Tips dan Trik Menjalankan PKL Online

TIPS DAN TRIK MENJALANKAN PKL ONLINE –  Haii, apa kabar hari ini? Pastinya tentu sehat dong, jangan lupa tetap jaga protokol kesehatan. Tentunya tak lepas dari sering mencuci tangan dan mengurangi aktivitas diluar rumah juga. Di masa pandemi sekarang ini semua serba online dari mulai sekolah, bekerja, maupun berbelanja semua serba online.

Tak terasa sudah Satu tahun lebih kita mengalami masa pandemi seperti ini,untuk para siswa/siswi SMK terutama yang menjalani PKL gimana kabarnya? Apakah kalian juga menjalani PKL secara online? Yah terutama untuk yang menjalani PKL online pasti banyak sekali keluh kesah yang mereka hadapi.

Kegiatan di era pandemi

Di era seperti ini semua serba online atau daring atau lebih sering dikenal bekerja dari rumah. Hampir semua kegiatan kita lakukan secara online agar lebih mudah dan pastinya terhindar dari berbagai virus di luar karena kita cukup lewat Handphone. Masa pandemi seperti ini memang banyak pihak yang mengalami kerugian namun jika kita berpikir lebih, ternyata ada untungnya juga lho.

Untuk siswa maupun siswi yang sekarang sedang menjalani PKL secara online tetap harus semangat yah. Walaupun yang biasanya PKL, siswa lakukan secara tatap muka kini harus menjalani secara online. Apalagi banyak sekali hambatan maupun rintangan yang harus siswa hadapi.

Baca Juga :  PKL SMK AKL BANTEN

Tips dan Trik Menjalankan PKL Online

Tips dan trik menjalankan PKL Online

Kesempatan kali ini kita akan kasih trik dan tips nih cara menjalankan Praktik kerja lapangan secara online/daring.

  1. Sebelum memulai kegiatan PKL persiapkan diri anda,dari mulai bangun pagi,mandi dan sarapan pagi.
  2. Sebelum memulai pastikan sinyal, kuota atau alat yang kita butuhkan saat PKL sudah tersedia. (untuk daerah yang tidak ada sinyal usahakan cari tempat WiFi atau tempat yang ada sinyal).
  3. Hindari keramaian, jika di tempat WiFi banyak sekali kerumunan usahakan kita mencari tempat yang sepi, agar dapat berkonsentrasi penuh dalam mengikuti kegiatan PKL tersebut.
  4. Setelah semua sudah siap, ikuti PKL online dengan sungguh sungguh dan bertanggung jawab mengikuti arahan dari pembimbing.
  5. Jika kita diberi tugas dari pembimbing usahakan kita selesaikan dalam waktu itu juga demi menghindari penumpukan tugas/lupa deadline.
  6. Setelah itu kerjakan tugas tersebut dengan semangat dan sungguh – sungguh agar tugas selesai dengan maksimal.
  7. Dan jangan lupa untuk senantiasa menjaga protokol kesehatan dengan cara menjaga jarak saat kita sedang ditempat WiFi atau sebagainya.
  8. Serta jangan lupa meluangkan sedikit waktu untuk solat dan makan agar badan kita tidak sakit karena tekanan tugas.
  9. Selain menjaga pola makan yang sehat tentu kita juga harus menjaga mata. Usahakan kita tidak terus menghadap ke handphone atau laptop ya selama seharian penuh. Agar tidak terlalu lelah, luangkan sedikit waktu, namun tetap mengikuti deadline yang ada.
  10. Jangan lupa untuk memberitahukan kepada orang tua tentang PKL online yang kalian jalani, agar orang tua dapat menghimbau dan memantau kegiatan kita.
  11. Setelah semua selesai kirim tugas sesuai deadline yang mentor atau pembimbing berikan, jangan sampai terlambat. Tentunya selalu menjaga kesehatan serta selalu menjalankan prtokol kesehatan dimanapun anda berada.
Baca Juga :  Pusat PKL SMK Akuntansi Banyumas

Mungkin itu beberapa tips dan trik agar PKL (Praktek kerja lapangan) anda tetap berjalan dengan lancar dan dapat mengikuti dengan baik. Jangan pernah putus asa dan mudah menyerah dalam menjalankan kegiatan. Di masa pandemi seperti ini kegiatan PKL memang harus secara online agar tidak memudahkan penularan virus di masa sekarang ini.

Manfaatkan semua ilmu yang sudah pembimbing berikan.Karena semua ilmu yang siswa dapatkan kelak akan menjadi bekal berharga untuk kita. Tetap ikuti PKL (Praktik kerja lapangan) dengan semangat dan sungguh-sungguh walaupun secara online.

Dan jangan lupa selalu ikuti petunjuk dan arahan pembimbing agar PKL (Praktik kerja lapangan) yang kita jalani bisa bermanfaat. Tetap menjaga kesehatan serta terapkan protokol kesehatan di manapun dan kapan pun kita berada, agar kita tidak terkena virus tersebut. Selalu semangat menjalankan PKL (Praktek kerja lapangan) online teman-teman semua.

Related Article…