SMK Islam Yapim Manado

SMK ISLAM YAPIM Manado mulai didirikan pada tahun 1991 tepat tanggal 15 April 1991 dengan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Depdikbud Provinsi Sulawesi Utara Nomor : 147 / 116.8 / Md.1991 yang ditanda tangani oleh Drs. W. G. Manua. Pada awalnya SMK ISLAM YAPIM Manado mulai beroperasi tahun pelajaran 1991/1992 dan menerima murid baru sebanyak 37 orang dengan 1 Jurusan yaitu Jurusan Perdagangan dan jumlah guru sebanyak 6 orang, semuanya masih berstatus Guru Honorer.

Animo dan minat masuk siswa ke SMK ISLAM YAPIM Manado dari tahun ke tahun makin meningkat sehingga pada tahun 1995/1996 telah berubah status dari “Terdaftar” menjadi “Diakui” sehingga berhak melaksanakan Ujian Sendiri yang sebelumnya masih bergabung dengan SMK Negeri 1 Manado. Kemudian pada tahun 1998/1999 dengan jumlah siswa yang cukup meningkat/signifikan maka dibukalah/ditambah jurusan Akutansi, Keuangan sampai saat ini. Kemudian pada tahun pelajaran 2005/2006 SMK ISLAM YAPIM Manado telah mendapat persetujuan dari Diknas Kota Manado untuk menambah jurusan baru yaitu Teknik Komputer dan Jaringan. Dengan melihat animo siswa yang begitu banyak dari tahun ke tahun maka pada tahun 2006, Departemen Pendidikan Nasional melalui Direktur Pembinaan SMK pusat menetapkan SMK ISLAM YAPIM Manado sebagai salah satu SMK yang Bertaraf Nasional di Kota Manado. Empat tahun selanjutnya dibuka jurusan Akomodasi Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata.

Baca Juga :  SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru

Sehingga seluruh jurusan yang dikelola oleh SMK Islam Yapim saat ini berjumlah lima jurusan yakni dengan perincian Bidang Bisnis dan Manajemen (Akuntansi Keuangan, Perdagangan), Bidang Teknologi Informatika (Teknik Komputer dan Jaringan), Bidang Pariwisata (Akomodasi Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata).

Alamat

SMK Yapim Manado

Jalan Cik Ditiro No.7, Istiqlal, Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara 95121, Indonesia.

Visi Misi

VISI

Menjadikan pusat Pendidikan dan pelatihan kejuruan berstandar nasional dan internasional berwawasan lingkungan, keunggulan dan mampu bersaing di era globalisasi.

MISI

  1. Meningkatkan kualitas pembelajaran terhadap peserta didik yang sesuai dengan imtek dan imtak.
  2. Menyelenggarakan kegiatan diklat yang relevan sesuai dengan kebutuhan dan kehidupan masyarakat.
  3. Mengembangkan jalinan kerjasama dengan mitra local maupun nasional.
  4. Menumbuhkembangkan budaya disiplin.
  5. Meningkatkan tenaga kerja yang berilmu pengetahuan,berakhlak mulia dan sopan santun.
  6. Menciptakan siswa yang mampu berkarya dan berinovatif terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  7. Menciptakan tenaga kerja yang terampil dan mandiri.
Baca Juga :  SMK YPE Nusantara Slawi

Program Keahlian

Akuntansi

akuntansi adalah berkaitan dengan sistem hitung-menghitung, tapi faktanya akuntansi atau accounting adalah sebuah proses yang tidak sederhana.

Teknik Komputer dan Jaringan

Teknik komputer dan jaringan adalah kompetensi keahlian bidang teknologi informasi dan komunikasi yang menekankan keahlian pada penguasaan bidang teknik komputer dan sistem jaringan. Kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan ditoko-toko komputer, perkantoran, internet service provider (ISP), hotel dan perbankan.

Akomodasi Perhotelan

Akomodasi Perhotelan adalah kompetensi keahlian dibawah program studi keahlian pariwisata yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan informasi dan kemampuan tentang akomodasi perhotelan, pengelolaan dan penyelengaraan akomodasi.

Usaha Perjalanan Wisata

Usaha Perjalanan Wisata atau biasa disingkat UP merupakan salah satu cabang ilmu Pariwisata yang mempelajari tentang menerima dan memproses reservasi tiket, mengurus transportasi perjalanan, menjadi pemandu wisata baik perjalanan wisata, menghitung harga paket perjalanan, menjual produk wisata dan melaksanakan tugas tata operasi darat, dan mengelola informasi wisata.

Related Article…