Tugas-tugas Content Writer

Tugas-tugas Content Writer – Jika anda gemar menulis, content writer merupakan salah satu opsi pekerjaan terbaik yang bisa dijadikan pilihan utama, karena saat ini dunia telah memasuki era digital yang berkembang, seperti perkembangan internet untuk memnuhi kebuthan internet marketing, pada tulisan siap publish.

Profesi ini memiliki peran dalam konten dan artikel yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Untuk anda yang tertarik dengan profesi content writer, kami akan membahas pengertian, gaji yang didapat, tugas-tugas yang dilakukan, dan kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang content writer. Simak penjelasan berikut ini.

Tugas-tugas Content Writer

Tugas-tugas Content Writer

Pengertian

Content writer atau yang dikenal sebagai penulis konten adalah profesi yang bertanggung jawab dalam memproduksi konten yang menarik di media sosial/online. Konten yang mereka buat bisa berbentuk seperti, artikel blog, post di sosial media, atau apapun yang ditulis di dalam platform online.

Tidak hanya menulis, seorang content writer juga bertanggung jawab untuk memastikan agar desain, gambar, serta tulisan yang dibuatnya berkaitan dengan yang perusahaan butuhkan, serta harus memikirkan topik yang perlu ditulis untuk menyesuaikan kebutuhan target audiens.

Berikut adalah beberapa jenis content writer yang umumnya dapat dijumpai di berbagai perusahaan:

  1. SEO

Content writer yang berfokus pada search engine optimization (SEO), bertugas untuk menulis konten sesuai keyword atau kata kunci yang sudah diatur oleh SEO. Menulis sebuah konten atau artikel penting untuk disesuaikan dengan yang diatur dalam SEO, karena agar artikel dapat muncul di halaman pertama mesin pencarian dan mendapatkan pengunjung dan traffic rate dengan pesat.

  1. Jurnalistik

Content writer dalam bidang jurnalistik bertugas untuk menulis artikel yang lebih santai atau yang biasa disebut dengan artikel entertainment atau feature yang tujuannya untuk menghibur pembaca. Profesi ini bekerja di portal berita, media, dan website online.

  1. Generalist

Writer ini bertugas untuk membuat konten sebanyak-banyaknya tanpa adanya tema yang ditentukan. Mereka juga ditugaskan untuk menulis dan membuat konten yang bertujuan untuk menciptakan kesadaran akan sebuah brand.

  1. Technical
Baca Juga :  Profesi Public Relation

Berkemampuan tinggi dalam menginterpretasikan informasi yang kompleks ke dalam tulisan yang lebih dimengerti oleh semua orang.

  1. Media Sosial

Bertugas membuat konten-konten yang seru dan interaktif di media sosial, seperti Instagram, konten yang ditulis tentunya harus menarik dan selalu up to date, agar audiens tertarik dengan konten di media sosial yang dikelola seorang writer.

Gaji

Berdasarkan data dari indeed tahun 2022, rata-rata gaji yang didapat seorang content writer yaitu sekitar Rp 3.980.763, per bulan di Indonesia.

Berdasrkan laporan tren & gaji pekerja digital tahun 2021 dari Glints, gaji seorang content writer adalah Rp 5.000.000 – Rp 7.500.000.

Besaran gaji tersebut beda-beda disesuaikan dengan kondisi perusahaannya, pengalaman kerja serta berdasarkan tingkatan, seperti entry level dan senior, tentunya akan mendapat gaji yang berbeda-beda, bisa lebih dan kurang dari nominal tersebut.

Tugas-tugas

Tentunya tugas seorang content writer tidak hanya menulis.

Berikut adalah beberapa tugas yang dilakukan oleh seorang content writer:

  1. Mencari dan Mengembangkan Ide Tulisan

Mencari dan mengembangkan ide bisa dilakukan dengan cara mencari keyword tertentu menggunakan tools SEO seperti ubersuggest dan Semrush.

Bisa juga dengan mencari melalui media sosial. Anda akan mengetahui topik apa saja yang sedang dicara oleh banyak orang.

  1. Melakukan Riset

Hal ini diperlukan agar anda bisa menulis konten dengan informasi yang akurat dan dapat dipercaya oleh pembaca. Pencarian riset bisa melalui jurnal, penelitian,dan buku. Dan saat ini anda bisa melakukan riset melalui internet.

  1. Menulis Dan Mendistribusikan Konten

Seorang content writer harus menulis artikel sesuai dengan pembaca dan identitas brand. Content writer juga bertugas untuk mendistribusikan konten yang ditulis menggunakan content management system seperti, wordpress, joomla!, dan wix.

  1. Mengedit Tulisan

Sebelum didistribusikan, seorang content writer perlu mengecek dan mengedit tulisan terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk memastikan tulisan yang dibuat dapat dimengerti pembaca, sesuai tata bahasa, tidak salah ketik, dan penggunaan tanda bacanya tepat. Sehingga menghasilkan tulisan yang berkualitas untuk pembaca.

  1. Mengenal SEO
Baca Juga :  Tugas-tugas Data Architect

Seorang content writer harus menuliskan artikel yang SEO friendly, karena itu penting bahwa seorang content writer untuk belajar dasar-dasar SEO.

Kemampuan Yang Dibutuhkan

Untuk menjadi seorang content writer, ada beberapa kemampuan yang harus dikuasai, berikut diantaranya:

  1. Keterampilan Menulis

Kemampuan ini wajib dikuasai oleh content writer. Anda harus bisa menulis konten dengan jelas dan mudah dipahami pembaca. Serta pemahaman tentang tata bahasa, penyusunan kalimat, dan penggunaan tanda baca juga sangat penting untuk meningkatkan tulisan yang berkualitas. Kemampuan menulis dengan berbagai gaya juga harus dikuasai oleh content writer.

  1. Memahami SEO

SEO (Search Engine Optimization) merupakan upaya untuk mengoptimasi sebuah website agar bisa muncul di pencarian teratas pada pencarian Google. Dengan itu content writer perlu memahami SEO agar bisa membuat artikel yang SEO friendly tetapi tetap enak dibaca pembaca.

  1. Kemampuan Riset

Kemampuan ini diperlukan agar content writer bisa mengembangkan konten yang orisinil, dan memiliki nilai. Dengan riset yang akurat anda juga bisa meningkatkan kredibilitas anda sebagai penulis.

  1. Menggunakan CMS Yang Sesuai

CMS (Content Management System) merupakan media yang digunakan untuk menuangkan tulisan sebelum akhirnya di publish. Seorang content writer juga perlu menguasai penggunaan dan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Beberapa CMS yang bisa digunakan seperti WordPress, Joomla!, MODX, dan masih banyak lagi.

  1. Mampu Berkomunikasi Secara Efektif

Komunikasi merupakan softskill yang perlu dikuasai oleh content wirter, karena perlu untuk berkomunikasi dengan rekan kerja.

  1. Manajemen Waktu

Kemampuan ini diperlukan agar anda bisa membagi waktu untuk menyelesaikan semua pekerjaan dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

  1. Pengetahuan Tentang Media Sosial

Media sosial menjadi salah satu tempat untuk berbagi tulisan dalam bentuk lain agar meningkatkan jangkauan pembaca. Misalnya dengan membagikan tulisan melalui Instagram, twitter, dan media sosial lainnya. Media sosial juga bisa menjadi sara untuk anda mencari ide tulisan.

 

Demikian penjelasan mengenai profesi content writer mulai dari pengertian, gaji yang didapat, tugas-tugas yang dilakukan, dan kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang content writer. Semoga dapat membantu dan memberi informasi kepada pembaca terutama untuk anda yang tertarik dengan profesi content writer.

Related Article…