Fakta Menarik Tentang Teknologi Fast Charging Handphone

Fakta Menarik Tentang Teknologi Fast Charging Handphone – Di masa yang sudah modern ini banyak teknologi yang sudah semakin canggih termasuk teknologi fast charging pada handphone. Dengan ada nya teknologi ini, pengguna membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk mengisi daya di baterai handphone sehingga anda dapat segera melanjutkan aktivitas.

Perkembangan Teknologi Pada Charger Handphone

Smartphone sudah seperti kebutuhan pokok. Baik saat bangun tidur hingga kembali tidur tidak bisa jauh dari memegang ponsel. Tak aktif selama beberapa jam saja, anda akan sangat kerepotan. Bisnis terbengkalai, aktivitas komunikasi terganggu, dan akses informasi terhambat.

Namun, banyak pengguna smartphone yang mengeluh tentang baterai ponsel mereka yang cepat terkuras, bahkan sampai rela menenteng powerbank berukuran besar demi mengantisipasi smartphone kehabisan daya saat dalam perjalanan atau di situasi tertentu.

Terdapat banyak faktor yang membuat baterai ponsel begitu cepat terkuras energinya. Bisa jadi karena teknologi layar sentuh yang sangat menguras daya,jaringan tidak stabil, prosesor kurang efisien atau kapasitas baterai itu sendiri yang kurang besar.

Karena penggunaan smartphone yang terus meningkat, banyak brand ponsel besar yang mulai memutar otak agar daya smartphone dapat bertahan lama dan tentunya lebih canggih. Alhasil, sekarang banyak merk smartphone yang menawarkan handphone berkapasitas baterai besar dengan mengecas hanya dalam hitungan menit. Canggih bukan!

Baca Juga :  7 Aplikasi Edit Video Untuk Android

Pengertian Fast Charger

Fast Charging atau pengisian cepat merupakan fitur smartphone yang dimana pengguna nya dapat mengisi daya baterai dengan cepat sehingga mereka bisa melanjutkan aktivitasnya.

Secara istilah kelistrikannya, fast charging adalah teknologi pengisian baterai yang akan memastikan bahwa transfer energi listrik dari adaptor atau kepala charger ke perangkat dapat bekerja dengan daya listrik sangat besar.

Untuk membuat sebuah ponsel menjadi lebih cepat dalam pengisian baterai, perusahaan meningkatkan ampere atau voltase untuk menambah energi potensial. Kebanyakan smartphone bisa menggunakan 5V/2.4A. Sementara untuk fast charging, anda akan memerlukan sesuatu yang lebih besar seperti 5V, 9V, 12V, bahkan sampai 3A, atau lebih besar dari itu.

Meskipun demikian, anda juga perlu mengetahui bahwa besaran voltase dan ampere yang digunakan sesuai dengan ketahanan maksimal dari ponsel tersebut. Jika ponsel tidak cocok dan tidak dapat menampung arus yang besar, maka akan merusak ponsel anda.

Keunggulan Fast Charger

Terbebas dari Power Bank

Ketika baterai habis, tak sedikit pengguna smartphone merasa harus membawa power bank. Umumnya, power bank yang tersedia memiliki kecepatan pengisian daya yang cukup lama. Rata-rata paling cepat hanya 18W saja, sehingga membutuhkan waktu untuk mengisi baterai smartphone hingga penuh. Mengharuskan perangkat tetap tersambung selama prosesnya.

Baca Juga :  Apa sih Keunggulan USB Type C dibandingkan Micro USB

Belum lagi adanya konversi energi yang membuat power bank berkapasitas 10,000 mAh tak bisa mengisi daya smartphone masa kini hingga dua kali full charge. Nah, dengan adanya fast charging anda dapat meninggalkan solusi yang nyatanya tak begitu praktis.

Kelebihan Fast Charging Untuk Para Gamer

Para gamer bisa tetap bermain sambil mengisi daya kencang, alias tidak perlu berhenti bermain dan menunggu smartphone terisi daya sampai cukup dalam kecepatan penuh. Ini juga berlaku bagi anda yang harus menyelesaikan tugas kantor atau terus berkomunikasi sepanjang hari, termasuk ketika sedang mengisi daya.

Hemat Waktu

Jika sebelumnya memerlukan waktu 2-3 jam untuk isi daya baterai lewat arus 10W, maka kelebihan fast charging bisa mengubah kebiasaan pengguna dalam mengisi daya. Dari yang tadinya semalaman, kini dapat dilakukan hanya sesaat sebelum beranjak tidur, maupun di pagi hari sebelum memulai aktivitas.

Dengan keuntungan fast charging yang satu ini, anda dapat kembali beraktivitas tanpa harus menunggu terlalu lama. Dalam waktu yang singkat, tak perlu menanti berjam-jam hanya untuk memastikan smartphone bisa bertahan sampai satu hari penuh.

Itulah informasi mengenai fast charging atau pengsisian cepat. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda. Nantikan informasi tentang teknologi canggih lainnya!

Related Article…