SMK Negeri 2 Semarang

SMK Negeri 2 Semarang – untuk kamu yang sedang bingung mencari sekolah lanjutan, sekolah yang satu ini bisa kamu jadikan pilihan. Sekolah ini bernama SMK Negeri 2 Semarang. Kira – kira seperti apa kegiatan yang ada di sekolah ini? Simak pembahasan berikut. 

VIsi misi

Dalam menjalankan kegiatannya, sekolah ini memiliki visi yaitu terwujudnya Sekolah Menengah Kejuruan yang Berbudaya Lingkungan, Profesional, Berkarakter, Berkualitas, dan Adaptif di Era Global. Agar visi tersebut dapat tercapai, sekolah ini memiliki misi yaitu :  

  1. Membekali peserta didik dengan pengembangan kepribadian secara utuh untuk meningkatkan keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia.
  2. Membekali peserta didik dengan pengetahuan, ketrampilan, sikap, karakter, dan wawasan kebangsaan  agar bermartabat.
  3. Memberi motivasi dan tantangan peserta didik dalam meningkatkan prestasi secara berkelanjutan untuk mencapai keunggulan.
  4. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan kebutuhan kompetensi di masa depan.
  5. Mendukung tumbuh kembangnya pribadi peserta didik agar berjiwa wirausaha, memiliki kecakapan hidup dalam memasuki dunia kerja dan adaptif sesuai tuntutan zaman.
  6. Membangun institusi yang tangguh dan kondusif,cinta dan peduli lingkungan dengan menerapkan 5R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace, dan Replant).

Selain itu, sekolah ini memiliki tujuan yaitu :  

  1. Menghasilkan lulusan yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia, mampu memelihara toleransi dan kerukunan umat beragama.
  2. Menghasilkan lulusan yang berkarakter dan memiliki wawasan kebangsaan, memperkuat keutuhan bangsa dalam wilayah NKRI serta mampu melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai warga negara.
  3. Menghasilkan lulusan yang mandiri dan mampu bersaing serta mempunyai kemampuan untuk hidup berdampingan dengan bangsa lain.
  4. Menghasilkan tenaga kerja tingkat menengah yang kompeten dan profesional, beretos kerja, pantang menyerah, berfikir, kritis, kreatif, inovatif, mampu berkolaboratif, berjiwa wirausaha dan mempunyai kecakapan hidup untuk memenuhi tuntutan dunia kerja dan adaptif terhadap kebutuhan kompetensi di masa depan.
  5. Terciptanya lingkungan sekolah yang kondusif, cinta dan peduli lingkungan
Baca Juga :  SMK Wikrama Bogor

Alamat

SMK Negeri 2 Semarang

Sekolah ini sendiri memiliki alamat di Jalan Dokter Cipto No.121A, Karangturi, Kec. Semarang Tim., Kota Semarang, Jawa Tengah.

Sekolah ini sendiri masih termasuk di pusat kota semarang. Sehingga lebih mudah untuk diakses.

Selain itu sekolah ini juga bisa diakses dengan kendaraan pribadi dan kendaraan umum.

Jurusan

Di sekolah ini ada beberapa jurusan yang tersedia, antara lain : 

Rekayasa perangkat lunak

Jurusan yang pertama adalah jurusan rekayasa perangkat lunak. Di jurusan ini siswa akan berfokus pada pembekalan tentang pengembangan perangkat lunak yang ada di sistem komputer. Nantinya siswa di jurusan ini akan belajar banyak bahasa pemrograman untuk mendukung kegiatan dan pembelajaran mereka. Sehingga setelah lulus nantinya siswa dapat bekerja sebagai seorang software developer yang mumpuni.  

Otomatisasi tata kelola perkantoran

Ada juga jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran. Di jurusan ini siswa akan berfokus untuk mendapatkan ilmu tentang bagaimana pengelolaan administrasi seperti database, menjadi seorang customer service yang baik dan banyak lainnya. Nantinya siswa akan mendapatkan ilmu bagaimana melakukan komunikasi yang baik dengan customer sehingga bisa menjadi admin online yang baik. 

Baca Juga :  Profil PT. Kombas Digital Internasional

Akuntansi dan keuangan lembaga

Ada juga jurusan akuntansi dan keuangan lembaga. Di jurusan ini siswa akan mendapatkan ilmu bagaimana mengelola administrasi terutama yang berhubungan dengan keuangan. Nantinya siswa akan mendapatkan keilmuan seperti akuntansi, penggunaan komputer untuk tujuan akuntansi dan lainnya. Sehingga nantinya siswa dapat bekerja di bidang akuntansi atau yang mengurusi keuangan dengan baik. 

Usaha Perjalanan wisata

Ada juga jurusan usaha perjalanan wisata. Di jurusan ini siswa akan berfokus bagaimana melakukan perencanaan yang baik untuk tujuan kegiatan wisata. Nantinya siswa juga akan mempelajari tentang bagaimana komunikasi dengan wisatawan baik lokal maupun asing. Siswa nantinya akan belajar berbagai bahasa asing agar memudahkan mereka ketika sudah bekerja nantinya. Setelah lulus siswa dapat bekerja di biro perjalanan, agen wisata, atau menjadi tour guide di berbagai tempat wisata. 

Bisnis daring dan pemasaran

Jurusan terakhir yang tersedia di SMK ini adalah bisnis daring dan pemasaran. Di jurusan ini siswa akan belajar bagaimana melakukan pemasaran produk baik secara langsung maupun secara online. Nantinya siswa akan belajar tentang alur yang ada ketika melakukan pemasaran barang. Nantinya siswa juga bisa belajar tentang cara memanfaatkan berbagai media di internet untuk keperluan pemasaran. 

Sekian dulu pembahasan tentang SMK Negeri 2 Semarang. Untuk info lainnya tentang SMK kunjungi di sini. Semoga bermanfaat. 

Related Article…