Teknik Pesawat Udara

Teknik Pesawat Udara merupakan salah satu program studi yang berjenjang Diploma II (D2) yang bisa kalian temui di sekolah-sekolah penerbangan. Siswa prodi ini disebut dengan taruna atau taruni. Pada program studi ini, taruna/i dituntut untuk memahami semua bagian-bagian mesin dan rangka pesawat guna dapat melakukan perawatan, pemeliharaan, menganalisis masalah atau gangguan pada mesin, dan dapat melakukan perbaikan mesin pesawat. Untuk dapat menjadi teknisi pesawat, lulusannya pun sebenarnya harus memperoleh beberapa lisensi sesuai dengan bidang-bidang keahliannya terlebih dahulu. Contohnya nih lisensi A1 itu untuk kecakapan rangka pesawat, lisensi A3 untuk pistone engine, A4 untuk turbine engine, dan lain sebagainya

Contents

Baca Juga :  SMK Jurusan Multimedia Di Bandung

Kenapa sih Kamu Harus Banget Memilih Jurusan Ini?

Okey simak penjelasan berikut ini ya guyssss, kalau kamu berasal dari jurusan IPA atau SMK jurusan mesin, listrik, otomotif, elektronika, dan penerbangan, kamu pasti sangat sangat menyukai program studi ini. Apalagi jika kamu mempunyai ketertarikan sendiri dalam hal mengutak-atik mesin pesawat terbang, dan ingin jadi teknisi pesawat, prodi Teknik Pesawat Udara pastinya cocok banget untukmu!

Beberapa SMK yang menyediakan Jurusan Teknik Pesawat Udara : 

  1. SMK Negeri 12 Bandung
  2. SMK Angkasa 1 Margahayu
  3. SMK Negeri 6 Tangerang 
  4. SMK Bintang Persada Denpasar 

Di SMK tersebut kalian akan mempelajari beberapa hal mengenai Teknik Pesawat Udara seperti berikut ini :

Disana kalian akan mempelajari dan mengulas tentang bagaimana cara merawat atau memelihara dan memperbaiki pesawat terbang dan kalian juga akan dibentuk nih untuk menjadi seorang teknisi atau mekanik pesawat terbang nantinya. Kalian disana juga akan belajar tentang seluk-beluk perawatan pesawat terbang, mulai dari strukturnya, sistemnya, sampa kei bagian-bagian mesinnya. Dan diharapkan siswa-siswi dari jurusan ini mampu menjadi teknisi pesawat terbang yang handal, dan mampu bekerja di maskapai penerbangan dalam negeri maupun luar negeri.

Baca Juga :  Jurusan Perhotelan

Teknik Penerbangan Bukan Sekolah Pilot – Fakultas Teknologi Kedirgantaraan

Beberapa Karakter Siswa yang Harus Sesuai dengan Jurusan ini seperti berikut : 

  • Teliti
  • Tekun
  • Detail
  • Rasional
  • Terstruktur
  • Senang berhitung
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Senang memecahkan masalah

Prospek Kerja Jurusan Teknik Pesawat Udara

yang artinya seorang pilot/penerbang handal tanpa seorang teknisi yang paham mengenai seluk-beluk mesin pesawat yang dioperasikannya. Nah, tenaga ahli di bidang ini pun sebenarnya masih banyak dicari oleh industri-industri penerbangan maupun transportasi lho. 

Oke sekian penjelasan tentang Teknik Pesawat Udara semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Related Article…