SMK Negeri 8 Makassar

SMK Negeri 8 Makassar Salam Pendidikan! Di hari yang semoga bahagia ini, bagaimana kabar kamu? Kabar keluargamu? Kabar pacarmu? Haha, yang jomblo santai ya jangan nangis dulu! Sekolah dulu aja yang bener, kalo udah lulus, udah kerja, bisa tuh langsung nikah.

Nah, sehubungan dengan sekolah, disini saya akan membawa kamu ke sebuah informasi tentang Pendidikan, nih. Kali ini, topiknya adalah salah satu sekolah menengah kejuruan yang bertempat di kota Angin Mamiri atau Makassar.

Secara administratif, kota Makassar adalah Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan sekaligus sebagai pusat pemerintahan Kota Makassar. Nah, di Kota ini memiliki beberapa sekolah menengah kejuruan yang akan menjadi topik tulisan-tulisan saya.

Di halaman ini kita akan berkonsentrasi dengan  SMK Negeri 8 Makassar dan membedah profilnya secara singkat.

Alamat

SMKN 8 Makassar berlokasi di Jalan Monginsidi  No.17 Makassar, Maricaya Baru, Kecamatan Makasar, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, dengan kode pos 90142.

Visi-Misi

SMK Negeri 8 Makassar

Saya tidak akan menjelaskan terlalu rinci, namun buat kamu yang kurang tau tentang pengertian visi-misi dan fungsinya bagi suatu lembaga atau institut, dengan baik hati saya akan jelaskan secara singkat. Pada intinya, visi menjadi alasan utama dari dibentuknya lembaga tersebut. Dan ini sudah mendasar sehingga tidak mungkin sebuah organisasi didirikan tanpa adanya visi. Sedangkan misi secara umum adalah serangkaian hal yang dilakukan untuk mencapai sebuah visi.

Nah, berikut merupakan visi-misi SMK Negeri 8 Makassar

Visi

“Mencetak lulusan yang  berwawasan profil pelajar Pancasila dan berdaya saing global.”

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran bidang Hospitality, ekonomi kreatif dan manajemen yang berpusat pada peserta didik serta berwawasan profil Pelajar Pancasila 
  2. Menyelenggarakan pendidikan berbasis Teaching Factory dan industri melalui pendekatan teknologi informatika dan komunikasi dan pendekatan jiwa wirausaha
  3. Mewujudkan kemitraan yang bermakna dengan Dunia Kerja 
  4. Mewujudkan manajemen sekolah yang mandiri  dan melakukan pelayanan prima
Baca Juga :  SMK Negeri 1 Jakarta Pusat

Jurusan

Selanjutnya adalah mengenai kompetensi keahlian yang ada di SMKN 8 Makassar. SMK Negeri 8 Makaassar memiliki 5 Kompetensi keahlian dimana semua diantaranya telah mendapatkan akreditasi A, luar biasa ya!

Nah, berikut adalah kompetensi keahlian yang ada di SMKN 8 Makassar,

Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis

Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis bertujuan untuk menyediakan tenaga yang professional di bidang perkantoran.

Pada praktik kerjanya peran mereka adalah memastikan operasional kantor berjalan lancar. Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis pada kegiatan sehari-harinya fokus pada perencanaan kegiatan kantor, penyediaan peralatan kantor, mengatur perubahan antar departemen, mengatur anggaran keuangan sampai dengan membantu tugas manajemen senior untuk menggaji pegawai. Siswa Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis juga dibekali dengan kemampun berkomunikasi sehingga lulusan jurusan ini memiliki kompetensi di bidang hubungan massa, asisten personil maupun sebagai penyelenggara acara (event organizer).

Usaha Layanan Pariwisata

Selanjutnya yaitu kompetensi keahlian Usaha Layanan Pariwisata. Jurusan Usaha ini merupakan program studi yang mempelajari kegiatan yang bersifat komersial yang mengatur, menyediakan, dan menyelenggarakan pelayanan bagi seseorang, sekelompok orang yang melakukan perjalanan dengan tujuan utama yaitu berwisata. Di jurusan ini, kamu akan terbiasa untuk membicarakan dan mendiskusikan berbagai topik seperti bagaimana mengatur segala pelayanan bagi para wisatawan mulai dari membuat itinerary sampai dengan budgeting suatu kegiatan wisata.

Perhotelan

Lalu ada juga kompetensi keahlian Perhotelan.  Jurusan ini mempelajari tentang tata cara menjalankan dan menyediakan layanan di dunia pariwisata. Lulusannya akan menjadi sumber daya manusia di berbagai perusahaan bidang pariwisata dan layanan. Baik itu hotel, restoran, tempat wisata, pemandu wisata, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  SMK Negeri 2 Yogyakarta

Kuliner

Menurut dari apa yang saya temukan, kompetensi keahlian ini tidak berbeda dengan jurusan Tata Boga. Nahn Tata Boga sendiri merupakan  ilmu seni mengelola masakan yang di dalamnya termasuk ruang lingkup makanan. Mulai dari persiapan, pengelolahan, hingga dengan tahapan menghidangkan makanan, baik makanan tradisional dan modern.

Di jurusan tata boga akan melakukan kegiatan yang berkaitan dengan memasak, penyajian masakan, serta pemahaman yang komperhensif tentang kandungan gizi / nutrisi yang ada pada setiap masakan.

Spa dan Kecantikan

Wah, cukup unik dan cewe banget ya, haha. Jurusan ini juga cukup jarang saya temukan dan ternyata SMKN 8 Makassar merupakan sekolah kejuruan yang memiliki program keahlian tersebut, luar biasa!

Kompetensi keahlian ini mempelajari tentang therapist kecantikan, hair stylist, beautician, tata rias, assistant manicure pedicure, dan masih banyak lagi. Intinya tentang kecantikan deh, ya!

Busana

Kompetensi keahlian yang terakhir adalah Busana atau lebih umum disebut sebagai jurusan Tata Busana. urusan Tata Busana adalah Jurusan yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin mengembangkan bakat dan minatnya dalam hal jahit menjahit, sampai dengan membuat produk yang berkualitas. Pada intinya jurusan ini mengakomodir para siswa yang memiliki minat dalam hal fashion dan berusaha di bidang ini.

 

Nah, pembedahan kompetensi keahlian ini mengakhiri topik saya di halaman ini. Sekian profil singkat dari SMK Negeri 8 Makassar yang dapat saya jelaskan, untuk informasi lebih lengkap dapat kunjungi website resmi mereka di https://smkn8makassar.sch.id/

 

 

Penulis: Triana Syifa

Related Article…