USB Hub Solusi Untuk Menggunakan Banyak Perangkat

USB Hub Solusi Untuk Menggunakan Banyak Perangkat – Pada pertengahan 90-an, USB atau yang disebut Universal Serial Bus diluncurkan. Dengan tujuan untuk menghubungkan komputer dan peralatan telekomunikasi, dan kemudian menjadi sarana utama untuk menghubungkan seluruh perangkat lain dan telah membuat kontribusi yang signifikan ke dunia IT saat ini.

USB Hub digunakan sebagai port USB tambahan karena port USB yang ada pada PC jumlahnya cenderung terbatas. USB Hub biasanya memiliki beberapa port, seperti 3, 4 dan ada juga yang memiliki 10 port.

Berikut ini adalah ulasan mengenai apa itu USB Hub, Fungsi dan jenis-jenisnya, serta 5 rekomendasi USB Hub dengan harga yang terjangkau.

Pengertian USB Hub

USB Hub merupakan suatu alat yang memiliki dua atau lebih lubang port USB, untuk dihubungkan ke komputer anda. Yang bisa memberikan kebebasan untuk menghubungkan lebih banyak perangkat USB tanpa memutus koneksi perangkat lain yang sudah tersambung.

Fungsi Dan Jenis-jenis USB Hub

Ada beberapa fungsi dari USB Hub adalah:

  1. Menambah Kapasitas USB Port Tanpa Ribet

Biasanya lubang USB Port hanya 2 buah saja, sehingga menyulitkan and ajika ingin menggunakan keyboard dan mouse secara bersamaan.

  1. Mengisi Banyak Perangkat Dalam 1 Lokasi

USB Hub ini sangat cocok untuk mengisi daya beberapa perangkat di dalam 1 lokasi, karena ketika USB Hub telah terhubung ke perangkat laptop/komputer, anda bisa memasang perangkat yang anda butuhkan, seperti power bank atau Handphone.

  1. Standar dan Kecepatan dari USB

Berikut adalah standar kecepatan USB:

  • USB 1.0 12 Mb/s
  • USB 2.0 480 Mb/s
  • USB 3.0 USB 3.1 Gen 1 5 Gb/s
  • USB 3.2 Gen 2 10 Gb/s
Baca Juga :  Cara Menyambungkan HP Ke TV Menggunakan HDMI Dongle

Jadi pada saat angka USB bertambah, maka tingkat kecepatan transfer data akan semakin bertambah. Tetapi, tingkat kecepatannya tergantung dengan jenis dan kelas perangkat yang tersambung.

Ada empat jenis USB Hub, yaitu:

  1. Kartu PCI USB Internal

USB ini perlu dipasang dengan membuka kasing PC anda dan memasukkan kart uke slot PCI kosong pada motherboard. Dan USB ini tidak disarankan untuk anda yang tidak terbiasa bongkar pasang atau merakit komputer, dan versi windows anda juga diperbarui agar PC dapat mendukung fungsionalitas USB2.0.

USB Hub Solusi Untuk Menggunakan Banyak Perangkat

USB Hub Solusi Untuk Menggunakan Banyak Perangkat

  1. USB Hub (Non-Powered)

Jenis ini adalah yang paling sering digunakan oleh pengguna komputer. Termasuk perangkat yang murah dan sederhana yang dihubungkan langsung ke salah satu port USB PC dan siap digunakan.

USB Hub jenis ini mungkin tidak begitu bisa memasok daya yang memadai untuk perangkat ini terutama saat anda menggunakan beberapa perangkat USB secara bersamaan.

  1. Powered USB Hub

Memiliki colokan adapter power sehingga bisa memberikan pasokan daya yang lebih untuk perangkat yang dicolokkan ke salah satu port.

USB jenis ini, bisa menjadi pasokan daya untuk perangkat seperti, printer, scanner, dan lainnya yang membutuhkan pasokan daya.

  1. USB PC Card PCMCIA

Perangkat ini cocok untuk anda yang berpergian menggunakan laptop. Perangkat ini dimasukkan ke dalam port PCMCIA yang terdapat di samping laptop yang secara instan menyediakan dua port.

5 Rekomendasi USB Hub Dengan Harga Terjangkau

Berikut adalah 5 rekomendasi yang terbaik dengan harga yang terjangkau:

  1. Vention High Speed USB 3.0 Hub – CHL 0.15 Meter

Fitur USB Hub ini termasuk transmisi USB 3.0 (hingga 5 Gbps), yang mendukung HDD Kapasitas 2 TB. Memiliki beberapa keunggulan, seperti:

  • HDD Kapasitas 8 TB
  • Input daya USB mikro (hingga 5V/2A)
  • Memiliki Panjang kabel 0,15 meter, dengan konektor yang dilapisi nikel dan konduktor tembaga yang dilapisi timah.
Baca Juga :  Fakta Keunggulan USB Type C Dibandingkan Micro USB

USB Hub ini dijual dengan harga Rp 100.000an.

  1. Baseus USB Hub Multi Port Adapter TC-USB 10 CM

Merupakan adaptor multifungsi yang memiliki desain 4 in 1 yang bisa digunakan secara bersamaan dengan kecepatan transmisi data hingga 5 Gbps.

USB Hub ini cocok digunakan di rumah ataupun kantor, karena memiliki desain yang melingkar modern dan ukurannya cukup ringkas dan ringan sehingga mudah dibawa untuk berpergian.

USB Hub Baseus ini dijual dengan harga Rp 129.000an yang mendukung HDD hingga 4 GB.

  1. Orico SHC U3 4 Port

Menggunakan antarmuka USB 3.0 yang super cepat, dan bisa digunakan untuk komputer dengan sistem operasi Windows XP, Vista, 7, 8, 8.1, 10, Mac OS dan Linux.

USB Hub ini memiliki desain berbentuk segitiga yang unik dan ringkas serta memiliki stander untuk HP dan Tablet.

  1. Vention USB 3.2 Type C to USB 3.0 Hub – TGC

Memiliki desain cukup premium dengan tempurung menggunakan alumunium alloy + TPE. Dilengkapi dengan konektor Type C ke 4 x USB 3.0 dan microUSB female (input daya ke hub).

Kabelnya memiliki Panjang 0,15 meter dengan konektor berlapis nikel. USB Hub ini dijual dengan harga Rp 200.000an.

  1. Uneed USB Hub 4 Port UUH101

Memiliki 4 port dengan teknologi USB 3.0 yang mendukung transfer data dengan kecepatan tinggi hingga 5 Gpbs.

Dilengkapi juga dengan tombol on/off pada setiap portnya, dan memiliki lubang coclokan adaptor yang harus dihubungkan dengan charger sebagai tambahan daya pada saat USB Hub ini akan digunakan.

USB Hub Uneed ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp 150.000 an.

Penutup

Demikian ulasan mengenai USB Hub, serta 5 rekomendasi USB hub terbaik dengan harga yang terjangkau. Semoga dapat memberi informasi dan membantu anda terutama yang berniat untuk membeli USB Hub ini.

Related Article…