10 Rekomendasi VGA Gaming 2 Jutaan

10 Rekomendasi VGA Gaming 2 Jutaan – VGA merpakan salah satu kmponen hardware komputer yang wajib dimiliki. VGA berfungsi untuk menentukan seberapa bagus dan mendetail grafik atau visual yang akan ditampilkan pada monitor PC.

Ada beberapa jenis VGA yang tersedia di pasaran, dan disesuaikan kebutuhan anda.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai pengertian VGA, fungsi VGA, dan 10 rekomendasi VGA, simak penjelasan berikut ini.

10 Rekomendasi VGA Gaming 2 Jutaan

10 Rekomendasi VGA Gaming 2 Jutaan

Pengertian VGA

VGA atau Video Graphic Array merupakan tipe standar koneksi yang sangat penting pada perangkat video maupun gambar seperti monitor dan proyektor. VGA berbentuk kabel, port, dan konektor yang digunakan untuk:

  • Memproses dan menghasilkan umpan gambar keluaran ke monitor atau tampilan komputer
  • Menghubungkan dengan motherboard komputer.

VGA berisi mekanisme pendinginan, unit pemrosesan, koneksi ke perangkat tampilan, dan memori sendiri. VGA juga disebut dengan kartu grafis, tetapi sebenarnya VGA merupakan jenis kabel, yang digunakan untuk resolusi layar 640 x 480, terlepas dari pengguna perangkat kartu grafis.

Kabel VGA memiliki konektor 15 pin yang terdiri dari 5 pin di atas, 5 di tengah, dan 5 di bawah, yang akan dipasangkan pada port VGA pada desktop. Kabelnya sendiri memiliki warna merah dan biru, dan pada umumnya dipakai di komputer atau monitor versi lama.

Fungsi VGA

Fungsi utama dari VGA adalah memproduksi dan menampilkan gambar pada display monitor. Pada komputer atau monitor versi lama, VGA ini merupakan komponen yang sangat penting, namun untuk komputer spesifikasi terbaru, fungsi VGA sudah dianggap tidak penting karena sudah ada pada motherboard yang disebut dengan VGA Card Onboard.

Namun masih banyak pengguna komputer yang memerlukan VGA di motherboard agar mendunkung beberapa prosesor untuk menampilkan beberapa tampilan yang tidak mendukung.

Berikut adalah beberapa fungsi lain dari VGA:

  1. Digunakan untuk mengirimkan serta menerjemahkan output dari komputer ke monitor.
  2. Menampilkan tampilan grafis pada layar monitor, dengan cara mengubah sinyal digital di komputer.
  3. Menjadi tempat penyimpanan data dari harddisk.
  4. Untuk memberikan data ke prosesor yang akan diproses.
  5. Berfungsi untuk bermain game, drawing, dan menggambar desain.
  6. Menggambar dengan kualitas terbaik.
  7. Memproses data grafis untuk ditampilkan pada monitor komputer.
Baca Juga :  Perbandingan Intel dan AMD

Jenis-jenis VGA

Berdasarkan Memorinya

VGA dibedakan berdasarkan jenis memorinya, seperti berikut:
  1. VRAM

Biasa digunakan pada komputer kelas atas yang biasa digunakan untuk seorang graphic designer. VGA jenis ini yaitu seperti Diamon Fire GL, Diamond Stealth 3000 3D, Diamond Stealth 64, dan masih banyak lagi.

  1. Rambus

Jenis ini masih terbilang sedikit dan jarang digunakan. Rambus merupakan memori yang biasa digunakan pada device video game, seperti Nintendo dan Sega.

  1. SGRAM

Digunakan untuk graphic card dengan spesifikasi tinggi, yang bisa digunakan untuk 3D accelerator. Contonya seperti, VGA Matrox MGA Millenium, Matrox Mystique 3D, Diamond Stealth II S220, dan lain sebagainya.

  1. Dynamic RAM

Jenis ini cocok digunakan untuk komputer dengan spesifikasi entry level. Biasanya digunakan untuk komputer yang tidak memerlukan kecepatan tinggi atau warna yang banyak.

  1. EDO RAM

Biasanya digunakan untuk speed 60MHz 60/40ons.

Berdasarkan Fisiknya

Jenis VGA berdasarkan fisiknya itu terbagi menjadi 2, yaitu VGA Add On merupakan jenis VGA yang letaknya terpisah dengan motherboard. Dan VGA On Board merupakan jenis yang paling banyak digunakan pada laptop dan komputer, biasanya berbentuk chip yang bisa dicolokkan ke dalam motherboard.

10 Rekomendasi VGA Gaming 2 Jutaan

Bagi seorang gamers memiliki VGA adalah sesuatu hal yang penting dan wajib dimiliki, karena agar saat bermain tidak ada kendala apapun.

Berikut merupakan 10 rekomendasi VGA Gaming 2 jutaan:

  1. Nvidia GeForce GT 1030-2GB

VGA merek ini dibandrol dengan harga Rp 1.200.000, memiliki performa yang dihasilkan sangat menakjubkan, VGA merek ini mampu menjalankan game AAA yang memiliki kualitas grafik tinggi.

Dari segi desain VGA Nvidia ini memiliki ukuran yang kecil dibanding VGA lainnya, memiliki memori sebesar 2GB.

  1. MSI GTX 750 OC 2GB DDR5 N750

VGA yang diluncurkan oleh MSI dibandrol dengan harga sekitar Rp 1.700.000. dibekali kemampuan pengolahan grafis yang baik sehingga dapat menjalankan game AAA dengan lancar dan grafis yang memuaskan. Penyimpanannya sebesar 2GB dan GPU yang cukup cepat.

  1. Zotac GTX
Baca Juga :  Rumor Type C pada Iphone generasi selanjutnya

Merek ini dijual dengan harga Rp 1.700.000. VGA Zotac ini memungkinkan untuk mengoptimalkan performa PC ketika digunakan untuk rendering video. Jadi VGA merek ini tidak hanya disarankan untuk para gamers saja, tetapi cocok untuk youtuber pemula.

  1. ASUS GTX 750 OC 1GB 128bit

Perangkat VGA dari ASUS ini didukung dengan kemampuan untuk menghasilkan fps mulai dari 30 – 40 fps ke atas. Cocok digunakan untuk mengangkat berbagai jenis game dimulai dari kelas menengah hingga atas. Dibandrol dengan harga Rp 1.990.000.

  1. VGA Card Ati Radeon AMD 7670 4 GB DDR5 128bit PCI E

VGA merek ini dibandrol dengan harga dibawah 1jutaan, karena hanya dijual dengan harga Rp 875.000, tetapi kalitas yang dimiliki tidak murahan, karena performa dalam mengoptimalkan pengolahan grafis terbilang sangat baik.

  1. VURRION RADEON R7 240 2GB GDDR5 128bit

VGA ini dibekali dengan RAM 2GB DDR5 dengan kecepatan GPU mencapai 650 MHz, dengan desain yang keren dengan perpaduan warna merah dan hitam. Dijual dengan harga Rp 1.029.000.

  1. POWERCOLOR RX 550 4GB DDR5 128bit

Memiliki ruang penyimpanan sekitar 4GB, sehingga performa yang dihasilkan cepat dan handal. Dibandrol dengan harga Rp 2.195.000.

  1. Mvidia GTX 1650 Super Overclocked 4GB

Perangkat ini merupakan seri VGA yang terbaik karena mengusung arsitektur turing paling baru, dengan hal tersebut menjadikan performa VGA ini maksimal dalam menghasilkan grafik game yang berkualitas. Dijual dengan harga Rp 2.539.000.

  1. GIGABYTE AMD Radeon RX 580 8GB

Memiliki ruang penyimpanan yang luas yaitu sebesar 8GB, yang dapat menampung data yang besar dan banyak. Sehingga akan memaksimalkan VGA dalam mengolah grafik saat PC digunakan bermain game. Dibandrol dengan harga Rp 2.590.000.

  1. Nvidia GTX 1050 Ti

VGA ini dibandrol dengan harga Rp 2.129.000. mampu menghasilkan rata-rata 75fps dengan pengaturan paling tinggi. Memiliki desain yang cocok untuk gamers dengan adanya dukungan kipas tunggal yang berfungsi sebagai pendingin.

 

Itulah pembahasan mengenai pengertian VGA, fungsi VGA, dan 10 rekomendasi VGA Gaming. Semoga dapat membantu dan memberi informasi untuk anda. Pastikan anda memilih VGA yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Related Article…