5 Rekomendasi Speaker Laptop/PC Di Bawah 1 Juta

5 Rekomendasi Speaker Laptop/PC Di Bawah 1 Juta – Suara adalah salah satu elemen penting dalam melaksanakan suatu kegiatan, seperti menonton film dan mendengarkan musik. Salah satu alat pengeras suara yang banyak diminati sekarang ini adalah speaker.

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai pengertian speaker, fungsi speaker, jenis-jenis speaker, dan rekomendasi speaker laptop/PC. Simak ulasan berikut ini.

Pengertian Speaker

Speaker atau yang dikenal dengan alat pengeras suara, adalah perangkat output pada komputer, laptop/PC berguna untuk mengeluarkan hasil pemrosesan oleh CPU berupa audio atau suara. Speaker akan mengeluarkan suara yang diputar dalam komputer, baik dari music player ataupun suara video, seperti perangkat music MP3 Player, DVD Player, dan sebagainya.

Speaker memiliki bentuk yang sangat beragam, ada yang memiliki ukuran kecil, sedang, dan ukuran besar. Kekuatan unutk mengeluarkan suara tentu juga berbeda-beda tergantung besarnya tegangan yang digunakan. Dan hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Speaker memiliki bagian-bagian yang saling terhubung satu sama lain, dan setiap bagian tersebut memiliki peran dan fungsi yang berbeda-beda.

Berikut adalah bagian-bagian dari speaker:

  1. Sekat Rongga (Conus)

Berfungsi untuk menghasilkan gelombang tekanan yang diakibatkan oleh gerakan udara di sekitarnya. Gelombang tekanan tersebut yang sehari-hari kita dengar sebagai suara.

  1. Membran

Berfungsi untuk menerima proses induksi dari magnet yang kemudian menghasilkan bunyi akibat oleh getaran induksi.

  1. Magnet

Komponen yang berfungsi untuk melakukan induksi terhadap membran dan menghasilkan medan magnet.

  1. Kumparan

Berfungsi untuk mengalihkan energi gerak menuju ke sekat rongga atau conus. Perubaahan yang terjadi di medan magnet speaker menyebabkan gerakan kumparan yang disebabkan oleh interaksi antara kumparan dengan medan konstan magnet.

  1. Casing

Sebagai penutup speaker guna melindungi seluruh bagian dalam speaker. Model casing sangat beragam, seperti berbahan plastic, logam, kertas, atau campuran yang disebut composite.

Fungsi Speaker

Pada umumnya, speaker berfungsi untuk membantu agar keluaran suara makin maksimal. Dan untuk lebih lengkapnya, speaker berfungsi sebagai alat untuk mengubah gelombang listrik dari perangkat suara atau audio menjadi gelombang getaran yang akan mengeluarkan suara.

Baca Juga :  SSD dan HDD Lebih Bagus Mana Si ?

Proses untuk mengubah gelombang electromagnet menjadi gelombang bunyi atau suara, dimulai dari aliran listrik pada penguat suara dilanjutkan ke dalam kumparan. Di dalam kumparan akan terjadi gaya magnet pada speaker, yang dipengaruhi oleh kuat atau lemahnya arus listrik yang didapat. Kemudian getaran membrane akan mengikuti. Dengan proses ini akan terjadilah gelombang yang bias akita dengar.

Jenis-jenis Speaker

Berikut merupakan jenis-jenis speaker:

  1. Midrange

Speaker ini dirancang khusus untuk menghasilkan suara dari rentang frekuensi 500 Hz – 5.000 Hz. Jenis speaker ini mampu menciptakan suara yang terdengar lebih jelas dan terfokus. Ukuran speaker jenis midrange ini skeitar 4 – 6 inci saja. Biasanya digunakan untuk menghasilkan suara vokal.

Speaker midrange ini berfungsi untuk menangkap suara dengan frekuensi tinggi yang tidak bisa ditangkap oleh tweeter dan midbass, maka suara vokal yang dihasilkan akan lebih tebal dan jelas.

  1. Woofer (Mid-Woofer)

Atau yang biasa disebut dengan speaker bass, karena dapat memproduksi suara frekuensi rendah, yaitu frekuensi antara 40 – 1.000 Hz dan ada juga yang 20 – 2.000 Hz. Speaker ini memiliki diameter yang lebih kecil, mulai dari 4 – 12 inci. Jenis speaker ini sering dijumpai di sound system ruangan.

  1. Subwoofer

Jenis speaker dengan frekuensi suara antara 20 – 200 Hz. Speaker jenis ini menghasilkan suara nada rendah, dengan ukuran yang lebih besar dibanding jenis speaker lainnya.

Speaker jenis ini berfungsi untuk memproduksi 2 atau 3 oktaf terendah dari pendengaran manusia atau yang dikenal sebagai bass atau sub-bass. Speaker jenis subwoofer ini biasa dipasang pada perangkat komputer atau sound system pada mobil.

  1. Full Range

Speaker jenis ini bekerja untuk frekuensi yang lebar, mulai dari 40 Hz – 2 kHz. Memproduksi sebanyak mungkin tentang frekuensi yang dapat didengar dalam batasan yang ditentukan oleh kendala fisik dari desain tertentu. Speaker jenis full range ini juga bisa mengeluarkan suara rendah dan tinggi sekaligus.

Jenis speaker ini dapat ditemui dalam aplikasi mulai dari pengeras suara multimedia yang murah hingga sistem esoteris yang lebih mahal. Dan biasanya digunakan pada sound system luar ruangan agar menghasilkan suara yang jelas dengan jarak jauh.

  1. Tweeter
Baca Juga :  Tips Agar Laptop Enggak Gampang Panas

Merupakan jenis speaker terkecil yang biasa dikenal dengan speaker treble. Speaker jenis ini dirancang untuk memproduksi batas atas rentang frekuensi yang dapat didengar. Nama tweeter ini berasal dari kata “tweet” atau yang mewakili suara nada tinggi oleh suara burung.

Speaker tweeter ini mampu menghasilkan frekuensi suara pada kisaran 3.500 Hz – 20 kHz, dengan diafragma yang modern terbuat dari sutera, film/kain polyester, alumunium, dan paduan khusus lain seperti bahan titanium.

Rekomendasi Speaker Laptop/PC Dibawah 1 Juta

Berikut adalah 5 rekomendasi speaker dengan harga yang terjangkau yang bisa anda cari dan beli:

  1. Logitech Z313

Speaker ini dibandrol dengan harga Rp 300.000. dapat menghasilkan suara yang seimbang, tidak terlalu banyak bass yang diberikan, dan juga tidak lemas. Memiliki desain yang minimalis yang cocok untuk dipasang di segala tempat.

5 Rekomendasi Speaker Laptop/PC Di Bawah 1 Juta

5 Rekomendasi Speaker Laptop/PC Di Bawah 1 Juta

  1. Edifier M1370

Speaker yang dibandrol dengan harga Rp 700.000, ini cocok digunakan untuk menonton film dan cocok untuk anda yang banyak menghabiskan waktu menonton di layar laptop/PC.

  1. Microlab Speaker 2.1 TMN-9U

Materi yang digunakan untuk menghasilkan suara dari speaker terbuat dari kayu yang biasa digunakan sebagai materi dasar speaker. Dengan hal tersebut menghasilkan suara yang dihasilkan menjadi lebih padat dan lebih detail dibanding speaker lain. Speaker ini dibandrol dengan harga Rp 800.000.

  1. Simbadda CST 6400N

Speaker ini dibandrol harga Rp 500.000, yang bisa memberikan kekuatan suara yang and acari, karena speaker ini kuat dalam menghantarkan suara dengan volume besar.

  1. Dazumba DW366

Dengan dibandrol harga Rp 500.000, speaker ini memiliki fitur yang beragam seperti subwoofer, dan mode speaker satellite, tersedia juga fitur Bluetooth yang memudahkan anda supaya tidak perlu lagi menancapkan jack 3,5mm ke laptop/PC.

a

Itulah penjelasan mengenai pengertian speaker, fungsi speaker, jenis-jenis speaker, dan rekomendasi speaker laptop/PC. semoga dapat memberi wawasan dan informasi mengenai speaker lebih detail, serta bisa menjadi pertimbangan untuk anda yang ingin membeli speaker, anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan anda.

Related Article…