SMK Negeri 2 Palembang

SMK Negeri 2 Palembang – Untuk anda yang jurusan berhubungan dengan bidang teknik, maka anda harus memilih sekolah yang satu ini. Sekolah ini adalah sekolah menengah kejuruan negeri 2 Palembang. Program keahlian apa saja yang tersedia di sekolah ini? Simak pembahasan berikut.  

Jurusan yang ada

Di SMK 2 Palembang tersedia sembilan jurusan atau program keahlian yang masih dalam cakupan bidang teknik. Program keahlian ini yaitu : 

Teknik Elektronika industri (TELIND)

Jurusan yang pertama adalah Teknik elektronika industri. Di jurusan ini siswa akan belajar tentang kemampuan dan keterampilan terutama pada bidang kontrol sistem dan maintenance peralatan industri. Siswa akan belajar terkait pengetahuan dan keterampilan elektronika umum, mikrokontroler dan mikroprosesor, pneumatik dan PLC, programming basis komputer terutama berkaitan dengan produksi di industri. 

Desain Pemodelan dan interior Bangunan

Ada juga jurusan desain pemodelan dan interior bangunan. Di jurusan ini siswa akan mempelajari tentang perencanaan bangunan, pelaksanaan pembuatan gedung, dan perbaikan gedung. Kegiatan siswa akan berfokus pada menggambar desain rumah, gedung, dan apartemen, menghitung biaya bangunan, melaksanakan pembangunan, serta pemeliharaan konstruksi bangunan. 

Teknik Geomatika

Di SMK ini ada juga jurusan tentang teknik geomatika. Jurusan ini berfokus mendalami metode pengukuran dan pengumpulan informasi terutama yang berhubungan dengan bumi, lingkungan, dan pengolahan informasi. Siswa jurusan ini berpeluang terjun dalam dunia kerja seperti menjadi konsultan survey, dan kontraktor sipil. 

Baca Juga :  SMK Negeri 4 Lahat

Teknik Mekatronika

Di Sekolah menengah kejuruan ini tersedia juga jurusan mekatronika. Jurusan ini termasuk jurusan baru dan merupakan gabungan dari teknik elektronika, elektronika industri, dan teknik pemesinan. Siswa yang akan masuk di program keahlian ini akan belajar tentang dasar elektronika, dasar sistem kontrol, pneumatik dan hidrolik, dasar teknik mesin, serta dasar pemesinan. 

Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM)

Ada juga jurusan teknik dan bisnis sepeda motor. Di jurusan ini siswa akan belajar tentang pelayanan jasa mekanik kendaraan sepeda motor roda dua. Siswa jurusan ini akan memiliki peluang bekerja di badan, instansi, atau perusahaan maupun mengembangkan wirausaha. 

Teknik Instalasi tenaga listrik (TITL)

Tersedia juga jurusan bernama jurusan teknik instalasi tenaga listrik. Jurusan ini berfokus pada perencanaan dan pemasangan instalasi penerangan, tenaga pemasangan dan pengoperasian motor listrik dengan menggunakan kendali elektromekanik, elektronik, dan PLC

Teknik Komputer Jaringan (TKJ)

Di SMK ini tersedia juga jurusan teknik komputer jaringan. Di jurusan ini siswa akan berfokus pada pembelajaran tentang dunia komputer dan jaringannya. Beberapa yang akan dipelajari seperti Operating system, penanganan masalah komputer dan perbaikan dan banyak lainnya.  

Teknik kendaraan ringan (TKR)

Di bidang otomotif ada juga program keahlian bernama teknik kendaraan ringan. Program keahlian ini merupakan kompetensi keahlian bidang teknik otomotif yang berfokus pada keahlian jasa perbaikan pada kendaraan ringan mobil dan juga sepeda motor. 

Teknik pemesinan (TPM)

Jurusan yang berhubungan dengan masalah mesin lainnya adalah di teknik pemesinan. Teknik pemesinan merupakan jurusan yang belajar tentang masalah energi dan sumber energinya. Beberapa yang akan siswa pelajari seperti turbin uap, motor bakar, mesin perkakas, pompa dan kompresor, pendingin dan pemanas serta alat kimia tertentu. 

Baca Juga :  SMK Al Hidayah Kudus

Alamat

SMK Negeri 2 Palembang

Sekolah ini beralamat di Jalan Demang Lebar Daun Palembang, Ilir TImur I, kota palembang, Sumatera selatan. Tempat ini dapat diakses dengan mudah menggunakan kendaraan darat karena masih berada di jalan utama. Sekolah ini juga bisa kita temukan tak jauh dari kantor polda sumatera selatan. 

Visi Misi sekolah

Sekolah menengah kejuruan ini memiliki visi menjadi pusat pendidikan dan pelatihan teknologi tingkat menengah kejuruan yang berwawasan lingkungan (clean, green, healthful) berbudaya, berkarakter bangsa, berjiwa enterpreneur dan mampu bersaing di era global.

Untuk mencapai visi sekolah tersebut, sekolah menengah kejuruan ini memiliki misi yaitu : 

  1. Mengembangkan sistem pendidikan menengah kejuruan sebagai pusat kejuruan terpadu (PPKT). 
  2. Mewujudkan tempat produksi/barang/jasa dan sumber daya yang berkualitas untuk melaksanakan entrepreneurship dengan memanfaatkan potensi yang ada. 
  3. Mewujudkan pusat informasi dan publikasi model pembelajaran berbasis technology information. 
  4. Mampu mewujudkan sumber daya manusia yang berkarakter bangsa dan mencetak entrepreneur, berperan aktif memelihara alam dan lingkungan. 
  5. Meningkatkan kerjasama pendidikan sistem ganda dengan dunia usaha/dunia industri berskala nasional, regional, dan internasional.
  6. Mewujudkan lulusan agar mampu berkomunikasi global, peduli kelestarian alam dan lingkungan hidup yang clean, green dan healthful/bersih, hijau dan sehat serta mampu bersaing di tingkat nasional, regional, dan internasional.  

untuk info tentang SMK lainnya silahkan kunjungi https://pklsmk.com.

Related Article…