Apa Aja Sih Hardware di Komputer

Apa Aja Sih Hardware di Komputer – Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat komputer menjadi salah satu bagian dari teknologi yang sangat banyak diminati oleh orang awam.

Komputer sendiri tersusun oleh perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras yang dimaksud ini merupakan perangkat keras. Jadi apakah Anda pernah mendengar hardware ini. Hardware tentu sudah tidak asing lagi bagi mereka yang terjun ke dunia komputer.

Sementara untuk mereka yang kurang memahami dunia komputer bahkan tidak memiliki komputer atau laptop pasti masih minim pengetahuannya tentang perangkat keras itu sendiri.

Dikarenakan hardware merupakan penyusun komputer, maka hardware itu sendiri merupakan komponen penting yang ada dalam komputer.Hilangnya atau tidak adanya komponen hardware ini akan berpengaruh besar terhadap komputer.

PENGERTIAN HARDWARE DI KOMPUTER PC

Apa Aja Sih Hardware di Komputer

Apa Aja Sih Hardware di Komputer

Hardware merupakan semua komponen dalam komputer berupa perangkat keras yang menjadi bagian penting dalam sebuah komputer yang bagian fisiknya dapat dilihat secara kasat mata atau nyata dan dapat dirasakan serta disentuh secara langsung.

Perangkat keras bekerja mengolah data pada proses komputerisasi sesuai dengan instruksi perangkat lunak yang telah ditentukan sehingga keluaran dari setiap komputerisasi dapat terwujud.

Oleh karena itu, peran perangkat keras sangat penting bagi komputer karena memiliki fungsi lain seperti mengolah informasi mentah menjadi informasi yang berguna.

Akan tetapi pengertian perangkat keras menurut sunarto yakni perangkat pendukung EDPS atau Electronic Data Processing System yang dapat disentuh maupun dirasakan.

Sedangkan menurut Raya Fahreza hardware merupakan bagian dari komputer yang bekerja sesuai instruksi perangkat lunak atau perangkat lunak.

Dapat dikatakan hardware merupakan peralatan fisik komputer yang berguna untuk melakukan proses input, outpun maupun proses. Hardware seperti RAM, CPU, Mouse, Keyboard, Scanner, Monitor, Printer dan masih banyak lainnya.

Perangkat keras itu sendiri umumnya keras dan terletak pada bagian luar komputer dan menjadikan pengguna dapat terhubung langsung dengan perangkat lunak, dimana akan menerima input dan kemudian memberikan output kepada pengguna.

Biasanya orang mengenal perangkat keras sebagai perangkat keras yang terdapat hanya pada bagian luar komputer saja.Akan tetapi, terdapat pula hardware pada bagian dalam komputer seperti RAM dan CPU atau Central Processing Unit.

Baca Juga :  Sejarah ditemukannya Laptop dan perkembangan sampai saat ini

Tentu saja perangkat keras ini berbeda dengan perangkat lunak atau perangkat lunak yang biasanya terdapat dalam aplikasi komputer. Penggunaan perangkat keras ini sudah menjadi kebutuhan bagi para pengguna komputer karena manfaat dan pengaruhnya yang begitu banyak.

Jikalau komputer dibuat tanpa hardware itu adalah sebuah ketidakmungkinan. Untuk memperdalam pengetahuan Anda mengenai perangkat keras di komputer silahkan simak sub judul berikut ini.

HARDWARE YANG ADA DI KOMPUTER

Perangkat keras atau hardware tidak hanya terdapat pada laptop saja, melainkan juga terdapat perangkat keras yang mendukung penggunaan komputer. Beberapa perangkat keras ini sangat mudah ditemukan, disentuh, diraba, dan dirasakan oleh Anda pengguna komputer sehingga ketika Anda mempelajari tentang berbagai perangkat keras yang ada pada komputer, Anda akan sedikit terbantu ketika Anda adalah pengguna komputer. Beberapa sebagai berikut :

Mouse

Siapa yang tidak mengenali mouse ketika kita sering bertemu dan menggunakan komputer. Mouse salah menjadi satu hardware atau perangkat keras di komputer karena komponen ini memanglah penting.Tidak diragukan lagi, fungsi dari mouse ini sebagai penggerak kursor yang ada di layar komputer. Tidak hanya itu, menggunakan perangkat keras ini juga berfungsi memudahkan pengguna komputer untuk memilih menu apa saja yang terdapat di komputer. Mouse ini memiliki bentuk fisik yang sedikit mirip dengan tikus.

Keyboard

Pasti Anda sudah mengetahui mengenai keyboard itu sendiri yang digunakan untuk mengetikan teks. Keyboard ini termasuk ke dalam jenis perangkat keras atau perangkat keras pada komputer yang terdapat di luar komputer dan memiliki fungsi yaitu untuk memudahkan pengguna komputer dalam memasukkan angka, teks, judul, simbol, huruf-huruf ke dalam komputer. Keyboard ini memiliki bentuk fisik berupa huruf-huruf maupun simbol yang dapat ditekankan.

Scanner

Selain mouse dan keyboard, terdapat pula perangkat keras komputer yang disebut dengan scanner. Mungkin bagi Anda yang tidak memahami dunia komputer, nama komputer ini akan terdengar di telinga Anda. Scanner merupakan hardware atau perangkat keras pada komputer yang memiliki fungsi untuk mengubah dokumen dari hard copy menjadi soft copy.
Komponen perangkat keras atau perangkat keras ini menjadikan komponen ini penting bagi komputer dan keberadaan sangat dibutuhkan karena begitu banyak orang yang membutuhkan perangkat ini dalam rangka untuk mengarsipkan dokumen – dokumen yang mungkin penting dengan stempel dan tanda tangan.Dengan begitu, dokumen penting ini bisa diarsipkan dengan mudah tanpa takut akan hilang.

Baca Juga :  Monitor Pada PC

Perangkat Output

Jenis perangkat keras atau hardware ini berfungsi untuk menampilkan informasi dan mencetak hasil input data yang dilakukan pengguna komputer. Misalnya seperti monitor, printer maupun proyektor. Untuk penjelasan lengkapnya simak berikut ini.
Memantau
Komponen ini sangat penting karena perlu dimiliki oleh setiap perusahaan dalam melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen dan data.

Printer

Perangkat keras atau hardware ini digunakan untuk mencetak segala keperluan dokumen yang diinginkan.

LCD Proyektor

Jenis perangkat keras satu ini memiliki fungsi untuk memudahkan pengguna komputer dalam menampilkan gambar maupun video ke layar LCD.

Perangkat Proses

Perangkat keras maupun perangkat keras ini berguna dalam mengolah data dan menjalankan proses yang ada dalam komputer. Perangkat proses ini meliputi RAM, CPU, VGA. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai CPU, RAM, VGA simak ulasan di bawah ini.

RAM

Perangkat keras yang berfungsi untuk menentukan kecepatan akses dalam sebuah komputer.

CPU

Nama lain dari CPU yakni Central Processing Unit merupakan perangkat keras yang terdapat pada komputer yang berguna untuk mengontrol seluruh proses kerja yang ada pada komputer.

VGA

VGA disebut juga sebagai Video Graphic Array yang menjadi salah satu perangkat keras pada komputer yang berguna dalam mengolah dan memproses data grafis sehingga hasilnya dapat ditampilkan pada layar monitor komputer.

FUNGSI HARDWARE YANG ADA PADA KOMPUTER

Fungsi perangkat keras pada komputer begitu banyak fungsi berguna untuk menggunakan perangkat keras merupakan bagian penting dari komputer.

Mengolah data dan informasi.

Beberapa jenis perangkat keras yang bekerja mengolah data dan informasi meliputi CPU, RAM sekaligus VGA. Biasanya CPU, RAM maupun VGA terdapat pada perangkat proses yang terdapat pada komputer.

Menerima keluaran dan memberi keluaran.

Menerima input dari pengguna yang nantinya hardware akan memprosesnya menjadi informasi yang baru. Data yang diterima oleh input akan ditransfer pada output dan diproses agar perangkat keras dapat memberikan output kepada pengguna.

Deskriptif informasi dan data

Dalam hal ini, Anda dapat menyimpan informasi maupun data Anda pada penyimpanan yang terdapat dalam komputer.

Demikian artikel mengenai apa aja Sih Hardware di Komputer. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda mengenai dunia komputer. Terima kasih.

Related Article…