Profesi Sales Executive

Profesi Sales Executive – ada banyak sekali pekerjaan yang bisa digeluti oleh siswa siswi dari jurusan bisnis daring dan pemasaran. Banyak lapangan yang tersedia juga untuk siswa dari jurusan yang satu ini. Sehingga membuat peluang kerja dari siswa jurusan ini sangat luas. Salah satu pekerjaan yang cocok adalah sales excecutive. Bagaimanakah pekerjaan sebagai seorang sales excecutive ini? simak penjelasan berikut.

Penjelasan singkat

Sales executive merupakan seseorang yang memiliki tanggung jawab dalam strategi penjualan perusahaan secara keseluruhan. Biasanya peran ini juga memiliki kewenangan untuk menjaga hubungan dengan pembeli besar.

Profesi ini mungkin akan sering bepergian bertemu klien, bahkan ke luar kota, demi mencapai target penjualan perusahaan. Tidak hanya dituntut menjadi jembatan antara perusahaan dengan pembeli, akan tetapi peran ini juga bertanggung jawab atas strategi penjualan secara keseluruhan.

Tanggung Jawab dan Tugas Sales Executive

Tanggung jawab dan tugas sales tentu saja tak jauh-jauh dari bagaimana berjualan. proses tersebut berguna dalam menjalankan strategi yang efektif. Tanggung jawab dan tugas yang diemban seorang sales executive antara lain :

  1. Melakukan researchdan merekomendasikan prospek untuk peluang bisnis baru
  2. Membuat perencanaan strategi penjualan
  3. Menganalisis opsi saluran penjualan
  4. Membangun hubungan dengan calon clientpotensial
  5. Mempertahankan hubungan denganclient lama
  6. Update tentang trendbisnis terkini
  7. Mengidentifikasi posisi penjualan kompetitor
  8. melakukan pengumpulan, menyiapkan dan menganalisis data atau informasi laporan penjualan
  9. Membangun dan mengelola networkperusahaan dengan profesional
  10. Bertemu dengan client lama maupun calon client untuk memastikan kebutuhan mereka
Baca Juga :  Profesi SEO Specialist

Profesi sales excecutive

baca juga : SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

Skill yang perlu dikuasai

Beberapa skill yang harus dikuasai untuk mengembangkan strategi penjualan yang jitu

Analisis Data dan Informasi Penjualan

Dalam melakukan perancangan strategi penjualan, diperlukan analisa yang dalam terutama berkaitan dengan penjualan. Berbagai data yang menyangkut klien, perusahaan, kompetitor, trend bisnis dan berbagai regulasi yang ada sangat diperlukan pada proses analisa ini.

Kemampuan dalam melakukan analisa termasuk membaca dan menerjemahkan data dan informasi sangat penting. Agar bisa memberikan pola dan pemahaman mendalam tentang kondisi pasar. dari sini juga strategi penjualan dapat dibentuk agar selanjutya bisa di dimplementasikan.

Fokus Terhadap Target

Dalam melakukan penjualan, harus sesuai dengan target penjualan agar keuntungan yang didapatkan bisa optimal. Adanya target penjualan akan membuat perusahaan lebih kompetitif. Target penjualan juga bisa menjadi indikator dalam KPI perusahaan. Agar bisa fokus terhadap penjualan maka diperlukan eksplorasi pasar dan usaha sekreatif mungkin. Sehingga fokus terhadap target ini menjadi bagian penting yang wajib ada dalam bagian penjualan.

Komunikasi 

Dalam melakukan penawaran produk, cara komunikasi yang baik adalah dengan bercerita. Melalui cerita, analisa bisa dilakukan sesuai dengan produk yang akan ditawarkan. Sehingga setelahnya kita bisa menawarkan dan menginformasikan tentang produk yang ditawarkan dan bisa berguna untuk konsumen. Produk juga harus dijelaskan senyaman mungkin agar terlihat profesional dan konsumen merasa nyaman. Dengan komunikasi ini maka penjualan bisa lebih lancar.

Baca Juga :  Profesi Public Relation

Terkadang komunikasi tidak hanya berhubungan dengan penyampaian atau promosi produk. Komunikasi juga bisa berhubungan dengan menjaga relasi agar tetap terjamin dan menjaga reputasi perusahaan. Negosiasi terkadang diperlukan agar bisa mencapai kesepakatan dengan client dan perusahaan.

Empati

Dalam menawarkan produk, seorang sales executive juga harus mempunyai empati. Tujuannya adalah supaya bisa merasakan dan menempatkan diri sesuai dengan kondisi konsumen. Hal ini akan membantu pendekatan dengan konsumen. Jika proses pendekatan berhasil maka mereka akan memutuskan untuk membeli produk. Dan terkadang konsumen akan membantu dengan merekomendasikan perusahaan ke rekan mereka.

Product Knowledge

Selanjutnya adalah Product Knowledge. Skill ini sangat penting agar memudahkan proses penjualan produk kepada klien. Seorang sales perlu mengetahui secara mendalam tentang produk yang mereka jual. Bisa berkaitan tentang cara kerja, manfaat, atau bahkan promosi yang sedang ditawarkan.

Time Management 

Sebagai sales executive tidak menutup kemungkinan untuk bertemu atau meeting dengan banyak orang, apalagi berkaitan dengan penjualan. Sehingga kemampuan untuk mengatur waktu sangat diperlukan agar bisa memaksimalkan waktu yang ada. Time management juga akan membantu dalam menjaga progress dan timeline penjulan.

Mungkin sekian dulu pembahasan tentang profesi sales executive. Semoga bisa membantu anda dalam memberikan sedikit gambaran tentang profesi tersebut. Dapatkan informasi lainnya dengan klik website kami di pklsmk.com.

Related Article…