Kegiatan Prakerin Online

Kegiatan Prakerin Online – dengan perkembangan zaman dan kondisi yang ada, membuat kegiatan prakerin saat ini tidak hanya dilakukan secara offline atau secara langsung. Sekarang prakerin bisa dilakukan secara online. Lalu bagaimanakah berlangsungnya kegiatan tersebut? 

Kegiatan Prakerin

Prakerin atau praktek kerja industri merupakan kegiatan wajib bagi siswa SMK agar mereka bisa lulus.

Kegiatan ini mungkin lebih familiar kita dengar dengan istilah PKL atau praktek kerja lapangan.

Siswa SMK nantinya wajib mengikuti dan melakukan kegiatan ini sebagai salah satu bentuk penerapan ilmu yang mereka dapatkan. 

Prakerin sendiri memiliki banyak sekali manfaat untuk siswa. Di dalam proses prakerin nantinya siswa bisa mendapatkan pengalaman tentang dunia kerja yang sesungguhnya.

Sehingga setelah lulus nantinya mereka tidak lagi melakukan penyesuaian dengan dunia kerja.

Nantinya siswa juga bisa menerapkan apa yang mereka sudah pelajari di sekolah. Ilmu yang didapatkan menjadi lebih bermanfaat dan ada media untuk menerapkan langsung. 

Baca Juga :  PKL SMK BDP Kabupaten Kudus

Latar belakang prakerin online

Kondisi sekarang ini sempat membuat kegiatan prakerin sempat tersendat.

Alasannya jelas karena penyebaran virus covid-19 yang sangat cepat dan membuat banyak kegiatan yang mengharuskan pertemuan langsung banyak yang dikurangi.

Banyak tempat atau perusahaan yang akhirnya mengurangi jumlah kegiatan offline mereka dan bekerja secara online atau bekerja dari rumah (WFH). 

Kegiatan prakerin online

Penyebaran virus covid-19 ini juga memberikan efek ke kegiatan sekolah. Kegiatan belajar mengajar di sekolah tidak dapat dilakukan seperti sebelumnya. Belajar mengajar akhirnya dilakukan secara daring atau online. 

Tidak hanya kegiatan belajar mengajar, kegiatan Prakerin juga mendapatkan dampak dari covid-19 ini. Karena banyak pembatasan dari perusahaan akhirnya kegiatan prakerin sempat terhenti sementara. Kemudian kegiatan prakerin dilakukan secara online, mengingat kegiatan ini tetap harus berlangsung. 

Baca Juga :  PKL SMK BDP Banyumas

Pelaksanaan prakerin online

Kegiatan prakerin online ini menjadi solusi yang akhirnya diambil agar prakerin tetap dapat berlangsung.

Prakerin secara online akan memanfaatkan internet sebagai media utamanya. Beberapa tools yang akan digunakan seperti zoom, google meet dan lainnya.

Nantinya proses penugasan akan dilakukan dengan group whatsapp atau sejenisnya yang digunakan untuk komunikasi dari perusahaan ke peserta prakerin. 

Tempat Prakerin online 

Salah satu tempat yang bisa dijadikan pilihan untuk prakerin adalah PT. Kombas Digital internasional. Di tempat ini siswa bisa melaksanakan prakerin secara online.

Tempat ini sudah menggunakan platform khusus yang memungkinkan siswa untuk prakerin secara online bernama akademi kombas.

Di tempat ini siswa dapat mendapatkan materi dari mentor dan praktisi secara langsung. Sehingga ilmu yang siswa dapatkan juga sesuai dengan kondisi yang ada. 

sekian pembahasan tentang kegiatan prakerin online, untuk mendapatkan informasi selengkapnya tentang SMK kunjungi https://pklsmk.com.

Related Article…