SMK Negeri 3 Palembang

SMK Negeri 3 Palembang – Hai teman teman, apa kabar? Semoga kabar kalian sehat ya! Hari ini kita akan bahas data SMK Negeri 3 Palembang yang berisi Visi Misi, Alamat dan Jurusan SMK. Yuk simak pembahasan berikut ini!

Visi Misi SMK Negeri 3 Palembang

Visi

Menjadi lembaga pendidikan dan latihan Bisnis dan Pariwisata berstandar Nasional/Internasional yang Religius, bertoleransi, peduli terhadap lingkungan hidup dan lingkungan sosial masyarakat yang menghasilkan lulusan sebagai tenaga kerja Profesional tingkat menengah yang berdisiplin dan bertanggungjawab berdasarkan IPTEK, IMTAQ dan KARAKTER BANGSA.

Misi

  1. Membiasakan nilai-nilai IMTAQ, budaya dan karakter bangsa dalam seluruh kegiatan sekolah.
  2. Menyiapkan siswa dengan mengoptimalkan potensi, minat dan bakatnya sebagai tenaga kerja tingkat menengah yang terampil, terdidik dan profesional.
  3. Mencetak siswa menjadi tenaga yang kompeten, berjiwa wirausaha (enterprenurship) dan berdaya saing di tingkat nasional/internasional.
  4. Membentuk siswa yang berakhlak mulia serta berjiwa peduli terhadap lingkungan sekitar.
  5. Membudayakan upaya pelestarian lingkungan hidup, pencegahan kerusakan lingkungan dan pencegahan pencemaran.

 Alamat SMK Negeri 3 Palembang

  SMK Negeri 3 Palembang

Jl. Srijaya Negara, RW.6, Bukit Lama, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30128.

Jurusan SMK Negeri 3 Palembang

Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga merupakan salah satu dari 5 paket keahlian yang ada di SMK Negeri 3 Palembang. Pada kompetensi keahlian ini peserta didik mempelajari proses pengidentifikasian transaksi, pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran dan pelaporan. Laporan yang dihasilkan oleh bagian akuntansi adalah laporan laba rugi, laporan perubahan modal/laporan laba ditahan, neraca, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan.Untuk mendukung pekerjaan tersebut di atas, maka peserta didik perlu dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan sebagai berikut:

  1. Mengelola bukti transaksi keuangan.
  2. Mengelola buku jurnal.
  3. Mengelola buku besar.
  4. Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa.
  5. Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan dagang.
  6. Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan manufaktur.
  7. Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan berbasis komputer.
  8. Mengelola akuntansi pajak.
  9. Mengelola akuntansi koperasi.
  10. Mengelola transaksi perbankan.
Baca Juga :  SMK Negeri 2 Meulaboh

Lulusan peserta didik di Paket Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga diharapkan mampu bersaing di era pasar bebas di mana tenaga kerja yang memiliki kompetensi yang baik dapat bekerja di dalam maupun luar negeri.

Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran merupakan salah satu dari 5 paket keahlian yang ada di SMK Negeri 3 Palembang. Pada kompetensi keahlian ini peserta didik mempelajari  mengoperasikan Microsoft Office, membuat, mengagendakan, menyimpan, dan menemukan kembali surat dengan cepat dan benar, masalah kepegawaian, peralatan kantor, cara berkomunikasi dengan baik, pelayanan kepada masyarakat (Humas), pekerjaan sekretaris dan pengelolaan kas kecil.Untuk mendukung pekerjaan tersebut di atas, maka peserta didik perlu dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan sebagai berikut:

  1. Simulasi Digital.
  2. Otomatisasi Perkantoran.
  3. Korespondensi.
  4. Kearsipan.
  5. Administrasi Kepegawaian.
  6. Administrasi Keuangan.
  7. Administrasi Sarana dan Prasarana.
  8. Administrasi Humas dan Keprotokolan.

Kurikulum Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran dikemas sedemikian rupa dan diperkaya dengan materi komputerisasi agar lulusannya memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja saat ini. Mayoritas lulusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran bekerja sambil kuliah.

Baca Juga :  SMK Kesehatan Kaltara Tarakan

Bisnis Daring dan Pemasaran

Bisnis daring dan pemasaran adalah sebuah kompetensi jurusan pada bidang Sekolah Menengah Kejuruan Bisnis dan Manajemen yang mempelajari keilmuan dan praktik tentang bidang pemasaran dan pengembangan bisnis online melalui media Internet.

Perhotelan

Kompetensi keahlian Perhotelan merupakan salah satu dari 5 paket keahlian yang ada di SMK Negeri 3 Palembang, yang berdiri pada tahun 2010 dengan jumlah siswa 40 orang (satu rombel) seiring dengan pesatnya perkembangan dunia perhotelan sampai saat ini Perhotelan SMKN 3 Memiliki Jumlah Siswa 216 Orang dengan 7 rombel, pada kompetensi keahlian ini peserta didik mempelajari bagaimana caranya menerima dan memproses tamu yang akan menginap di hotel, dan melayani tamu tersebut sesuai dengan standard Hotel berbintang.Untuk mendukung pekerjaan tersebut di atas, maka peserta didik perlu dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan sebagai berikut:

  1. Mempelajari front office (kantor depan).
  2. House keeping (tata graha).
  3. Binatu (laundry).
  4. Pengetahuan pariwisata.
  5. Public relation.

Lulusan peserta didik di paket keahlian Perhotelan diharapkan mampu bersaing di era pasar bebas di mana tenaga kerja yang memiliki kompetensi yang baik dapat bekerja di dalam maupun luar negeri.

Usaha Perjalanan Wisata

Usaha Perjalanan Wisata adalah kompetensi keahlian dibawah program studi keahlian pariwisata yang menekankan keahlian pada bidang pengelolaan perjalanan wisata, pemandu wisata, maupun layanan kehumasan. Kompetensi keahlian Usaha Perjalanan Wisata menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang yang berhubungan dengan lingkup tiketing, tour planning, tour guiding dan tour leader serta MICE.

Sekian pembahasan SMK Negeri 3 Palembang untuk hari ini, sampai jumpa di pembahasan SMK berikutnya. Terima kasih!

 

Related Article…