10 Rekomendasi Monitor Dibawah 3 Juta

10 Rekomendasi Monitor Dibawah 3 Juta – Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar monitor? Apakah seperti sebuah layar? Ataukah yang lain? Monitor merupakan salah satu bagian dari komputer yang menjadi pendukung bagi berjalannya komputer dan dapat dikatakan monitor ini adalah perangkat pendukung pada sistem komputer. Monitor bukanlah perangkat lunak layaknya microsoft word akan tetapi monitor termasuk ke dalam perangkat keras komputer.

Monitor menjadi bagian penting dan komponen penting bagi komputer karena dapat menampilkan data pada layar agar dapat diterima oleh pengguna komputer. Saking pentingnya komponen monitor ini, komputer tidak akan berjalan tanpa adanya monitor. Kinerja komputer juga sangat bergantung pada komputer ini namun bisa saja tidak menggunakan monitor namun dalam menghubungkan komputer perlu perangkat keras lainnya seperti LCD, Proyektor, OHP.

Perintah yang dimasukan oleh mouse maupun yang diketikan oleh keyboard akan ditampilkan pada monitor dalam gambar visual. Ternyata monitor ini membutuhkan sumber daya yang berbeda dari komputer. Jika menggunakan power supply sebagai energi dari komputer maka diperlukan kabel yang langsung terhubung dengan monitor. Monitor termasuk ke dalam klasifikasi perangkat keras output pada komputer.

PENGERTIAN MONITOR

Monitor merupakan perangkat keras atau hardware output yang memiliki fungsi utama yakni menampilkan data grafis maupun hasil input atau perintah yang tentunya diperoleh dari berbagai sumber misalnya mouse maupun keyboard. Monitor komputer menjadi salah satu jenis soft-copy device karena keluarannya yang berupa sinyal eletronik berupa gambar yang ditampilkan di layar monitor.

Monitor memiliki banyak bentuk dan ukuran yang berbeda misalnya saja yang terdapat pada komputer dan televisi. Setiap merek dan ukuran monitor memiliki resolusi dan spesifikasi yang berbeda pula. Resolusi ini berfungsi sebagai penentu tajamnya gambar yang ditampilkan di layar komputer. Tidak hanya itu, gambar yang dihasilkan pada monitor berasal dari proses pengolahan data oleh VGA Card.

Monitor memiliki tingkat resolusi yang beragam untuk mendukung ketajaman grafis yang berbeda-beda mulai dari 1280 × 800, 1366 × 768 hingga 1920 × 1080 atau lebih. Perkembangan monitor dari tahun ke tahun membuat banyak munculnya monitor dengan resolusi telah banyak diproduksi mulai dari yang berbentuk besar dengan layar cembung hingga berbentuk tipis dengan layar datar atau flat.

Baca Juga :  10 Monitor yang cocok untuk Desain Grafis dan Editing Video

Perangkat keras output ini bekerja mengikuti komponen induk sebagai perangkat pendukungnya. Nama dari monitor ini merupakan serapan dari kata dalam bahasa inggris yang memiliki arti mengamati. Maka dari itu monitor ini juga bisa disebut sebagai alat pengamat yang terdapat pada komputer.

FUNGSI MONITOR

Selain berfungsi dalam menampilkan data pada layar, ternyata terdapat manfaat lainnya yang bisa kita rasakan dari monitor komputer ini. Monitor memiliki peran penting bagi sektor kehidupan oleh karenanya menjadikan perangkat keluaran ini sangat bermanfaat bagi pengguna komputer.

Data yang ditampilkan pun sangat beragam tergantung juga pada resolusinya jika semakin tinggi resolusinya maka data grafis yang ditampilkannya akan jauh lebih jelas dan tajam akan tetapi jika semakin rendah resolusinya maka ketajaman data yang ditampilkan juga rendah.

Resolusi yang digunakan pada monitor sangat berpengaruh bagi keberlangsungan komputer. Maka tak usah khawatir lagi dikarenakan saat ini sudah banyak beragam jenis dan spesifikasi komputer dengan harga yang terjangkau pula sehingga memudahkan Anda dalam menyajikan data untuk dapat dilihat pada layar komputer.

JENIS-JENIS MONITOR

LED

LED atau yang bisa juga disebut sebagai Light Emitting Diode merupakan monitor yang bentuknya lebih ramping daripada monitor LCD atau Liquid Crystal Display. Penggunaan listriknya pun lebih sedikit dibandingkan dengan monitor LCD. Biasanya monitor LED ini dijual dengan harga yang cukup mahal.

LCD

LCD yang nama lainnya Liquid Crystal Display ini merupakan monitor yang bekerja dengan memancarkan sinar melalui kristal cair yang dipancarkan secara eletrik yang nantinya akan membentuk panel-panel kecil yang datar dan memiliki resolusi yang tinggi dibandingkan dengan monitor CRT. Monitor LCD memiliki resolusi lebih tinggi dibandingkan monitor CRT tetapi monitor LCD lebih slim atau ramping.

CRT

CRT atau Chatode Ray Tube dapat disebut juga sebagai monitor tabung karena pada monitor ini terdapat media tabung sinar katoda yang bekerja dengan cara memancarkan sinar elektron ke sebuah titik-titik kecil di layar dan memiliki konsep kerja yang sama dengan televisi berharga murah.

Monitor Plasma

Monitor ini didalamnya terdapat gas neon yang dialiri listrik yang nantinya akan membentuk pixel. Gas neon yang terdapat pada monitor plasma terdapat pada dua plat kaca. Monitor plasma memiliki gambar yang lebih baik bukan karena resolusinya melainkan karena proses pembuatannya dilakukan secara langsung dan tanpa diuraikan terlebih dahulu.

Baca Juga :  Teknologi IPS Pada Layar Monitor. Yuk Kita Bahas

REKOMENDASI ​​MONITOR TERBAIK DIBAWAH 3 JUTA

Rekomendasi Monitor Dibawah 3 Juta

Keberadaan monitor memang diyakini sangat penting bagi para pengguna komputer karena komputer yang Anda miliki harus memiliki monitor yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Perkembangan zaman yang semakin hari semakin canggih membuat monitor menjadi suatu produk teknologi yang sudah tidak asing lagi dan dapat ditemukan. 

Berbagai macam merek yang berbeda pun yang bermunculan dan kualitas maupun spesifikasi yang berbeda pun bisa Anda dapatkan. Kepastian untuk membuat komputer Anda menyajikan data dengan lebih tajam dan jelas maka yang harus Anda pesan yakni monitor dengan resolusi yang tinggi. Akan tetapi bagi Anda yang mungkin memiliki anggaran sedikit tapi ingin membeli monitor dengan kualitas terbaik silahkan simak ulasan berikut ini mengenai rekomendasi monitor yang terbaik dibawah 3 juta :

  1. LG 24GL600 24GL600F 24 Inci, 2,6 Jutaan
  2. LG 27GL650 27 Inci, 4,3 Jutaan
  3. ACER KG251Q Fbmidpx 24 Inci, 3,5 Jutaan
  4. ViewSonic XG2405 24 Inci, 3,5 Jutaan
  5. MSI Optix MAG241C 24 Inci, 3,6 Jutaan
  6. ViewSonic VX2458-C-MHD 24 Inci, 2,8 Jutaan
  7. BenQ Zowie XL2411P 24 Inci, 3,6 Jutaan
  8. ASUS TUF Gaming VG24VQ 24 Inci, 3,5 Jutaan
  9. Samsung C27JG50 27 Inci 4,5 Jutaan
  10. BenQ EX2780Q 27 Inci, 8,8 Jutaan

Memastikan harga yang tercantum akan sesuai dengan kualitasnya sehingga bagi Anda perlu mempertimbangkan lebih dalam lagi ketika akan membeli sebuah monitor Anda dan jangan lupa untuk melihat review dari suatu produk terlebih dahulu sebelum Anda dapat memperoleh produk monitor yang Anda beli dan jangan lupa untuk melihat review dari suatu produk terlebih dahulu sebelum Anda dapat memperoleh produk monitor yang Anda beli dan mengenai hal tersebut. spesifikasi dari masing-masing monitor dengan merek yang berbeda.

Demikian artikel tentang 10 Rekomendasi Monitor Dibawah 3 Juta yang dapat saya sampaikan mengenai pengertian monitor, fungsi monitor secara umum, jenis-jenis monitor dan beberapa rekomendasi monitor dengan harga terjangkau yang bisa Anda dapatkan untuk komputer Anda.  Untuk informasi lainnya baik tentang teknologi, SMK ataupun Digital Marketing silahkan kunjungi website kami . Sekian dan terima kasih.

Related Article…