Apa Sih Itu Cardreader? Yuk Kita Bahas

Apa Sih Itu Cardreader? yuk kita bahas – Perangkat teknologi, khususnya komputer dan laptop sangat penggunanya untuk melakukan berbagai pekerjaan misalnya membuat dokumen, mencari berita, memudahkan gambar, menyimpan serta mentransfer data dan masih ada lagi.

Dalam melakukan bantuan komputer oleh alat tambahan salah satunya adalah Cardreader atau pembaca kartu memori.

Cardreader adalah alat yang umum digunakan oleh pengguna komputer zaman sekarang. Alat ini biasanya dengan komputer dengan kabel USB.

Dulunya alat ini hanya bisa digunakan untuk membaca dan memindahkan data saja, namun kini cardreader sudah bisa digunakan untuk menyimpan data.

Nah, untuk menambah pengetahuan anda tentang cardreader, berikut penjelasan mengenai pengertian cardreader, fungsi dan jenis-jenisnya. Yuk kita bahas!

PENGERTIAN CARDREADER

Apa sih itu cardreader? yuk kita bahas

Apa itu cardreader? Cardreader adalah salah satu perangkat keras komputer yang digunakan untuk membaca kartu memori seperti MicroSD, MMC, Memory Stick dan sebagainya. Kini cardreader sangat banyak jenisnya, perangkat ini juga telah diupgrade menjadi lebih unik dan berguna untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

Pada awalnya cardreader dirancang hanya bisa membaca satu jenis kartu memori saja, seiring perkembangan zaman dan majunya teknologi perangkat ini sudah bisa membaca berbagai jenis kartu memori yang biasa disebut dengan Multicard Reader.

Cardreader ini memang memiliki bentuk yang kecil, tapi perangkat ini memiliki kecepatan membaca dan mentransfer data yang cukup baik. Kecepatan membacanya hingga mencapai rata rata 37,4MB/s dan kecepatan menulisnya sekitar 17,6MB/s. Jadi cukup bisa diandalkan untuk membantu berbagai aktivitas Anda.

Baca Juga :  SSD dan HDD Lebih Bagus Mana Si ?

FUNGSI CARDREADER

Cardreader merupakan media perantara yang memiliki kemampuan untuk membaca memori. Kegunaan utama dari cardreader adalah untuk menghubungkan kartu memori dengan komputer. Perangkat ini memungkinkan pengguna untuk bisa mengakses dan memindahkan data dengan sangat mudah dan cepat.

Selain itu, cardreader juga dapat berfungsi sebagai media penyimpanan removabel untuk berbagai perangkat seperti kamera digital, ponsel, camcorder dan perangkat lainnya yang bisa membaca alat tersebut. Namun syaratnya harus ada kartu memori yang terpasang dengan cardreader.

Hampir semua cardreader mampu menerima format ganda, misalnya CF (Compact Flash), SD (Secure Digital) dan Memory Stick Sony. Dibandingkan dengan yang lainnya memakai cardreader sama artinya tidak memerlukan perangkat tambahan lain untuk mengakses isi memori card dan dapat dibaca langsung oleh smartphone atau komputer sehingga dapat menghemat daya.

JENIS JENIS CARDREADER

Terdapat banyak sekali jenis jenis dan merek cardreader, baik untuk jenis memori penyimpanan SD card ataupun micro SD. Kecepatan dalam mentransfer data setiap produk juga berbeda beda.

Berikut ini beberapa jenis jenis produk cardreader :

Sandisk Imagemate All-in One USB 3.0 Reader

Cardreader yang satu ini begitu cocok untuk meja kerja anda karena didesain dengan model yang stylish secara vertikal.

Produk ini sangatlah kompatibel dengan berbagai jenis format kartu seperti format kartu baru UDMA 7 Compact Flash Drive.

Baca Juga :  Apa Aja Sih Hardware di Komputer

Transcend RDF5 Card Reader

Transcend RDF5 ini telah dilengkapi dengan fitur tambahan yaitu software RecoveRx yang berfungsi untuk mengembalikan data yang terhapus, jadi anda tidak perlu khawatir lagi jika kehilangan data karena tidak sengaja terhapus ataupun karena kesalahan saat proses transfer.

Selain itu, produk ini juga telah didesain dengan bentuk yang minimalis, ramping dan tanpa kabel sehingga lebih mudah dibawa kemana saja.

iDragon 4 In 1 Card Reader

Produk ini dapat anda gunakan untuk memindahkan data ke PC yang memiliki port USB. iDragon 4 In 1 dilengkapi dengan 4 buah port connector yaitu lightning, micro USB, USB tipe A, dan USB tipe C.

Tidak hanya untuk PC saja, anda juga bisa memindahkan data ke smartphone android ataupun memindahkan data dari SD card ke notebook dan macbook yang memiliki port USB tipe C.

Menurut tipenya cardreader dibagi menjadi dua yaitu Single slot dan Multi slot. Single slot sering disebut dengan cardreader 2in1, 3in1, 5in1 yang hanya memiliki satu lubang dan hanya bisa membaca satu jenis memori tertentu.

Sedangkan Multi slot memiliki emapat lubang/slot dan sering disebut dengan All In One karena bisa digunakan untuk banyak jenis memori card.

Demikian artikel tentang Apa itu card reader dan beberapa fungsi. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. Jangan lupa kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lainnya.

 

Related Article…