Tempat PKL Asik Di Purwokerto

        PKL atau Praktek Kerja Lapangan merupakan salah satu bentuk kegiatan yang bertempat dilingkungan kerja langsung. Pratek Kerja Lapangan (PKL) biasanya dilaksanakan oleh murid SMK, mahasiswa atau karyawan baru .

Pratek Kerja Lapangan (PKL) adalah salah satu kegiatan siswa agar mendapatkan pengalaman kerja sebelum masuk ke dunia kerja yang sebenarnya.

Yang tercermin dalam pendidikan nasional mberbasis pancasila yang bertujuan agar meningkatkan kreavitas, kecerdasan, dan ketrampilan supaya dapat menciptakan manusia yang mempunyai sumber daya yang berkualitas, bertanggung jawab dan baik berdasarkan pembangunan bangsa dan negara dalam tujuannya untuk meningkatkan mutu ekonomi dan kehidupan yang sejahtera.

PKL bertujuan supaya lulusan mempunyai pengetahuan, ketrampilan dan etos kerja yang sesuai dengan dunia kerja. Melalui kegiatan PKL diharapkan wawasan tenaga kerja dapat mengetahui dan mengenal dunia kerja, supaya akan menambah wawasan mengenai dunia kerja, dan untuk kesiapan kerja akan lebih baik.

Para peserta PKL dapat menghayati dan mengenal lingkungan kerja supaya siap kerja di dunia usaha ataupun dunia industri setelah lulus dari sekolah, pusat pelatihan atau universitas. 

Kegiatan PKL berfungsi untuk mendapatkan pengalaman kerja dan menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa, mahasiswa, dan tenaga kerja baru. 

Progam PKL juga dapat melatih dan menunjang kemampuan yang sudah dipelajari sebelumnya di sekolah, pusat pelatihan atau universitas agar dapat diterapkan pada dunia kerja.

Pelaksanaan PKL atau yang sekarang biasa disebut dengan Prakerin (Pratek Kerja Lapangan) adalah bagian dari Pendidikan Sistem Ganda yang merupakan inovasi pada progam SMK dimana peserta didik melakukan Praktek Kerja atau magang di industri dan di perusahaan yang termasuk bagian intergal dari proses pendidikan dan pelatihan SMK.

Baca Juga :  Jurusan Pemasaran SMK

Progam yang dilakukan di dunia industri dan dunia usaha meliputi beberapa hal yaitu: 

*Pratek keahlian produktif dilakukan di industri dalam bentuk praktek kerja industri (On The Job Training) berbentuk kegiatan mengerjakan pekerjaan produksi atau jasa di industri dan perusahaaan.

*Praktek dasar keahlian yang dilakukan sebagian disekolah dan yang lainnya di lakukan di industri. Praktek dasar industri bisa dilakukan di industri jika industri pasangan mempunyai fasilitas pelatihan yang memadai. Tetapi jika industri pasangan tidak memiliki fasilitas pelatihan maka kegiatan praktek dasar akan dilakukan sepenuhnya disekolahan.

Contents

Pelaksanaan PKL

      Biasanya siswa SMK yang mengikuti progam PKL adalah siswa yang sudah kelas XI/11 SMK. Pelaksanaan PKL biasanya dilakukan sampai 3 bulan atau 6 bulan sesuai dengan persetujuan dan ketentuan dari pihak sekolah atau dati pihak industri dan perusahaaan.

Laporan PKL

Mengenal Apa Itu Rumusan Masalah dan Cara Membuatnya dalam Laporan PKL [Lengkap] | Berita | Gamelab Indonesia

       Setiap siswa yang sudah selesai melakukan kegiatan prakerin wajib membuat Laporan Hasil PKL. Penulisan laporannya dibuat harus mengikuti tata aturan penulisan laporan PKL yang telah dibuat. 

 Isi laporan PKL adalah memberikan laporan kinerja dan hasil pekerjaan selama mengikuti kegiatan PKL

Tata Tertib Prakerin

Contoh Cover Laporan Pkl Smk – Pigura

      Siswa yang sedang melaksanakan PKL harus mengikuti dan mentaati tata tertib baik tata terbit yang dibuat oleh sekolah ataupun tata tertib yang dibuat ditempat PKL, yaitu;

°Menjaga kebersihan, kerapian dan keindahan

°Menjaga etika, ketenganan, sopan santun, ketrentraman dan ketertiban tempat PKL

°Siswa yang tidak hadir karena sedang sakit, harus membuktikan dengan surat keterangan dokter disampaikan ke dunia industri dan ke sekolah

Baca Juga :  PKL SMK Desain Grafika Jakarta

°Mematuhi tata tertib tempat PKL

°Mengisi jurnal kegiatan 

°Siswa yang sakit lebih dari 12 hari kerja tidak dibolehkan lagi untuk melanjutkan PKL

°Dilarang merokok, membawa narkoba, senjata tajam, senjata api dan tidak boleh meminum minuman keras 

°Memakai tanda pengenal PKL

°Harus hadir tepat waktu sesuai dengan jadwal sudah ditetapkan tempat PKL

°Berpakaian sopan, bersih dan rapi supaya tidak menimbulkan masalah.

Tempat PKL

Home | Kombas Digital Internasional

Pemilihan tempat PKL tidak hanya didalam kota saja lhoo, bisa saja menentukan tempat PKL diluar kota sesuai dengan keinginan kalian dan sesuai dengan bidang keahlian kalian.

Seperti kota Purwokerto karena di purwokerto banyak tempat PKL yang asik dan menyenangkan.

Di Purwokerto juga merima siswa yang sekolah di jurusan TJKT, PPLG, MPLB dan yang lain-lain .

*Tujuan Kegiatan PKL

  • Keahlian yang diperoleh oleh siswa dapat mengangkat harga diri dan rasa percaya diri siswa dan dapat mendorong siwa siswa untuk mencapai keahlian profesional pada tingkat yang lebih tinggi.
  • Mengetahui atau mengenali kebutuhan pekerjaan di tempat PKL.
  • Mempersiapkan diri dalam menghadapi lingkungan kerja setelah menyelesaikan sekolahnya.
  • Setelah lulus, siswa mempunyai keahlian profesional sebagai bekal siswa untuk meningkatnya.
  • Memberikan kepuasan bagi sekolah karena siswanya mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan didunia industri dan dunia usaha
  • Membantu siswa agar mempunyai wawasan karier
  • Membantu siswa dalam beradaptasi dilingkungan kerja
  • Membantu siswa agar siswa mampu mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahliannya
  • Membantu siswa dalam memilih bidang karier yang ulet dan gigih dalam berkompetensi.

Related Article…