusahaan Intel pada tahun 1968. Pada awal perkembangannya, RAM hanya membutuhkan tegangan 5 volt untuk dapat berjalan pada tegangan frekuensi 4,77 MHZ dengan waktu akses memori 200ns lalu kemudian pada tahun 1970, IBM mulai mengembangkan DRAM atau Dynamic Random Access Memory.

Kemudian pada tahun 1987, FPM DRAM mulai ditemukan. Pada tahun 1995, EDO DRAM atau Extended Data Output DRAM ditemukan. Pada awal tahun 1996 sampai tahun 1997 mulai dikembangkan SDRAM atau Synchronous Dynamic Random Access Memory. Pada tahun 1999 perusahaan besar seperti Intel dan AMD mengembangkan DDR RAM. Tahun 2000 ke atas merupakan era lahirnya DDR2 RAM. Kemudian tahun 2007 hingga sekarang muncullah DDR3 RAM.

FUNGSI RAM

Kegunaan RAM pada komputer

Kegunaan RAM pada komputer

Fungsi RAM sangatlah penting pada suatu perangkat komputer, laptop maupun gadget sekalipun. Fungsi umum dari RAM yang banyak dikenali yakni sebagai tempat penyimpanan data sementara. Jadi ketika kamu mengerjakan data suatu hal pada komputer lalu kamu tidak menyimpannya atau lupa menyimpannya maka RAM akan menyimpan otomatis data tersebut dan terbaca pada RAM secara otomatis. 

Selain itu terdapat fungsi lainnya yakni menyimpan data dari piranti masuk sampai data dikirim ke ALU untuk diproses, menyimpan data hasil pemrosesan ALU sebelum dikirim ke piranti keluaran, agar bisa membantu kinerja komputer dalam menyimpan data sementara, menampung instruksi dari piranti masuk. 

Selain itu, untuk mempercepat pemrosesan data pada komputer sehingga semakin besar RAM yang terdapat pada komputer maka semakin cepat sebuah komputer memprosesnya. Jadi berpotensi untuk mengurangi lag maupun lemot pada komputer sekaligus bisa menyimpan banyak data pada komputer. Kerja dari suatu RAM dapat dilihat di task manager pada sistem komputer. 

Baca Juga :  Perbandingan Intel dan AMD Bagus Mana?

Dikarenakan RAM merupakan komponen penting dalam komputer maka untuk Anda pengguna komputer yang ingin menentukan jenis RAM yang terbaik untuk komputer Anda agar dapat menyimpan data lebih banyak serta mengurangi sekaligus mengatasi lemot pada komputer Anda bisa membaca rekomendasi berikut ini mengenai merek RAM yang terbaik dan banyak diminati.

MERK RAM YANG BAGUS

Dikarenakan RAM menjadi salah satu bagian penting dalam kinerja komputer maka Anda harus menentukan jenis RAM seperti apa yang cocok dengan komputer atau mungkin Anda masih bingung untuk menentukan RAM yang bagus serta berkualitas untuk komputer Anda bisa simak artikel berikut ini.

Corsair

Merk corsair sendiri sudah sangat berpengalaman dalam bidang perangkat keras komputer dan produk unggulannya yakni RAM yang terdiri pada varian bertipe DOMINATOR dan VENGEANCE. Harganya berkisar 400 ribuan sampai 2 jutaan.

HyperX

Merk ini sudah sangat berkaitan erat dengan para gamer karena iklan dari merek ini sering muncul pada turnamen game. RAM dari merk HyperX ini memiliki kualitas yang terbaik dan peforma yang baik pula seperti Fury, Predator, Impact yang mempunyai harga berkisar 150 ribuan sampai 2 jutaan.

Patriot

Merk ini sudah sangat dikenal di Amerika sejak tahun 1985. Jika Anda ingin mencoba RAM dari merk Patriot ini Anda bisa memilih varian Patriot Viper Steel dan mempunyai harga sekitar 300 ribuan sampai 3 jutaan.

G Skill

Varian RAM dari merk G Skill diberi nama Trident Z yang terdiri dari sejumlah jenis RAM dengan kapasitas dan generasi DDR yang tentu saja berbeda. Harga berkisar 1,4 jutaan sampai 7 jutaan.

Kingston

Merk RAM satu ini sudah banyak di kenali di Indonesia dan sudah banyak tersebar di pasaran perangkat keras di Indonesia. Selain kualitasnya yang terbaik, ternyata merk RAM satu ini mempunyai harga yang terjangkau berkisar 100 ribuan hingga 2 jutaan.

Adata

Merk RAM satu ini mempunyai harga berkisar 700 ribuan sampai 4 jutaan.

Crucial

Kamu dapat menemukan berbagai jenis RAM tergantung jenis komputer mulai dari Crucial Ballistic hingga memori untuk PC macOS.

Itulah pembahasan tentang Kegunaan ram pada komputer. Semoga bermanfaat. Kunjungi juga website kami untuk mendapatkan informasi lainnya.

Related Article…